Nggak Melulu Candi, Ini Lima Bangunan Modern di Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara dikenal dengan berbagai macam candi, peninggalan sejarah, dan kawasan-kawasan kuno. Tak hanya itu, Asia Tenggara juga memiliki berbagai macam bangunan unik yang modern. Beberapa di antaranya memiliki bentuk bangunan modern yang unik dan tak biasa. Seperti yang dapat dilihat dalam bangunan modern di Asia Tenggara ini.

Green Shcool, Bali, Indonesia

Bangunan ramah lingkungan yang terbuat dari bambu via instagram/heathersblair

Sesuai dengan namanya, Green School, tak heran jika bangunan ini dikelilingi oleh kawasan alam yang masih asri. Mengusung konsep eco-friendly, sekolah ramah lingkungan di Bali ini dibangun menggunakan sumber daya alam. Seperti bambu dan rumput lokal dan memiliki beberapa dinding yang terbuat dari tanah liat. Energi yang dugunakan berasal dari sistem tenaga mikro-hidro dan panel surya.

Artscience Museum, Singapore

Bangunan Artscience yang futuristik via instagram/jkyummy

Singapore ArtScience Museum merupakan bangunan dengan arsitektur kontemporer yang berada di kawasan Marina Bay Sands, Singapura. Didesain oleh arsitek Moshe Safdie, museum ini sering disebut sebagai “The Welcoming Hand of Singapore”. Karena bentuk bangunannya memiliki bentukan 10 jari. Masing-masing berfungsi untuk menangkap cahaya alami yang digunakan untuk menerangi museum.

Henderson Waves, Singapura

Henderson Waves juga sering menjadi spot foto bagi wisatawan via instagram/powder_ice

Jembatan ini terbuat dari kombinasi baja dan kayu balau. Kayu asli dari pohon balau yang hidup di Asia Tenggara. Henderson Waves yang memiliki bentuk unik ini merupakan jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Bentuknya menyerupai gelombang dengan panjang mencapai 274 meter. Jembatan tersebut merupakan tempat yang populer untuk jogging. Di pada malam hari Henderson Waves diterangi oleh berbagai lampu LED.

Suvarnabhumi Airport, Thailand

Bagian dalam Bandara Suvarnabhumi via instagram/sarlitodr

Suvarnabhumi Airport juga termasuk bangunan modern di Asia Tenggara. Dibangun oleh arsitek berdarah Jerman-Amerika, Helmut Jahn, bandara ini memiliki konsep arsitektur yang unik. Suvarnabhumi memiliki menara kontrol bandara tertinggi di dunia serta terminal besar yang dibangun dari baja dan kaca. Hal tersebut disesuaikan dengan karakter iklim tropis di Thailand.

CT Hub, Singapura

Bangunan CT Hub yang menyala di malam hari via instagram/khai.leidoscope

Bangunan modern di Asia Tenggara lainnya bisa dikunjungi di Singapura. CT Hub Singapura merupaka sebuah bangunan dengan konsep modern yang megah di bagian luarnya. Sedangkan pada bagian interiornya gedung ini mengusung konsep industrial. Tak hanya memiliki bentuk bangunan yang unik, CT Hub memiliki berbaga jenis kafe dan restoran. Selain itu, teman traveler dapat menemukan taman terbuka.

Asia Tenggara memang memiliki banyak peninggalan sejarah dan candi-candi kuno. Namun bukan berarti Asia Tenggara tidak memiliki bangunan dengan konsep modern yang unik. Beberapa tempat yang telah disebutkan di atas adalah contohnya. Mana yang paling unik menurut teman traveler?

Tags
Bangunan Modern Indonesia Luar negeri mancanegara Singapore Thailand Wisata
Share