Hidangan Daging Domba Nikmat di Garut, Enaknya Bikin Terkejut

Advertisement

Jalan-jalan ke Garut tak sempurna kalau belum mencoba olahan daging domba. Seperti yang diketahui, Domba Garut dinilai sebagai salah satu khas dari daerah ini. Tahun 2016 lalu, Presiden Jokowi bahkan mengadakan Kontes Domba Garut dan Kambing yang diikuti oleh ratusan peserta. Nah, waktunya mencicipi nikmatnya daging ini. Di mana, ya?

Kuliner Olahan Domba Khas Garut

Suasana di Bantjakan H Mansyur
Suasana di Bantjakan H Mansyur [image source repost]
 Ada salah satu tempat makan yang menyediakan berbagai olahan daging domba. Rumah Makan Bantjakan H. Mansyur terletak di daerah Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Kamu duduk manis di kursi menunggu pesananmu datang atau memilih tempat lesehan agar bisa menyantap makananmu lebih nikmat. Tempat ini juga sering digunakan untuk nobar (nonton bareng) jika sedang pertandingkan bola yang ditayangkan. Nah, bisa jadi tempat ngumpul juga, deh.

Ada lesehan di Bantjakan H Mansyur
Ada lesehan di Bantjakan H Mansyur [image source]

Rahasia Daging Empuknya

Olahan Domba dengan daging yang empuk
Olahan Domba dengan daging yang empuk [image source]
Yang menjadi alasan kamu wajib mencoba masakan-masakan di Bantjakan H. Mansyur adalah dagingnya yang empuk dan juicy. Domba Garut sendiri diberi makan dari rumput pililhan, lho dan minum susu. .Jadi sudah bisa dipastikan kenapa daging-dagingnya enak. Terlebih, serat daging sudah dipisah terlebih dahulu sebelum diolah, misalnya jadi sate seperti pada gambar. Jadi tak perlu khawatir akan tersangkut di gigi atau susah dikunyah. Jangan lupa memesan minum es jeruk nipis untuk menetralkan kolesterol yang masuk, ya.

Domba Bakar H Mansyur
Domba Bakar H Mansyur [image source]

Disajikan dengan Model Kekinian

Domba panggang dengan kentang
Domba panggang dengan kentang [image source]
Meski tempat makannya terlihat sederhana, hidangan yang disajikan di sini luar biasa. Daging enak saja tak cukup, semua pesananmu akan datang dengan tampilan yang cantik sehingga semakin meningkatkan seleramu dan ingin segera menyantapnya. Ada beberapa pilhan olahan daging yang bisa kamu pilih. Di antaranya adalah domba panggang, bakar, dan juga yang disiram dengan saus barbeque kencur. Mau disajikan dengan nasi atau kentang, bebas. Yakin tak ingin mencoba?

Domba Panggang H Mansyur
Domba Panggang H Mansyur [image source]

Wisata Sekitar yang Bisa Dikunjungi

Candi Cangkuang, Garut
Candi Cangkuang, Garut [image source]
Garut terkenal dengan wisata alamnya. Di satu kota ini aja, ada lebih dari 10 curug atau air terjun yang kamu bisa saksikan sendiri keindahannya satu persatu. Selain itu, kunjungi juga Candi Cankuang yang berlokasi di dekat danau, semakin menambah indah panorama sekitarnya. Daerang Cangkuang hanya berjarak 30 menitan berkendara dari Bantjakan H. Mansyur. Wisata lain yang bisa dikunjungi, apalagi saat liburan bareng keluarga adalah Darajat Pass. Sambil berenang, kamu bisa menikmati keindahan sekeliling yang asri dan juga indah. Sejuk banget!

Darajat Pass, Garut
Darajat Pass, Garut [image source]

Oleh-oleh yang Bisa Dibawa Pulang dari Garut

Kerupuk kulit atau dorokdok
Kerupuk kulit atau dorokdok [image source]
Jangan pulang sebelum memborong oleh-oleh dari Garut. Selain dodol yang menjadi buah tangan khas daerah ini, kamu juga bisa membawa pulang dorokdok yaitu kerupuk kulit. Kini bahkan sudah banyak dorokdok yang memiliki rasa-rasa, dari pedas hingga yang beraroma daun jeruk. Selain itu, kamu bisa membeli Nasi Liwet Instan untuk dimasak kapan saja. Kalau sedang rindu Garut, bisa langsung disantap, nih. Jangan lupa juga mencicipi Soto Ahri, salah satu kuliner legendaris yang ada di Garut.

Nasi Liwet Instan
Nasi Liwet Instan [image source]
Bantjakan H. Mansyur

Lokasi: Jl. Cimanuk No.301, Pataruman, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

Nah, siapkan diri saat akan traveling ke Garut. Lidah dan perutmu akan dimanjakan makanan enak. Dan matamu dihibur pemandangan alam yang indah. Bagaimana, masih ragu?

Advertisement
Tags
Domba Garut Indonesia Jawa Barat Kambing kuliner
Share