Hangatkan Diri dengan Santap Bakso Kekinian di Malang, Unik dan Menggugah Selera

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Bakso Kekinian di Malang Bakso Kekinian di Malang

Malang memang identik dengan bakso. Makanan ini dijual di warungsederhana sampai restoran, dengan varian harga beragam pula. Musim panas ataupun hujan mengguyur, selalu ada waktu dan alasan untuk menyantap penganan berkuah segar ini. Bahkan kini telah hadir tempat makan bakso kekinian di Malang yang unik dan makin mengundang selera. Di mana sajakah Teman Traveler bisa menjajal kuliner Malang tersebut? Yuk dibaca ulasan berikut.

Studio Bakso

Studio Bakso via Instagram @makan_yukzzz
Studio Bakso via Instagram @makan_yukzzz

Studio Bakso yang baru dirilis pada awal bulan Oktober lalu ini menawarkan konsep modern. Berada di Jalan Soekarno-Hatta, seberang kampus Politeknik Negeri Malang alias Polinema. Begitu memasuki tempat ini, suasana nyaman langsung terasa. Setelah mengambil nampan dan mangkok, pengunjung dipersilahkan memilih sendiri varian isi bakso yang diinginkan alias self-service. Ada bakso daging, siomay, bakso goreng, tahu bakso, pangsit goreng, dan tahu putih. Setelah itu dapat memesan minuman, kemudian langsung menuju kasir.

Studio bakso
Studio bakso via Instagram/@amanda_atila.p

Selain menu Bakso Malang Komplit, Teman Traveler bisa menjajal Cheese Volcano Meatball alias bakso dengan lumuran saus keju dengan cita rasa asin dan sedikit asam. Bagi penggemar pedas, wajib mencoba Bakso Gantung yang dibakar dengan berbumbu saus pedas. Dinamakan begitu karena pentol ditusuk layaknya sate di jeruji besi ditambah potongan paprika, kemudian digantung. Varian ala bakso kekinian di Malang ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp3 ribu sampai Rp12.500 per biji. Di tempat ini pun disediakan layanan wifi, musholla, dan toilet yang nyaman.

Bakso Nawak

Bakso Nawak via Instagram @inge.inggridwidy
Bakso Nawak via Instagram @inge.inggridwidy

Bakso kekinian di Malang selanjutnya adalah Bakso Nawak yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di pojokan seberang resto Pizza Hut. Menu andalannya berupa pentol dengan ragam filling, di antaranya adalah keju dan cabai rawit. Bahkan ada yang ukuran jumbo, Bakso Wareg Urat, cocok dimakan rame-rame. Satu porsi bakso berisi goreng bunga, soun, bakso kecil dan varian isi lain sesuai pilihan.

Bakso Nawak Cabang Singosari via Instagram @nihantw
Bakso Nawak Cabang Singosari via Instagram @nihantw

Kuah bakso merupakan kaldu rebusan tulang sapi, rasanya lebih gurih dan sedap. Satu porsi Bakso Nawak beragam antara Rp19 ribuan sampai Rp21 ribuan. Tersedia juga bakso bakar, Cwi Mie Nawak, Goreng Sarang Burung Mrengkel yaitu adonan daging dibalut kulit pangsit kemudian digoreng. Selain di Soekarno-Hatta, Studio Nawak juga ada di Singosari tepatnya Jalan Ardimulyo nomor 15.

Gubuk Makan Bakso Keju

Gubug Makan Bakso Keju via Instagram @malangfoodies
Gubug Makan Bakso Keju via Instagram @malangfoodies

Gubug Makan Bakso Keju atau lebih dikenal dengan BuKa BaJu mengusung konsep resto modern ala kafe kekinian. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani nomor 2D, tidak jauh dari Masjid Sabilillah. Tempat makan bakso kekinian di Malang ini menawarkan beragam varian isi bakso, dengan menu andalah berupa pentol isi keju. Varian isi lainnya adalah tahu, siomay goreng dan basah, serta bakso goreng.

Teman Traveler juga bisa mencicipi bakso bakar berbumbu barbeque, dengan varian daing sapi, daging ayam, dan pentol rawit. Dibanderol dengan harga Rp2.500 per biji, kalau satu porsi siapkan budget Rp15 ribuan.

Suasana di Gubug Makan Bakso Keju via Instagram @bukabaju
Suasana di Gubug Makan Bakso Keju via Instagram @bukabaju

Bakso Boedjangan Malang

Bakso Boedjangan via Instagram @baksoboedjangan
Bakso Boedjangan via Instagram @baksoboedjangan

Bakso Boedjangan berada di Jalan Ciliwung nomor 44 Kecamatan Blimbing. Kuliner ini mengusung konsep resto modern. Tempat makan bakso kekinian di Malang ini menyajikan beragam menu seperti Bakso Super Keju, Bakso Super Mozarella, Bakso Wagyu Kecil, dan varian lainnya. Teman Traveler siapkan saja budget sekitar Rp15.500 sampai Rp26 ribuan per porsi sesuai dengan yang dipesan. Bakso Boedjangan pun menawarkan ragam menu lain, di antaranya Nasi Bakso Saus Mentega, Nasi Bakso Telur Asin, Yamin Special, Black Yamin yang Misterius, dan varian lainnya.

Area Bakso Boedjangan Malang via Instagram @niskadwi
Area Bakso Boedjangan Malang via Instagram @niskadwi

Semakin bertambah nih pilihan untuk menikmati bakso di Kota Malang dengan hadirnya 4 kedai tersebut. Kalau sedang di Kota Apel, jangan lupa mampir ya. Teman Traveler sudah pernah singgah di gerai yang mana, nih?