Oleh-Oleh Bakpia Pathok yang Enak di Jogja

Jogja terkenal dengan bakpia pathoknya yang khas. Biasa dijadikan oleh-oleh atau buah tangan para wisatawan yang berkunjung kesana. Karena perkembangan dan permintaan pasar yang begitu pesat, saat ini semakin banyak pula produk baru yang bermunculan. Saking banyaknya, tak jarang pengunjung merasa kebingungan untuk memilih. Nah, Travelingyuk mencoba merangkum beberapa daftar bakpia pathok lezat agar kamu tidak kesulitan lagi saat memilih. Simak, ya!

1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurniasari salah satu oleh-oleh khas Jogja [image source]

Mulai dirintis sejak tahun 1996 dengan cara dijajakan dalam kemasan kecil di toko sekitar dan pasar. Sekitar tahun 2000an mulai dikenal orang banyak dan dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jogja. Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa bakpia ini merupakan yang paling enak di antara yang lain. Tekstur Bakpia Kurnia Sari terasa lembut dengan kuaaaaaaalit bagian luar lebih tipis sedangkan isinya melimpah. Setiap varian rasanya begitu menggigit di lidah mulai dari kacang hijau, kumbu hitam, keju, hingga tiramisu, green tea, dan coklat mete. Ukurannya lebih besar, meski harganya memang sedikit lebih mahal. Tapi itu setara dengan kualitas yang ditawarkan.

Bakpia Kurnia Sari telah ada sejak tahun 90an [image source]

Nama : Bakpia Kurnia Sari

Alamat : Jalan Glagahsari No.91C, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Telp. : (0274) 380502

2. Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25 merupakan salah satu oleh-oleh yang legendaris di Jogja [image source]

Merupakan salah satu produk bakpia tertua di Jogja. Kata ‘pathok’ berasal dari nama kawasan di sebelah barat Malioboro. Kini area tersebut terkenal sebagai sentra pembuatan bakpia. Sedangkan angka 25 berasal dari nomor rumah sang pemilik usaha. Jika berkunjung kemari biasanya wisatawan dapat melihat proses pembuatannya mulai dari mencampur adonan kulit, isian, pemanggangan, hingga pengemasan. Tak jarang pembeli mendapatkan produk yang masih hangat alias fresh from the oven. Tersedia berbagai macam rasa mulai dari kacang hijau, nanas, cokelat, keju, dan masih banyak lagi.

Salah satu outlet Bakpia 25 di Jogja [image source]

Nama : Bakpia Pathok 25

Alamat : Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta

Telp. : (0274) 513904

3. Bakpia Merlino

Lezatnya Bakpia Merlino yang dinikmati bersama secangkir teh [image source]

Bermula dari sebuah toko bakery yang kemudian memproduksi bakpia. Tergolong masih baru yaitu sejak awal tahun 2000. Bentuknya agak mini dengan kulit yang lebih tipis. Beberapa varian rasa favorit pengunjung yaitu cappuccino dan green tea yang sudah kekinian. Selain itu ada juga ubi ungu, kacang hijau, coklat, susu, keju, kumbu hitam, hingga durian yang aromanya menggoda.

Sekotak Bakpia Merlino [image source]

Nama : Bakpia Merlino

Alamat : Jl. R. E. Martadinata Blok B No.24, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta

Telp. : (0274) 588036

4. Bakpia Djava

Outlet Bakpia Djava [image source]

Di awal kemunculannya, Bakpia Djava dianggap sebagai terobosan baru karena tidak menggunakan angka sebagai namanya. Memproduksi bakpia langsung di tokonya. Bahkan di gerai yang ada di kawasan Laksda Adisucipto proses pembuatan berada tepat di depan pintu masuk, sehingga pembeli bisa langsung melihat bahkan mencoba sendiri proses pembuatannya. Mengusung tagline “Resep Tradisional Tempo Doeloe” produk ini tetap menjaga resep asli turun temurun tanpa menggunakan pengawet dan pemanis buatan.

Bakpia Djava untuk oleh-oleh [image source]

Nama : Bakpia Djava

Alamat : Jl. Laksda Adisucipto KM 8,5, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman.

Telp. : (0274) 488761

5. Bakpia Citra Premium

Bakpia isi kopi salah satu varian Bakpia Citra Premium [image source]

Sesuai dengan namanya, produk ini menawarkan bakpia dalam bentuk maupun kemasan premium. Muncul sejak sekitar 5 tahun yang lalu tepatnya pada 2012. Kulitnya yang gurih dibuat berlapis dengan tekstur lembut dan crunchy. Selain kacang hijau, juga terdapat pilihan rasa lainnya seperti cokelat, susu, keju, durian, hingga telo ungu. Jika sedang tidak berada di Jogja, Bakpia Citra Premium juga melayani pemesanan online.

