Wisata Batu Angus, Bukti Dahsyat Kekuatan Gamalama

Liburan ke Ternate, banyak pemandangan eksotis siap memanjakan Teman Traveler. Tak hanya keindahan bawah laut, kalian juga bisa menjelajah cantiknya pesona menakjubkan di kaki Gunung Gamalama. Bertajuk Batu Angus, destinasi ini merupakan bukti nyata dahsyatnya ‘muntahan’ Gamalama. Yuk, simak ulasannya.

Dekat Pusat Kota Ternate

Yuk, sama-sama jaga kawasan ini (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yang sedang merencanakan liburan ke Ternate? Wilayah di sisi timur Indonesia ini memang menyimpan segudang pesona alam memikat. Jika ditelusuri, daerah di kaki Gunung Gamalama ini memang punya banyak potensi alam menakjubkan. Salah satunya tawarkan panorama bebatuan hitam legam layaknya hangus.

Mengusung nama Batu Angus, kawasan ini terbentuk dari bebatuan hasil muntahan Gunung Gamalama di masa lampau. Lokasinya sendiri tak jauh dari Ternate, berada tepat di wilayah Kelurahan Kulaba. Jika berangkat dari pusat kota, Teman Traveler perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 10 km.

Bukti Dahsyat Letusan Gamalama

Gunung Gamalama nampak dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk

Gamalama merupakan salah satu dari deretan gunung yang masih berstatus aktif di Indonesia. Hingga 2018 silam, gunung ini masih menunjukkan aktivitas vulkanik. Namun tahukah Teman Traveler bahwa Gamalama pernah meletus hebat pada 1673 silam? Kejadian ini menciptakan bencana luar, menewaskan banyak orang, dan menyebabkan perubahan kontur wilayah Ternate.

Bukti betapa dahsyatnya letusan Gamalama bisa Teman Traveler saksikan dengan mampir ke Batu Angus. Di sini kalian bakal melihat bekas ‘muntahan’ gunung yang mengering dan membentuk bebatuan besar, tersebar hingga kawasan pesisir. Semuanya tampak tidak beraturan, bertekstur kasar, dan memiliki tingkat kepadatan tinggi.  

Salah Satu Wisata Andalan Ternate

Batu Angus tersebar hingga pesisir (c) Rosita/Travelingyuk

Bekas material letusan Gamalama tersebut semuanya telah mengering dan berwarna hitam legam. Hal ini menjadi daya tarik unik yang membuat Batu Angus hampir tak pernah sepi dari wisatawan, bahkan jadi destinasi wajib ketika mampir ke Ternate.

Di sini Teman Traveler bisa menyaksikan indah dan megahnya Gamalama dari dekat. Kalian bakal lihat sendiri lahar mengering dan pemandangan indah lautan lepas di sekitarnya. Pesona alam yang disuguhkan sungguh terasa eksotis, lain daripada yang lain.

Bekas aliran lahar (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Batu Angus, salah satu destinasi wisata Ternate yang jadi bukti nyata dahsyatnya ‘muntahan’ Gamalama di masa lampau. Yuk segera wujudkan rencana menjelajah wisata Ternate dan jangan lupa mampir ke sini. Selamat jalan-jalan!

Tags
kontributor Ternate Travelingyuk wisata ternate
Share