Pameran Seni Apik Balinese Masters, Sampai 14 Juli Aja Lho

Apresiasi seni belakangan tengah menjadi tren. Terbukti dengan munculnya tempat-tempat seperti Museum Macan di Jakarta maupun Art Science Museum di Singapura. Jika Teman Traveler sedang berada di Bali, boleh banget mampir ke Balinese Masters.

Balinese Masters adalah pameran yang digelar di AB.BC Building, gedung seni yang dibuka sejak Oktober 2018 silam. Sebelum event ini, mereka sudah mengadakan dua pameran dengan tema berbeda. Lantas apa yang membuat gelaran kali ini istimewa? Yuk, simak ulasannya.

Ada di Kompleks Wisata ITDC

Gedung AB.BC (c) Helga Christina/Travelingyuk

Seperti disebutkan sebelumnya, Balinese Masters diadakan di AB.BC Building yang berada di komplek pariwisata ITDC, Nusa Dua. Posisi tepatnya ada di sebelah pusat perbelanjaan Bali Collection.

Tiket masuk Balinese Masters (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai sini. Bagi yang ingin naik transportasi umum, bisa menumpang Bus Sarbagita, Trans Jakarta-nya Bali. Teman Traveler tinggal berhenti di halte terdekat dari lokasi.

Salah satu karya seni di dekat gedung (c) Helga Christina/Travelingyuk

Begitu sampai, Teman Traveler akan disambut bangunan putih berbentuk unik. Di sekitarnya, ada patung perempuan menaiki motor yang terbuat dari logam. Yap, inilah AB.BC Building.

Pameran Balinese Masters sendiri hanya berlangsung sampai 14 Juli lho Tiket masuknya dibanderol Rp50.000, bisa Teman Traveler beli langsung di loket. Oh ya, kalian bisa berkunjung tiap hari, mulai pukul 11.00 hingga 21.00.

Menampilkan Karya Seni Terbaik

Seni instalasi unik (c) Helga Christina/Travelingyuk

Beda dengan pameran sebelumnya, Balinese Masters mengusung tema ‘Aesthetic DNA Trajectories of Balinese Visual Art’. Oleh karena itu, semua karya yang ditampilkan di sini merupakan buah kreativitas tak kurang dari 34 seniman asli Bali.

Semua karya ciptaan seniman Bali asli (c) Helga Christina/Travelingyuk
Pengunjung tampak menikmati sebuah karya (c) Helga Christina/Travelingyuk

Karya yang dipamerkan bermacam-macam dan semuanya unik Teman Traveler. Pertama kali masuk, kalian akan menemukan sebuah seni instalasi dengan bentuk tidak biasa. Ada juga lukisan berukuran besar dengan makna mendalam. Para pecinta seni pasti seneng banget jika mampir ke sini nih.

Buku-buku Karya Maestro

Tak hanya lukisan kontemporer, beragam lukisan tradisional juga dipamerkan di sini. Selain itu, Teman Traveler bisa mampir ke salah satu sudut berisi buku-buku pengetahuan soal dunia seni. Lumayan menarik buat kalian yang ingin menambah ilmu baru.

Buku-buku tersebut semuanya dikarang oleh para maestro seni lho Teman Traveler. Keabsahannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Beberapa karya mereka juga ikut dipajang di Balinese Masters.

Karya Unik dan Tak Biasa

Seni perlambang sifat manusia (c) Helga Christina/Travelingyuk

Satu karya yang menurut saya cukup unik dan menarik perhatian dipajang dalam satu ruangan khusus. Nuansa yang diciptakan semacam gothic dan agak seram. Jika diperhatikan sepintas, mirip batu yang disusun memanjang.

Namun jika dilihat lebih teliti, batu-batu tersebut ternyata membentuk wajah manusia dengan ekspresi berbeda-beda. Hal ini konon untuk melambangkan berbagai sifat orang di muka bumi ini. Wih, menarik banget kan Teman Traveler.

Karya seni cat air yang menarik (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain itu ada juga karya lukisan cat air dalam box. Teman Traveler bisa memutarnya untuk melihat beragam bentuk menarik. Belum puas? Saksikan pula karya bentuk layang-layang yang menggantung di langit-langit gedung.

Jangan lewatkan pula deretan patung unik dan keren yang disusun dari bahan genteng alias atap rumah. Ada juga karya seni bentuk burung hantu terbuat dari limbah daun. Pokoknya menarik banget Teman Traveler. Pameran ini bisa banget jadi pengisi waktu liburan kalian.

Mampir Belanja

Kawasan Bali Collection (c) Helga Christina/Travelingyuk

Puas melihat beragam karya seni, Teman Traveler bisa langsung memuaskan hasrat belanja lho. Langsung saja bergerak ke kawasan Bali Collection. Di sini kalian bisa membeli beragam produk dari brand ternama. Jangan sampai dilewatkan karena di pekan-pekan terakhir ada banyak diskon yang ditawarkan.

Itulah sedikit pengalaman saya mengunjungi Balinese Masters. Bagi Teman Traveler yang ingin mengapresiasi karya seni selagi jalan-jalan di Bali, tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share