Benda-benda yang Mengandung Banyak Bakteri di Pesawat, Ini Daftarnya!

Traveling adalah salah satu hobi yang kini makin banyak dinikmati banyak orang dari berbagai kalangan. Salah satu sarana yang dipilih oleh banyak traveler adalah pesawat. Selain nyaman, jarak tempuh pesawat juga sangat cepat. Namun, meski ternyata harganya cenderung lebih mahal daripada transportasi lainnya, bukan berarti pesawat sangat bersih, lho. Ini dia daftar hal-hal yang ternyata banyak mengandung bakteri di pesawat. Simak ya.

1. Selimut

Selimut di pesawat
Selimut di pesawat via VIX

Pesawat memang armada yang tepat jika ingin liburan ke luar kota, bahkan luar negeri. Apalagi kalau bukan karena daya tempuhnya yang cepat. Selain itu, kursi dan kabin yang nyaman juga menjadi pertimbangan selanjutnya. Untuk penerbangan yang lama, pasti dibutuhkan selimut agar tak kedinginan terkena AC pesawat. Namun, sebaiknya pikir lagi sebelum meminta. Menurut penelitian yang dilakukan Ahli Mikrobiologi dari Universitas Auburn di Alabama, benda ini mengandung banyak bakteri.

2. Bantal

Bantal di pesawat
Bantal di pesawat via Lifehacker Australia

Meski penerbanganmu membutuhkan waktu yang panjang, tahanlah agar tidak meminta bantal. Dilansir dari www.usatoday.com, ternyata bantal jarang dicuci, termasuk diganti sarungnya. Meski kamu menerimanya dalam keadaan masih tertutup plastik, hal tersebut tidak menjamin bantal itu baru dicuci. Hal yang sama juga terjadi pada selimut untuk pesawat. Ada baiknya membawa bantal leher sendiri. Dan pastikan mencucinya setelah membawanya bepergian, ya.

3. Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman di pesawat
Sabuk pengaman di pesawat via Twitter

Dalam sehari, ada banyak penumpang yang menggunakan pesawat. Wisatawan dari seluruh penjuru dunia duduk dan tinggal dalam pesawat. Tak jelas apakah mereka sehat atau membawa virus dari negara yang sebelumnya dikunjungi. Semua penumpang mau tak mau harus memasang sabuk pengaman saat boarding dan kemudian melepasnya. Bayangkan ada berapa orang yang telah menyentuhnya. Untuk menghindari hal-hal buruk, pastikan selalu membawa cairan pembersih tangan yang berbasis alkohol di tasmu.

4. Meja Lipat

Meja lipat di pesawat
Meja lipat di pesawat via Amazon.com

Di setiap tempat duduk pesawat, disediakan meja lipat kecil untuk makan. Beberapa penumpang juga menggunakan meja ini untuk membaca dan bekerja. Sisanya ternyata mengubah fungsi dari meja ini menjadi alas saat mengganti popok bayinya. Jadi, pikir ulang saat menggunakan meja ini untuk makan, ya. Jika terpaksa, pastikan untuk menyekanya terlebih dahulu dengan tisu basah yang mengandung desinfektan.

5. Kamar Mandi

Toilet di pesawat
Toilet di pesawat via AOL.com

Jelas, kamar mandi adalah tempat yang cenderung menyimpan banyak bakteri. Usahakan agar tidak perlu menggunakan toilet saat berada di ketinggian. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa ke kamar mandi sebelum jam boarding. Jika merasa harus ke kamar mandi, pastikan untuk menyentuh kenop pintu kamar mandi dengan alas kertas atau tisu. Lakukan hal yang sama saat membuka tutup toilet. Benar-benar jauhkan tanganmu dari hal-hal tersebut.

Maskapai memang memiliki aturan tersendiri untuk kebersihan. Namun, kita tak pernah tahu penumpang macam apa saja yang telah duduk di kursimu. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan.

Tags
Akomodasi bakteri dalam pesawat Indonesia
Share