Deretan Bandara Apung di Dunia, Salah Satunya Indonesia Lho!

Advertisement

Kebanyakan orang mungkin masih asing dengan yang namanya floating airport atau bandara apung. Bandara jenis ini merupakan bandara yang dibangun di atas laut dengan perangkat dan teknologi platform dan peneumatik stabil. Penasaran, negara mana saja yang memiliki bandara apung? Simak, yuk info yang telah Travelingyuk rangkum tentang bandara apung di dunia, hanya untuk Teman Traveler.

Bandara Internasional Kai Tak

Hongkong International Airport
Hongkong International Airport Via Instagram/zing8872209

Hong Kong Airport telah berubah nama menjadi Bandara Internasional Hong Kong di Chep Lap Kok. Bandara ini dibangun di atas sebuah pulau buatan dengan memiliki luas 1,225 hektar. Selain menjadi bandara yang mampu menampung penumpang terbesar di dunia, bandara ini juga ditunjangi dengan fasilitas yang nyaman. Bandara apung satu ini juga ramah terhadap wisatawan muslim, karena disediakan tempat untuk beribadah. Deretan gedung pencakar langit dan gunung-gunung yang berada di utara, bandara ini dikenal sulit untuk pendaratan pesawat.

Bandara Ahmad Yani

Bandara Ahmad Yani di Semarang
Bandara Ahmad Yani di Semarang Via Instagram/rafi_elek

Bandara yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi ini berada di Semarang. Bandara Ahmad Yani juga merupakan kebanggaan bagi masyarakat Semarang. Menjadi perhatian karena dibangun di atas rawa-rawa, jika dilihat dari atas maka bandara terlihat mengapung dan bandara ini pun menjadi bandara apung pertama yang ada di Indonesia.

Bandara Osaka-Kansai

Bandara Osaka Kansai di Jepang
Bandara Osaka Kansai di Jepang Via Instagram/a.hasegawa_747

Beralih ke negeri matahari terbit alias Jepang, juga tak kalah dengan negara lain. Diperkirakan dibangun pada tahun 1980-an, sampai sekarang bandara ini menjadi armada tersibuk ke lima di Jepang dan merupakan yang terpanjang di dunia.

Bandara Apung Dunia
Bandara Apung Dunia (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Selain itu, bandara ini juga tahan terhadap bencana alam seperti gempa. Salah satu buktinya seperti gempa dahsyat yang terajadi di Kobe pada tahun 1995.

London Brittania Airport

London Airport
London Airport Via Instagram/meta_cuore

Bandara apung juga termasuk yang tersibuk di London. Saking ramainya, maka dibangun landasan pacu ke tiga untuk mengantisipasi lonjakan dari penumpang di bandara apung yang satu ini. Untuk membangun landasan tersebut, diperlukan lahan yang luas. Karena London sudah cukup padat, maka dari itu bandara ini dibangun di atas Sungai Thames.

Bandara Kobe

Bandara Kobe di Jepang
Bandara Kobe di Jepang Via Instagram/noname_by_daiki

Ada lagi dari negara Jepang, yaitu Bandara Kobe. Dibangun di atas pulau buatan di Teluk Osaka, bandara ini letaknya jauh dari pusat kota. Bandara Kobe didesain semodern mungkin dan tahan dari guncangan gempa. Selain itu, Bandara Kobe juga memiliki 42 gerbang keberangkatan.

Nah, jadi itu tadi beberapa deretan bandara apung yang ada di dunia. Semoga info di atas menambah pengetahuan Teman Traveler ya! Bagaimana, ada yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?

Advertisement
Tags
Akomodasi bandara apung Indonesia Luar negeri
Share