Bakso Matahari Singosari, Nikmatnya Nagih

Welly Handoko

Welly Handoko

On Indonesia

Berkunjung ke Malang, tak lengkap rasanya kalau tidak berwisata kuliner. Sebagai rumahnya bakso, kota berhawa sejuk ini punya beragam jenis bakso dengan rasa khas. Salah satunya adalah Bakso Matahari di Jalan Ruko Tumapel Barat No. 1 Pangentan, Kecamatan Singosari.

Teman Traveler tinggal meluncur ke kawasan sekitar Pasar Singosari dan arahkan kendaraan ke Jalan Tumapel. Sekitar 300 meter ke arah barat dari jalan utama Surabaya-Malang, kalian akan menemukan warung Bakso Matahari.

Ramai Dikunjungi Penggemar

Suasana di dalam kedai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bakso Matahari tak terlalu sulit dijangkau sehingga penggemarnya mampir ke sini hampir tiap hari. Dulunya warung sederhana ini selalu tutup di hari Kamis Kamis, namun kini mereka sudah buka setiap hari. Teman Traveler bisa bertandang antara pukul 09.00 hingga 21.00.

Pelanggan bakso nikmat ini datang dari berbagai kota dan kalangan lho. Kebanyakan adalah warga lokal Malang. Selain itu ada juga beberapa wisatawan yang tengah mencari referensi kuliner bakso.

Harga Murah Meriah

Daftar menu dan harga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski cukup terkenal, Bakso Matahari tak lantas mematok harga tinggi. Aneka bakso, gorengan, serta minuman di sini dibanderol antara Rp1.500 hingga 15.000 saja. Teman Traveler bebas pilih varian isi semangkuk bakso dan minuman sesuai selera.

Sepanci penuh bakso (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Secara umum Teman Traveler bisa cicipi tiga varian bakso di sini. Ada bakso kecil, bakso matahari sedang, dan terakhir bakso matahari super dengan ukuran mencapai semangkok penuh. Semuanya enak kok. Melihat tampilannya saja sudah bikin tak sabar untuk menikmatinya.

Paduan Pas Es Teh, Bakso, dan Gorengan

Paduan pas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Rasanya tak cukup hanya pesan semangkok bakso kalau mampir ke sini. Gorengan renyah dan minuman dingin jadi pasangan pas untuk menikmatinya.

Kebanyakan pengunjung memesan es teh karena sajiannya sangat khas, dengan aroma melati harum dan pekat. Dijamin ampuh menyegarkan dahaga saat menyantap bakso lezat di sini.

Santap Bakso yang Sangat Nikmat

Baksonya kelihatan nikmat bukan? (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Usai memesan bakso, Teman Traveler juga akan mendapat tahu dan gorengan. Jangan khawatir, keduanya sudah jadi satu paket kok. Tak perlu keluar biaya ekstra.

Kadang karena mangkok terlalu penuh dengan isian bakso, kuahnya jadi terasa sangat sedikit. Tapi jangan risau Teman Traveler, kalian bisa meminta kuah tambahan.

Hmm, bikin ngiler ya? (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bakso Matahari hanya sediakan varian bakso halus dalam beragam ukuran. Jadi penggemar bakso urat siap-siap kecewa ya. Tapi yang jelas, bakso di sini sangat nikmat lho. Isiannya benar-benar sarat kandungan daging. Bagian dalamnya tampak merah merona, diiringi aroma lezat yang kuat menusuk saat dibelah.

Makin nikmat dengan saus (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak lengkap rasanya kalau makan bakso di Malang tanpa menjajal cara khas warga Kota Bunga. Teman Traveler tinggal meracik campuran saus, kecap, dan sambal di wadah kecil. Setelah itu langsung saja cocolkan dengan potongan bakso. Dijamin, rasanya bakal lebih nikmat.

Gorengan (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Jangan lupa dicocol saus (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika merasa kurang, Teman Traveler masih bisa pesan gorengan tambahan untuk pelengkap. Jenis yang tersedia ada dua, gorengan panjang dan mekar. Semuanya diberi isian daging bakso yang sangat nikmat. Begitu digigit, rasanya garing menggoda.

Luas dan Bersih

Tempatnya cukup luas dan bersih (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu khawatir tidak mendapat tempat ketika mampir ke Bakso Matahari. Ruang makan di sini cukup lega, dengan banyak kursi dan meja yang tersedia. Kebersihannya juga sangat diperhatikan. Bikin makin nyaman saat bersantap.

Jadi buat Teman Traveler yang sedang liburan di Malang, sayang sekali jika belum tak mampir ke Bakso Matahari. Buktikan sendiri betapa lezat dan terjangkaunya kuliner satu ini.