4 Bakso di Solo yang Rasa Kuahnya Melegenda, Sudah Coba?

Selain sate Madura, bakso merupakan kuliner yang mudah ditemukan hampir di setiap daerah. Ada yang dijual di restoran mewah, warung, hingga gerobak dorong. Termasuk di Solo, kota cantik yang terkenal dengan jajanan tradisionalnya. Nah, Teman Traveler tengah liburan ke kota ini? Jangan lupa untuk mencicipi bakso di Solo yang rasa kuahnya melegenda. Apa saja sih?

1. Bakso Balungan Sapi Pak Ruk

Bakso Pak Ruk
Bakso Pak Ruk via instagram/@wiwiekhanafiyuwono

Tempat makan pertama yang menyediakan bakso super sedap adalah warung Bakso Balungan Sapi Pak Ruk di Jalan Jamsaren No. 20 Serengan. Namanya tidaklah asing karena sudah ada sejak tahun 1952. Seporsi bakso di sini terdiri dari bola daging ukuran sedang, bihun, mie kuning, tahu dan pangsit goreng yang disiram dengan kuah kaldu daging sapi. Spesialnya, ada menu balungan yang juga disahikan bersama dengan kuah. Rasanya mantap, apalagi ditambah dengan sambal serta daun seledri.

2. Bakso Klewer Prawiroredjo

Bakso Pawiroredjo Cokronegaran
Bakso Pawiroredjo Cokronegaran via instagram/@jajansolo

Pasar Klewer tidak hanya menyediakan bahan baku makanan, tapi juga menyajikan menu enak dan menggiurkan. Salah satunya bakso miliki almarhum Pak Prawiroredjo yang kini dikelola oleh generasi ketiganya. Seperti lainnya, seporsi bakso di sini berisikan bihun, tahu, pangsit goreng, babat, potongan daging sapi, serta bakso yang teksturnya halus tanpa serat. Tak lupa tambahan sayuran sawi segar. Keunikan dari menu ini berasal dari kuah kaldunya dengan rasa sedap yang pas di lidah.

3. Bakso Kalilarangan

Bakso Kalilarangan
Bakso Kalilarangan via instagram/@hobimakanenak

Tempat selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi kuliner di Solo adalah Bakso Kalilarangan. Lokasinya ada dua yaitu di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Juanda. Kelezatan menu di sini sudah terkenal hingga ke pelosok Solo. Kuah baskonya memiliki aroma khas yang bikin ngiler. Sedangkan isinya tidak hanya bola-bola daging, tapi juga pangsit, tahu, pangsit bulat, dan banyak lagi lainnya. Jika mau, Teman Traveler bisa menambahkan tetalan daging sapi di dalamnya. Menggiurkan bukan?

4. Bakso Titoti

Bakso Titoti
Bakso Titoti via instagram/@ayojalansis

Siapa yang tak kenal dengan kuliner satu ini? Yap, aslinya dari Wonogiri yang memiliki banyak cabang, termasuk di Solo. Hidangan berkuah ini ternyata sudah ada sejak tahun 1971 dan pastinya cita rasanya melegenda. Varian menu yang ditawarkan berupa bakso kuah, bakso mie, dan bakso spesial. Untuk menu spesial, seporsinya terdiri dari soun, mie kuning, bakso ukuran kecil, bakso urat, serta bakso isi telur. Soal rasanya tak perlu ditanyakan lagi. Nah, warungnya sendiri berada di Jalan Honggowongso Np. 42, Sriwedari, Laweyan, Serengan.

Nah, itulah empat bakso di Solo yang rasanya melegenda. Bagaimana dengan kamu, sudah coba yang mana saja nih?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share