5 Bangunan Bandung Bergaya Unik, Lihatnya Bikin Berdecak Kagum

Advertisement

Traveling tak melulu harus ke tempat wisata. Mengambil foto-foto unik dari lokasi tak terduga juga bisa sangat mengasyikkan. Beruntung bagi mereka yang tinggal di Kota Kembang, ada cukup banyak bangunan Bandung bergaya unik.

Paris van Java memang patut diacungi jempol soal tata kota. Tak hanya memikirkan kemajuan pembangunan, pemerintah setempat juga mengupayakan agar setiap gedung baru bisa menambah nilai estetika lingkungan sekitarnya. Berikut Travelingyuk sajikan daftar lima bangunan Bandung bergaya unik, yang bisa dijadikan objek foto menarik.

1. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad
Masjid Al Irsyad via Instagram yoanatomy

Tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Al Irsyad berdiri tanpa kubah. Dari luar bentuknya hanya seperti kubus biasa, yang menonjol justru garis-garis hitam di bagian dinding.

Masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil, pria yang kini menjadi walikota Bandung. Ia konon sengaja menciptakan masjid dengan desain modern, memanfaatkan sinar matahari. Ketika diterpa sinar senja, bagian bangunan yang tak berdinding akan membentuk lafaz Arab.

2. Bandung Techno Park

Bandung Techno Park
Bandung Techno Park via Instagram erpinalghifari

Bandung Techno Park merupakan salah satu bangunan ikon Bandung. Fasilitas yang terletak di kawasan Dayeuhkolot ini berdiri atas kerja sama Institut Teknologi Telkom dan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Dengan luas lahan sekitar lima hektar, Bandung Techno Park memfasilitasi para peneliti berbakat Tanah Air untuk melahirkan inovasi di bidang teknologi dan informasi. Di luar fungsinya yang begitu luar biasa, bangunan Bandung bergaya unik ini juga punya arsitektur yang lain dari biasanya.

3. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat via Instagram iqbalbabon

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat diresmikan sejak Agustus 1995 silam. Dari jauh bentuknya kelihatan cukup unik, mirip bangunan futuristik yang muncul di film-film ber-setting masa depan.

Arsitektur unik tersebut sebenarnya terinspirasi dari bambu runcing, perlambang perjuangan rakyat semasa kemerdekaan. Di bagian depannya terdapat relief yang menggambarkan kisah-kisah heroik saat masa pendudukan Belanda dan Jepang.

4. Alun-alun Cicendo

Tangga di Alun-alun Cicendo
Tangga di Alun-alun Cicendo via Instagram mohamadrizky

Alun-alun Cicendo baru resmi dibuka pada awal 2018. Kehadirannya disambut positif oleh warga sekitar, yang sering memanfaatkan area terbuka ini untuk berjalan-jalan maupun berolahraga.

Ada banyak hal menarik yang bisa dijumpai di kawasan bangunan Bandung bergaya unik ini. Salah satunya adalah tangga berbentuk nyleneh, yang sering jadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto-foto.

5. Green Forest Chapel

Green Forest Chapel
Green Forest Chapel via Instagram andrewnjoo

Green Forest Chapel adalah kapel kecil yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Bangunan bergaya unik ini merupakan bagian dari The Green Forest Resort, akomodasi mewah dengan pemandangan alam luar biasa.

Sesuai dengan namanya, Green Forest Chapel disewakan untuk mereka yang ingin menggelar pesta pernikahan unik. Harga sewanya cukup bervariasi, 3 juta rupiah untuk sekedar pre-wedding dan 15 juta rupiah untuk paket pernikahan paling standar.

Itulah tadi sejumlah bangunan Bandung bergaya unik yang patut dikunjungi. Bagi mereka yang hobi fotografi dan kebetulan sedang berada di Paris van Java, tak ada salahnya meluncur ke lokasi tersebut dan hasilkan gambar terbaik.

Advertisement
Tags
Bandung Wisata
Share