Bakpia Citra Premium yang menggoda [image source]

Nama : Bakpia Citra Premium

Alamat : Jl. Pandean 2 Gg. Legi no. 20, Gejayan, Condongcatur

Telp. : 0818 026 026 20

6. Bakpia Kencana

Bakpia Kencana aneka rasa [image source]

Memproduksia bakpia basah maupun kering dengan varian rasa seperti cokelat, keju, crispy, ubi, kacang hijau, green tea dan kumbu hitam. Spesialnya kulit Bakpia Kencana dibuat tipis dan ketika digigit tidak menyisakan remah. Isinya pun melimpah dengan tekstur lembut terasa legit. Mengusung konsep open kitchen sehingga di outletnya terdapat ruangan khusus dimana kita bisa menyaksikan para pegawai yang sedang sibuk membuat bakpia. Terkadang pengunjung mendapatkan produk ini dalam keadaan hangat. Mantap!

Isian Bakpia Kencana yang melimpah [image source]

Nama : Bakpia Kencana

Alamat : Jl. H.O.S. Cokroaminoto No.16, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta

Telp. : (0274) 2117003

7. Bakpia Pathuk 75

Bakpia yang merknya berasal dari nomor rumah sang pemilik [image source]

Salah satu bakpia legendaris lainnya dengan menyematkan nomor rumah sebagai nama. Menurut kabar yang beredar, produk ini merupakan yang tertua dan menjadi pelopor berkembangnya bisnis oleh-oleh khas Jogja. Dirintis oleh sang pemilik dengan cara menjualnya dari rumah ke rumah. Beberapa varian seperti kacang hijau, keju, coklat, durian, hingga nanas tersedia disini. Dari dulu hingga kini Bakpia Pathuk 75 berhasil mempertahankan cita rasanya.

Bakpia legenda di Jogja [image source]

Nama : Bakpia Pathuk 75

Alamat : Jalan H.O.S. Cokroaminoto No.119, Tegalrejo, Kota Yogyakarta

Telp. : (0274) 619467

8. Bakpia Soemadigdo

Bakpia Soemadigdo khas Jogja [image source]

Mengusung slogan “Pilih roso pilih Soemadigdo”, bakpia ini mengutamakan kualitas dan rasa dengan ciri khas yang berbeda dari yang lain. Rasanya enak dengan kulit tipis yang crispy serta isinya yang tebal dan lembut. Harga yang dibanderol cukup murah dan bersahabat di kantong. Letaknya cukup strategis dan ramai yaitu di dekat Purawisata.

Outlet Bakpia Soemadigdo yang ramai pembeli [image source]

Nama : Bakpia Soemadigdo

Alamat : Jl. Ireda No.11, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta

Telp. : (0274) 9262609

9. Bakpiapia

Bakpiapia, bakpia premium kekinian [image source]

Salah satu produk kekinian dengan inovasi berbeda. Mengusung slogan “ini bakpia tidak asli, tapi beyond the original bakpia” menunjukkan ada orang-orang kreatif yang bekerja dibelakangnya. Tersedia berbagai jenis bakpia yang dijual di sini, yaitu single seperti rasa cokelat, keju, dan kacang hijau yang terbuat dari bahan premium. Selanjutnya ada blasteran bakpiapia yang menjadi favorit pembeli dengan topping dan 3 lapisan rasa, antara lain Blueberry Cheese, Broccoli Cheese, Durian, Tuna Pedas, Peda Ijo, dan masih banyak lagi.

Single Keju, salah satu varian bakpia di Bakpiapia [image source]

Nama : Bakpiapia

Alamat : Jl. Dagen No. 9 Malioboro, Yogyakarta

Telp. : 08112811257

10. Bakpiaku

Bakpiaku turut meramaikan deretan oleh-oleh khas Jogja [image source]
Yang terakhir ada Bakpiaku yang juga tergolong pendatang baru sebagai oleh-oleh khas Jogja. Muncul sekitar bulan Juni 2012 lalu, produk ini menawarkan bakpia berkualitas premium yang terbuat dari bahan yang juga berkualitas. Disajikan dalam keadaan fresh atau segar. Berbagai pilihan rasa menarik seperti green tea, cappucino, keju, cokelat, dan masih banyak lagi.

Tampak depan outlet Bakpiaku [image source]
Nama : Bakpiaku

Alamat : Jalan Gajah Mada No.60 (Sebrang Hotel Jambu Luwuk) Jogjakarta

Telp. : 0274 – 552739

Inilah deretan merk bakpia pathok yang layak kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Jogja. Semoga membantu!

Tags
Bakpia Indonesia Jawa Tengah Oleh-oleh Yogyakarta
Share