Babymoon, Traveling Bareng Pasangan Saat Hamil, Romantis!

Bagi beberapa orang, jalan-jalan menjadi salah satu cara untuk mempererat hubungan dengan pasangannya. Entah dalam bentuk bulan madu ke luar kota atau cukup berjalan-jalan di tempat hiburan, hal itu ternyata dapat memicu kekompakan satu sama lain. Berbicara mengenai agenda liburan bersama pasangan, istilah babymoon kini banyak diminati oleh banyak orang. Bukan hanya penyuka traveling, tetapi hampir semua kalangan berminat untuk menjalani ‘ritual’  ini sebelum memiliki anak. Nah, bagi kamu yang berniat untuk menjalani babymoon yang lebih romantis dibandingkan bulan madu, berikut tips-tips menariknya. Dijamin, babymon tidak akan pernah terlupakan.

1. Babymoon Romantis, Seperti Apa Sih?

babymoon cantik
babymoon cantik [image source]
Babymoon? Sama tidak sih dengan honeymoon? Sebenarnya, babymoon dan honeymoon adalah sesuatu yang sama, yaitu menjalani liburan bersama dengan pasangan hidup. Bedanya, honeymoon dilaksanakan setelah prosesi pernikahan sementara babymoon ketika sang istri tengah hamil. Istilah babymoon ini pertama kali diperkenalkan oleh Sheila Kitzinger, seorang penulis buku kehamilan dan kelahiran asal Inggris. Babymoon terbukti dapat membangkitkan mood positif bagi ibu si bayi dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah persalinan.

2. Konsultasi ke Dokter Kandungan Sebelum Perjalanan Dimulai

Periksa Kandungan
Periksa Kandungan [image source]
Jalan-jalan disaat berbadan dua memang sedikit mengkhawatirkan. Banyak pula dari orang tua yang terpaksa melarang anaknya bepergian saat hamil, lantaran pamali. Untungnya, perkembangan dunia makin hari makin pesat. Sehingga, ketika niat jalan-jalan saat hamil dapat terwujud. Tentu saja hal pertama yang wajib dilakukan sebelum babymoon adalah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada spesialis kandungan. Sebagai tips, jangan hanya memeriksa tubuh untuk siap liburan atau belum. Untuk jaga-jaga, kamu juga perlu meminta catatan prenatal kepada dokter, takut ada masalah saat perjalanan. Tidak lucu kan kalau penerbangan gagal lantaran kehamilan bermasalah?

3. Waktu Liburan yang Pas Untuk Babymoon

Waktu liburan yang tepat
Waktu liburan yang tepat [image source]
Jangan dipikir usia kehamilan berapapun bakalan aman untuk menjalani babymoon. Tentu pikiran kamu yang seperti ini bakal merepotkan ketika perjalanan di mulai. Karena itu pula, perencanaan babymoon harus benar-benar matang. Lalu, kapan waktu yang baik untuk melakukannya? Waktu paling tepat dapat dilakukan pada trimester kedua kehamilan. Di usia itu, biasanya calon ibu sudah terbiasa dengan kondisi berbadan dua. Selain itu, di usia tersebut perut masih belum terlalu besar. Sebagai catatan, jangan sampai jalani liburan di saat trimester ketiga kehamilan. Tidak lucu kan jika kamu menjalani persalinan di saat masih menjalani babymoon?

4. Tempat Tujuan yang Aman dan Nyaman

Tujuan babymoon [image source]
Bukan hanya waktu saja, tempat tujuan menjalani babymoon juga perlu kamu siapkan. Karena ini adalah perjalanan romantis bersama dengan pasangan serta calon bayi, lebih baik pilih tempat yang masa tempuhnya pendek. Jangan lupa, pilih alat transportasi yang nyaman untuk calon ibu. Bukan hanya itu saja, hindari tempat-tempat ekstrem yang dapat membahayakan calon buah hati. Gila juga kan jika ibu-ibu hamil naik gunung? Nah, jika dilihat lagi, tempat yang cocok untuk babymoon adalah pantai dengan ombak landai. Atau juga wahana wisata tengah kota seperti alun-alun, taman kota atau taman bermain. Yang penting, hindari dulu tempat-tempat yang bakal menantang adrenalin.

5. Berburu Kuliner Menyehatkan

Berburu Kuliner Menyehatkan
Berburu Kuliner Menyehatkan [image source]
Berburu kuliner? tentu saja daftar yang wajib dilakukan saat babymoon. Jangan sampai melewati lunch atau dinner romantis dengan makanan super enak dan lezat. Pun boleh berburu kuliner, tentu saja tak semua makanan harus masuk ke dalam perut. Berhubung tengah hamil, maka perlu menjaga pola makan lebih baik. Perlu digaris bawahi, sebaiknya hindari minuman beralkohol serta makanan yang meningkatkan tekanan darah. Dari pada meminum alkohol, lebih baik minum air putih yang banyak bukan? Jangan pula asal comot makanan kaki lima. Meski terlihat lezat, belum tentu makanan tersebut baik untuk kandungan.

Segala tempat dan juga makanan jika bersama dengan pasangan hidup pastinya akan romantis. Yang penting, jangan sampai melalaikan tips di atas. Tidak inginkan acara babymoon terganggu karena salah ambil langkah?

Tags
babymoon romantis honeymoon romantis
Share