13 Bandara di Indonesia yang Turut Rayakan Earth Hour, Mana Saja Ya?

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Teman Traveler pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya Earth Hour. Yap, kegiatan golobal yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) tersebut selalu diadakan setiap tahunnya. Biasanya beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan, hotel, atau alun-alun ikut berpartisipasi. Ternyata sejumlah bandara di Indonesia turut rayakan Earth Hour juga, lho. Langsung simak yuk!

Mengenal Lebih Dalam Tentang Earth Hour

Earth Hour, via Instagram/earthhourofficial

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Earth Hour diadakan oleh WWF dan dilaksanakan setiap hari Sabtu pada akhir bulan Maret. Kegiatan tersebut berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah atau gedung perkantoran selama satu jam. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan ini pertama kali diadakan pada tahun 2007.

Daftar Bandara yang Turut Merayakannya

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, via Instagram/thepiemood

Pada tahun ini, konsep yang diusung ialah “Switch Off Earth Hour 2019”. Secara serentak, beberapa bandara di Indonesia yang dikelola PT Angkasa Pura I turut menyambut positif kegiatan ini. Seperti yang diberitakan oleh Kompas, 13 bandara tersebut di antaranya adalah:

  1. Bandara I Gusti Ngurah Rai-Bali
  2. Bandara Juanda – Surabaya
  3. Bandara Sultan Hasanuddin-Makassar
  4. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Balikpapan
  5. Bandara Frans Kaisiepo-Biak, Papua
  6. Bandara Sam Ratulangi-Manado
  7. Bandara Syamsudin Noor-Banjarmasin
  8. Bandara Ahmad Yani-Semarang
  9. Bandara Adisutjipto-Yogyakarta
  10. Bandara Adi Soemarmo-Surakarta
  11. Bandara Internasional Lombok-Lombok Tengah
  12. Bandara Pattimura-Ambon
  13. Bandara El Tari-Kupang, NTT

Tidak Mengganggu Operasional

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, via Instagram/mflabd

Dilansir dari Kompas, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan bahwa “Seluruh penumpang pesawat udara, masyarakat, komunitas, dan stakeholders diharapkan ikut menyukseskan kegiatan Earth Hour itu dengan memadamkan lampu atau peralatan elektronik yang tidak digunakan pada tanggal 30 Maret 2019 selama satu jam mulai pukul 20.30 waktu setempat”. “Misal lampu pada tulisan “bandara”, jadi yang tidak akan mengganggu operasional bandara. Kalau di toilet seperti itu ya tidak (dimatikan)” lanjutnya.

Kerjasama dengan WWF

Bandara Adisutjipto Yogyakarta, via Instagram/aziantengku

PT Angkasan Pura dan WWF Indonesia menjalin kerja sama dalam program konservasi dan edukasi, pelestarian lingkungan hidup, dan pengembangan pariwisata sesuai prinsip pengelolaan berkelanjutan. Dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan kembali kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap alam sekitar.

Infografis Bandara yang Rayakan Earth Hour

Kegiatan pemadaman listrik ini sudah menjadi kegiatan rutin yang diadakan di setiap tahun. Dengan adanya sejumlah bandara di Indonesia yang turut rayakan Earth Hour, semoga dapat menyadarkan masyarakat agar lebih mencintai lingkungannya. Apakah kotamu turut menyambut kegiatan ini?