Batu Ferringhi, Pantai Pasir Putih Menawan di Penang

Salah satu sudut Georgetown (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Penang atau Pulau Pinang merupakan salah satu kawasan di Malaysia yang menjadi tujuan utama wisatawan asing yang berkunjung ke Negeri Jiran. Kondisi geografis Penang yang dikelilingi perbukitan hijau dan juga kota lama membuat daerah ini memiliki keadaan alam yang sangat menarik untuk dijelajahi para wisatawan. 

Perairan Penang dari Penang Bridge (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Wisata ini tidak boleh dilewatkan ya Teman Traveler karena letaknya berada di kawasan pesisir dan terhubung langsung ke Selat Melaka, Penang juga menawarkan wisata pantai yang tidak kalah bagusnya dengan daerah-daerah wisata lainnya lho.

1. Salah Satu Pantai Terbaik di Penang

Batu Ferringhi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Salah satu pantai yang paling indah dan ramai dikunjungi di Penang adalah pantai Batu Ferringhi. Terletak sekitar 15 km dari pusat Kota Georgetown (kota di Pulau Pinang), Pantai Batu Ferringhi, merupakan objek wisata pantai yang terdiri dari pasir putih yang begitu menawan. Karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota, pantai yang satu ini sangat cocok untuk Teman Traveler yang ingin pergi menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk kota. Lingkungan pantai yang sangat bersih dan keadaan alam sekitar yang masih asri membuat anda tidak akan ragu menghabiskan waktu seharian di pantai ini.

Santai di tepi Pantai Batu Ferringhi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Selayaknya kawasan yang ada di pesisir, di Penang juga terdapat banyak objek wisata pantai lainnya selain Batu Ferringhi ini. Namun bisa dikatakan bahwa Batu Ferringhi merupakan salah satu yang terbaik dan juga terkenal dari sekian pantai lainnya yang ada di pulau ini. Pantai yang terletak di utara Pulau Pinang ini memang dikenal memiliki panorama pantai berpasir putih dan alam sekitar yang epik. Bagi Teman Traveler yang ingin mencari ketenangan saat liburan, tempat ini tentu saja jadi tujuan yang terbaik.

Selain kondisi alamnya, fasilitas sekitar kawasan Pantai Batu Ferringhi sudah sangat memadai dan memudahkan wisatawan yang berkunjung. Di bibir pantai, terdapat beberapa restaurant ataupun beach club yang menyediakan makanan dan minuman, sedangkan jika Teman Traveler berjalan sedikit keluar area pantai maka Teman Traveler akan menemukan banyak gerai restoran siap saji dan juga convenient store.

2. Mencoba Kegiatan Water Sport

Tepi Pantai Batu Ferringhi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Tidak puas hanya duduk menikmati keindahan pantai saja? Maka selanjutnya Teman Traveler dapat mencoba berbagai wahana olahraga air atau water sport yang banyak disediakan di pantai Batu Ferringhi ini. Di sekitar area pantai terdapat berbagai macam fasilitas water sport yang layak untuk dicoba seperti jet ski, parasailing, dan juga banana boat. Jika Teman Traveler sedikit bingung menemukan penyedia jasa water sport disini, cukup tanyakan kepada anak pantai atau beach boy disekitar pantai yang siap membantu Teman Traveler.

3. Jangan Lewatkan Sunset di Batu Ferringhi

Suasana Menjelang Sunset di Batu Ferringhi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Batu Ferringhi adalah salah satu kawasan di Pulau Pinang yang menjadi tempat para pemburu sunset. Seperti halnya tempat wisata lainnya, sunset memang merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Diiringi deru ombak dan suara angin yang berhembus, pengalaman menikmati sunset di Pantai Batu Ferringhi merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan jika mengunjungi Penang.

4. Habiskan Malam di Batu Ferringhi Walking Street

Salah Satu Sudut Walking Street di Batu Ferringhi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kehidupan malam di Batu Feringghi berpusat pada night market atau pasar
malam yang berdiri di sepanjang jalan Batu Ferringhi. Mulai buka dari senja hingga larut malam, bahkan sampai lewat tengah malam, pasar malam ini adalah pasar kaki lima yang berisi berbagai warung yang dioperasikan oleh pedagang lokal. Mereka menjual berbagai macam barang mulai dari pernak pernik khas Penang, pakaian pantai, barang-barang tiruan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain pasar malam, disekitar kawasan ini juga terdapat beberapa pub ataupun restaurant yang
menyediakan live musik.

5. Cara Menuju Pantai Batu Ferringhi

Bus Rapid Penang (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Di kawasan Batu Ferringhi terdapat cukup banyak penginapan dengan berbagai jenis, mulai dari hostel hingga resort kenamaan yang elit. Bagi Teman Traveler yang menyukai suasana pesisir pantai maka anda dapat memilih untuk menginap disekitar kawasan ini. Namun, bagi Teman Traveler yang memilih untuk tinggal di wilayah yang lebih ramai seperti di
Georgetown, Teman Traveler masih dapat mengakses Pantai Batu Ferringhi dengan mudah dan murah. Walaupun lokasinya cukup jauh, bus kota rapid penang dapat menjadi salah satu pilihan Teman Traveler, karena bus kota ini melayani perjalanan dari pukul 6 pagi hingga pukul 12 malam setiap harinya. Dengan tarif sekitar RM 2.5 Teman Traveler sudah bisa sampai di kawasan pantai Batu Ferringhi. Bus rapid penang yang menuju ke Batu Ferringhi dari Georgetown adalah bus bernomor 101 dan 102. Selain bus umum, angkutan online seperti Grab dan juga Taxi konvensional juga bisa menjadi pilihan Teman Traveler.

Tags
batuferringhi pasirputih Penang Wisata
Share