Bajul Eco Lodge, Sensasi Menginap di Taman Nasional Bali Barat

Helga Christina

Helga Christina

On Akomodasi
Bajul Eco Lodge Bajul Eco Lodge
bajul eco lodge
Bajul Eco Lodge (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang berlibur ke Bali, daerah selatan biasanya menjadi fokus utama. Padahal ada banyak daerah Pulau Dewata lain yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Taman Nasional Bali Barat? Bayangkan betapa serunya istirahat ditemani suasana hutan alami dan sunyi. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya menginap di Bajul Eco Lodge berikut ini.

spot spot foto di akomodasi
Salah satu spot foto menarik di sekitar penginapan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sensasi Menginap Tak Terlupakan

suasana taman nasional yang instagenic
Pemandangan di Taman Nasional yang Instagenic (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bajul Eco Lodge merupakan sebuah akomodasi berkonsep ramah lingkungan di Taman Nasional Bali Barat. Di sini Teman Traveler akan merasakan sensasi menginap dengan nuansa alam. Terasa sangat sunyi, berbeda dengan daerah turis lain di Pulau Dewata.

rusa dan kijang mudah ditemui di jalan
Rusa dan kijang amat mudah ditemui di sekitar hutan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler dijamin takkan bosan karena Taman Nasional Bali Barat memiliki banyak jenis spesies flora dan fauna, termasuk di antaranya burung Jalak Bali yang hampir punah. Namun satwa yang paling mudah ditemui di sini adalah kijang dan rusa. Jadi tak perlu kaget jika kalian dibuntuti dua satwa tersebut ketika berjalan-jalan di sekitar sini.

Lokasinya Sangat Jauh dari Keramaian

view dari penginapan
Pemandangan apik dari arah penginapan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bajul Eco Lodge masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat, jauh dari keramaian. Sebaiknya Teman Traveler menyewa kendaraan pribadi agar lebih memudahkan dan fleksibel dalam bisa mengeksplorasi daerah sekitar. Bagi kalian yang memulai perjalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, butuh waktu sekitar empat jam untuk sampai di sini.

Fasilitas Mewah dan Aktivitas Menarik

kamar premium lodge
Kamar premium lodge (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bajul Eco lodge menawarkan tiga jenis akomodasi yaitu Premium Lodge, Standard lodge, dan Group Lodge. Tak perlu khawatir soal harga karena sangat terjangkau. Cocok pula untuk backpacker, sebab juga tersedia tipe dorm dengan harga mulai Rp500.000 per malam. 

plataran observation deck
Plataran observation deck (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pengelola juga menawarkan shuttle gratis untuk berkeliling Taman Nasional Bali Barat. Kalian bisa memanfaatkannya untuk mengunjungi beberapa wahana edukatif seperti Plataran Bali Starling Show Cage, Native Plants Nursery, Plataran Bird Observation Deck, Private Cruise Jetty, Horse Stables, Animal Playground, hingga Plataran Ocean Observation Deck. 

Meski penginapan berlokasi di dalam hutan, Teman Traveler tak perlu khawatir kelaparan. Jika sudah waktunya mengisi perut, kalian bisa langsung mengunjungi The Octagon Beach Club. Menu-menu yang ditawarkan sangat memanjakan lidah dan takkan mengecewakan.

aktivitas trekking
Aktivitas trekking (c) Helga Christina/Travelingyuk

Banyak aktivitas menarik bisa dilakukan di sekitar penginapan. Teman Traveler bisa menjajal snorkeling, mengamati flora dan fauna, atau treking di sekitar hutan mangrove. Belum puas? Kalian juga bisa menyeberang ke Pulau Menjangan dengan perjalanan kurang lebih 30 menit. Kalian bisa menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa.

pulau menjangan
Aktivitas menyelam di Pulau Menjangan via Instagram.com/laksmivalerika

Tips Sebelum Menginap di Bajul Eco Lodge

Mengingatp letak penginapan cukup jauh dari pusat kota, sebaiknya Teman Traveler membawa uang tunai dan stok makanan cukup. Meski ada restoran, harga yang dipatok relatif tinggi. Akan lebih irit jika kalian membawa bekal sendiri.

Selain itu Teman Traveler perlu ingat bahwa penginapan ini berada di kawasan Taman Nasional. Suasana sekitarnya masih sangat alami, sehingga terkadang bisa saja ada hewan tak diinginkan masuk ke dalam kamar, seperti ulat atau kumbang. Namun jangan khawatir, sama sekali tak membahayakan.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan sensasi menginap di tengah hutan belantara Bali? Adakah di antara kalian yang langsung tertarik untuk memesan kamar di Bajul Eco Lodge?