Fakta Bandara Kertajati yang Kesepian, Sudah Tahu?

Teman Traveler yang suka bepergian dengan jalur udara, tentu akan mampir ke bandara. Nah sudah biasa, kan, melihat betapa sibuknya tempat tersebut. Namun ada satu di Indonesia yang ‘kesepian’ yaitu BIJB Kertajati. Mengapa bisa begitu? Yuk, kenalan lebih jauh dengan Bandara Kertajati.

Luasnya Hampir Sama dengan Bandara Soetta

Bagian Dalam Bandara via Instagram @noenick_rakhmi
Bagian Dalam Bandara via Instagram @noenick_rakhmi

Bandar Udara Kertajati berlokasi di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Ia menempati sekitar enam desa, yaitu Bantarjati, Kertajati, Sukamulya, Sukakerta, Kertasari, dan Babakan. Terbayang betapa luasnya, bukan?

Luasnya kurang lebih 1.800 hektare, dengan panjang landasan pacu sekitar 3 ribuan meter. Bangunannya sendiri cenderung megah, salah satu terminalnya bertema burung merak dengan luas kira-kira 100 ribuan meter persegi.

Bisa terbayang betapa luasnya bandar udara tersebut? Bahkan ia digadang-gadang sebagai bandara terbesar kedua, yang pertama adalah Bandara Soekarno-Hatta.

Majalengka Dianggap Punya Posisi Strategis

Tampak Kemegahan Bandara dari Luar via Instagram @kang.muss
Tampak Kemegahan Bandara dari Luar via Instagram @kang.muss

Majalengka dipilih sebagai lokasi bandara baru di Jawa Barat karena dianggap cukup strategis. Kabupaten ini merupakan tempat bertemunya perlintasan dari Bandung, Karawang, dan Jawa Barat. Sehingga ia diharapkan mampu mendukung perekonomian di tiga daerah tersebut. Walaupun sampai saat ini belum sepenuhnya terealisasi.

Bandara Internasional Tapi Sepi

Salah Satu Sudut Indah di Bandara via Instagram @noenick_rakhmi
Salah Satu Sudut Indah di Bandara via Instagram @noenick_rakhmi

Walaupun terbilang megah dan cukup luas, namun Bandara Kertajati ini kesepian. Bagaimana tidak? Semenjak dibuka pada sekitar Mei 2018 lalu, hanya kira-kira 4 maskapai saja yang beroperasi. Di antaranya Garuda Indonsia, Citilink, Lion Air, dan TransNusa. Bahkan rute yang berjalan hanya 1 saja, padahal rencananya disediakan 11 jalur.

Spot Instagenic via Instagram @yustinecly
Spot Instagenic via Instagram @yustinecly

Saingan dengan Bandara Husein Sastranegara

Bandar Udara Bertajati via Instagram @okkasupardan
Bandar Udara Bertajati via Instagram @okkasupardan

Konon penumpang masih lebih memilih traveling via Bandara Husein Sastranegara dibanding Kertajati. Dapat dikatakan bahwa Bandara Kertajati kalah saing dengan bandar udara di Bandung tersebut. Bandara Husein Sastranegara sendiri memang mempunyai rute yang cukup padat, baik domestik maupun internasional.

Penerbangan Domestik akan Dipindah ke Bandara Kertajati

Bandara Kertajati
BIJB Kertajati via Instagram @noenick_rakhmi

Beberapa upaya dilakukan demi memenuhi target jumlah penerbangan di Bandara Kertajati. Salah satunya adalah memindahkan penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara.

Dikutip dari laman suara.com, sekitar 12 penerbangan domestik non-Jawa akan dialihkan mulai 15 Juni 2019. Hal tersebut diharapkan dapat memaksimalkan fungsi bandar udara internasional di Majalengka tersebut.

Seperti itulah fakta di balik bandara yang kesepian. Setelah membaca ulasan di atas, bagaimana pendapat Teman Traveler? Ada rencana untuk traveling ke luar Jawa via bandar udara tersebut?

Tags
Akomodasi bandara Bandara Kertajati Jawa Barat Majalengka
Share