Ngeri, Bandara Ini Dipagari Pegunungan yang Menjulang

Bagaimana jadinya jika landasan pacu dari sebuah bandara berada di dataran tinggi dan dikepung oleh pagar pegunungan yang menjulang? Rasa was-was akan hinggap di setiap penumpang yang mendarat di bandara tersebut. Mungkin itulah yang dirasakan setiap penumpang yang menuju Bandara Telluride di Amerika.

Jika biasanya bandara dibangun di area lapang, lain halnya dengan Bandara Telluride yang terletak di Colorado, Amerika Serikat. Alih-alih mencari tempat yang landai, bandara ini malah dibangun di atas pegunungan di kawasan resor Telluride, San Miguel County. Menurut berita dari BBC Travel, bandara ini tercatat sebagai bandara tertinggi di North America yang mencangkup wilayah Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Pemandangan Bandara Telluride dari kejauhan, via instagram
Pemandangan Bandara Telluride dari kejauhan, via instagram

Rekor bandara tertinggi di North America tersebut dipertegas dengan angka yang menunjukkan posisi bandara yang terletak di ketinggian 2.767 meter di atas permukaan air laut. Lokasinya sendiri bukanlah daerah terpencil melainkan kawasan resor mewah yang menjadi jujugan wisatawan untuk bermain ski.

Pembangunan bandara di atas gunung ini bukan tanpa alasan. resor Telluride sangat populer sebagai destinasi wisata bermain ski terbaik di Amerika sedangkan akses menuju ke puncak gunung ini sangat jauh butuh 7-8 jam perjalanan darat untuk mengakses tempat tersebut. Satu-satunya cara tercepat menuju ke resor ini adalah menggunakan jalur udara via Bandara Telluride ini.

Hanya pesawat perintis yang boleh mendarat di Bandara Telluride, via instagram
Hanya pesawat perintis yang boleh mendarat di Bandara Telluride, via instagram

Meski begitu jalur udara yang disediakan ini bukan tanpa kendala dan resiko. Lokasinya yang berada di pegunungan membuat kondisi pesawat sangat rentan terhadap perubahan angin, suhu dan tekanan udara jadi aturan penerbangan dari dan menuju ke Bandara Telluride sangat ketat demi keselamatan penerbangan.

Aturan yang harus ditaati adalah jenis pesawat yang bisa mendarat di landasan pacu, hanya pesawat perintis yang boleh mendarat di bandara ini. Sebab landasan pacu di Bandara Telluride sangat pendek dan sempit serta jumlahnya hanya satu. Ukuran landasan pacunya hanya 2.106 meter panjang dan 30 meter lebar. Bagaimana menegangkannya pendaratan di bandara ini bisa traveler lihat pada tayangan video di bawah.

Walau bandara ini cukup menegangkan tapi pemandangan sekitar bandara malah sangat mempesona. Gugusan pegunungan salju yang menjulang dari rangkaian Pegunungan Rocky cukup indah dipandang mata dan juga difoto. Nah, jika kamu tertarik traveling ke tempat ini beberapa pesawat perintis yang melayani jasa penerbangan ke Bandara Telluride antara lain MayaAir Charter, Mountain Aviation dan Cook Inlet Aviation.

Tags
Amerika Serikat Bandara Telluride Bandara Tertinggi
Share