Balai Adat Indra Perkasa, Wisata Tanjung Pinang yang Tak Boleh Dilewatkan

Kota Tanjungpinang memang memiliki banyak wisata alam yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Balai Adat Indra Perkasa yang mewakilkan budaya khas Melayu. Berikut ini ulasan yang bisa kamu simak.

Lokasinya yang Mudah Ditemukan

Pemandangan menuju Pulau Penyengat (c) Rosita/Travelingyuk

Balai Adat Indra Perkasa berada di Pulau Penyengat yang berjarak 15 menit dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Pulau ini dikenal menyimpan beragam daya tarik wisata yang begitu indah. Salah satunya yakni Balai Adat Indra Perkasa, replika rumah adat Melayu yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Replika Rumah Adat Melayu

Bagian depan Balai Adat Indra Perkasa (c) Rosita/Travelingyuk

Balai Adat Indra Perkasa merupakan bangunan yang sudah berumur 100 tahun. Balai ini merupakan salah satu icon di Pulau Penyengat dengan keseluruhan bangunannya yang terbuat dari kayu. Letaknya pun berhadapan langsung dengan pantai sehingga mata akan semakin takjub dengan keindahannya.

Pintu masuk Balai Adat Melayu Indera Perkasa (c) Rosita/Travelingyuk

Selain itu, perlu diketahui kalau balai ini difungsikan sebagai tempat menyambut tamu atau mengadakan perjamuan bagi orang-orang penting. Bangunan ini juga dipergunakan sebagai gedung serbaguna oleh masyarakat setempat.

Sejak dahulu keberadaan balai ini memang dimanfaatkan untuk pertemuan atau acara penting yang bersifat formal. Namun bukan berarti tertutup untuk masyarakat umum, karena siapa saja boleh masuk ke dalam replika rumah adat Melayu ini.

Terbuka untuk Umum

Balai nampak dari depan (c) Rosita/Travelingyuk

Bagian dalam replika rumah adat Melayu ini pun juga tak kalah menakjubkan. Terdapat barisan foto para Sultan yang pernah memimpin di zaman dahulu dan dipajang pada dinding bagian atas gedung. Ketika masuk kedalam bangunan ini, kamu akan menjumpai tata ruang serta benda peralatan khas adat Melayu.

Ruangan dalam ini juga didesain khusus untuk acara pernikahan. Bahkan kamu bisa menemukan panggung pelaminan Melayu di sini. Tak heran kalau spot ini selalu menjadi favorit para wisatawan untuk mengabadikan momen.

Terdapat Sumur Air Tawar

Pelabuhan Sri Bintan Pura (c) Rosita/Travelingyuk

Jika melihat bagian depan bangunan ini, mata akan dimanjakan dengan pemandangan laut beserta dermaganya. Namun siapa sangka kalau pulau yang berada di tengah lautan ini memiliki sumur air tawar. Uniknya, sumur ini satu-satunya yang memiliki rasa air yang tawar dengan warnanya yang bening.

Itulah sekilas ulasan mengenai replika rumah adat Melayu yang berada di Pulau Penyengat. Sempatkan ke sini ya kalau sedang berada di Tanjungpinang. Selamat berlibur Teman Traveler.

Tags
pulau penyengat Wisata Tanjungpinang
Share