Bandara Anambas Dibangun, Bersiaplah Jelajahi Pulau Terluar Indonesia

Kabar bahagia buat kamu yang suka traveling keluar Jawa. Tepatnya di Kepulauan Anambas telah dibangun bandar udara baru yang sudah rampung 100 %. Menurut isu yang beredar, bandara yang menjadi salah satu akses menuju pulau tropis terbaik di Asia ini akan diresmikan oleh Presiden pada bulan April mendatang. Lalu seperti apa sih potretnya?

1. Pulau Tropis Terbaik Versi CNN

Pulau Tropis Terbaik Versi CNN
Pulau Tropis Terbaik Versi CNN [image source]
Kepulauan Anambas memang tak seterkenal Raja Ampat. Tapi daerah yang terletak di provinsi Kepulauan Riau ini punya banyak sekali destinasi wisata yang unik dan menarik. Bahkan CNNGo pun menobatkan Anambas sebagai Pulau Tropis Terbaik di Asia pada tahun 2012 lalu. Keren kan?

Taman Bawah Air Anambas
Taman Bawah Air Anambas [image source]
Bukan hanya CNN, para traveler yang sudah berkunjung ke Anambas pasti bakal setuju jika kepulauan ini mendapatkan predikat wisata bawah laut paling top di Indonesia. Selain terawat dan masih perawan, pemandangannya pun tidak kalah dengan spot underwater di perairan Bunaken.

2. Pulau Terluar Indonesia yang Sulit Dijangkau

Peta Kepulauan Anambas
Peta Kepulauan Anambas [image source]
Anambas menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia. Letaknya, sangat dekat dengan Kepulauan Natuna serta negeri Jiran Malaysia. Bagi beberapa traveler, rute panjang dan melelahkan inilah yang membuat mereka batal berangkat ke pulau cantik ini. Ya, mereka harus menghabiskan waktu 8 hingga 20 jam sampai di kepulauan satu ini.

Tarempa Anambas
Tarempa Anambas [image source]
Karena menjadi pulau terluar, tak heran jika beberapa kawasan di Anambas dalam keadaan tertinggal. Salah satunya adalah Terempa yang terkenal akan biaya hidupnya yang tinggi. Pun di kawasan ini serba mahal, destinasinya bakalan membuat siapapun betah berlama-lama di sana.

3. Transportasi yang Masih Belum Mencukupi Kebutuhan

Bandara Matak
Bandara Matak [image source]
Selama ini, jalur udara yang digunakan oleh para traveler adalah Bandar Udara Matak yang terletak di Pulau Matak. Meski cukup membantu, bandara satu ini tidak bisa menampung semua traveler lantaran hanya hari-hari tertentu saja ada penerbangan.18

Bandara Letung
Bandara Letung [image source]
Setelah Matak, Anambas kembali membangun bandara anyar beberapa waktu lalu. Ialah Bandar Udara Letung Anambas yang pengerjaannya sudah 100 persen rampung. Kabarnya, tempat pemberhentian pesawat di pulau satu ini bakal diresmikan oleh Presiden RI pada bulan April 2017 mendatang.

4. Calon Bandara Mewah di Kepulauan Anambas

Landasan Pacu Pesawat
Landasan Pacu Pesawat [image source]
Bandara yang memiliki landasan pacu sepanjang 1.200 meter x 30 meter, apron 70 meter x 125 meter, taxiway 15 meter x 125 meter serta stop way 60 meter x 30 meter ini sudah melakukan uji coba pada tahun 2016 kemarin. Diprediksikan menjadi bandaran mewah di Kepulauan Anambas, ternyata pemerintah menghabiskan Rp. 250 miliar untuk pembangunannya.

Fasilitas Bandara Letung
Fasilitas Bandara Letung [image source]
Terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Bandara ini akan segera beroperasi ini ternyata juga ditunjang dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Bahkan terminal seluas 600 meter persegi, gedung administrasi seluar 120 meter persegi hingga GSE Park dengan luas 42 meter persegi telah siap digunakan.

5. Bandara Letung, Fasilitas Untuk Explore Indonesia Lebih Dalam

Liburan di Anambas
Liburan di Anambas [image source]
Tinggal menghitung bulan, liburan ke Anambas bakalan makin menyenangkan. Tidak perlu menghabiskan waktu di jalan, kamu bisa sepuasnya berlibur di pulau satu ini. Bukan hanya kamu saja, para turis luar negeri bakalan bahagia nih karena bisa menjelajah nusantara lebih luas dengan mudah

Warga Anambas
Warga Anambas [image source]
Dengan dibukanya bandara baru di Anambas, rupanya-rupanya juga bakal membuat kehidupan warga pulau ini semakin meningkat. Wah, selain mengenalkan destinasi cantik Indonesia, juga memajukan ekonomi negara ini

Nah, sudah tidak sabar kan ingin berkunjung menikmati tempat wisata Anambas sekaligus mencoba bandara baru? Buruan nabung mulai sekarang!

Tags
Anambas bandara Indonesia kepulauan riau pesawat terbang Transpotasi
Share