Ngeri tapi Unik! 11 Ayunan Esktrem di Indonesia Ini Tinggi Banget, Berani Coba?

Wisata di Indonesia ini memang bervariasi, mulai dari bertema alam, buatan, kampung tematik, sampai museum keren pun semau ada. Tak ketinggalan wisata yang ngeri tapi unik, juga menantang. Siapa nih Teman Traveler yang suka uji adrenalin? Patut nih cobain 10 ayunan ekstrem di Indonesia. Mulai dari yang berada di atas bukit, danau, sampai di bibir tebing. Penasaran di mana saja? Yuk baca ulasan berikut.

Zen Hideaway Swing, Ubud

Zen Hideaway Swing via Instagram @ourkindlife
Zen Hideaway Swing via Instagram @ourkindlife

Wisata Bali ternyata tidak hanya bertema alam, museum, maupun tempat bersejarah. Zen Hideaway Swing merupakan salah satu ayunan ekstrem di Indonesia. Berlokasi di sebuah tempat menginap bernama serupa, di desa Kedewatan, kecamatan Ubud, kabupaten Gianyar. Ayunan dibangun dari kayu jati berusia sekitar 150 tahun, berada di bibir tebing yang menghadap ke laut. Ketika berayun Teman Traveler bisa sekaligus menikmati pemandangan Sungai Ayung, Gunung Agung, air terjun, dan indahnya panorama desa yang lengang dan asri.

Wanagiri Hidden Hills, Buleleng-Bali

Wanagiri Hidden Hills via Instagram @theworldandme
Wanagiri Hidden Hills via Instagram @theworldandme

Wanagiri Hidden Hills merupakan salah satu tempat wisata selfie di Bali, berada di dusun Asih Panji, desa Wanagiri, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng. Dapat dikatakan sebagai ayunan ekstrem di Indonesia karena berada tepat di atas danau.

Teman Traveler sembari saksikan keindahan Danau Buyan dan Danau Tamlingan. Tidak perlu khawatir berayun karena kemanan terjaga, pengawas selalu siap siaga dekat di ayunan.

Ayunan Langit Watu Jaran, Kulon Progo-Jogja

Ayunan Langit Watu Jaran via Instagram @ayunanlangit
Ayunan Langit Watu Jaran via Instagram @ayunanlangit

Ayunan Langit Watu Jaran atau disebut juga Sky Wing berada di desa wisata Purwosari, Kulon Progo. Teman Traveler yang ingin menguji adrenalin bisa berayun di pinggir tebing dengan ketinggian sekitar 800 meter, permainan ini bertumpu pada tiang setinggi 10 meter. Naik ayunan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit sambil memandang indahnya panorama perbukitan Menoreh, dengan tiket Rp30 ribuan termasuk asuransi jiwa. Pengelola ayunan langit watu jaran ini bekerja sama dengan SAR Jogja untuk perihal keselamatan.

Cliff Swing Gunung Api Purba, Gunungkidul-Jogja

Cliff Swing Gunung Api Purba via Instagram @djoeeeee
Cliff Swing Gunung Api Purba via Instagram @djoeeeee

Masih berada di Jogja, kali ini di Gunung Api Purba Gunungkidul. Ayunan berjuluk Cliff Swing ini terletak diantara di 2 tebing, dengan ketinggian sekitar 700 meter. Kalau ingin uji adrenalin, bisa siapkan Rp15 ribu sampa Rp20 ribuan untuk tiket masuk Gunung Api Purba. Walau harus mendaki gunung dahulu, ketika sudah rasakan berayun akan terasa serunya.

Sky Swing, Bandung

Sky Swing via Instagram @dawnyl2
Sky Swing via Instagram @dawnyl2

Beralih ke Bandung, tepatnya di The Lodge Maribaya Jalan Maribaya Timur kilometer 6 kampung Kosambi, Cibodas, Badung Barat. Selain terkenal sebagai lokasi glamping alias glamour camping, ternyata terdapat wahana ayunan ekstrem disebut Sky Swing. Ketika berayun, jangan takut untuk melihat ke sekeliling. Menghayati panorama hijau kawasan ini. Tiket untuk Sky Swing adalah Rp20 ribuan.

Swing Extreme Bukit Cekong, Kabupaten Enrekang

Swing Extreme Bukit Cekong via Instagram @oliviadevii
Swing Extreme Bukit Cekong via Instagram @oliviadevii

Swing extreme merupakan sebutan untuk ayunan yang berada di ketinggian sekitar 150 meter, berada di atas Bukit Cekong. Tepatnya di Lamba Doko, kecamatan Anggeraja, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Cukup membayar Rp15 ribuan, sudah bisa berayun sembari merasakan asrinya suasana bukit.

Villa Khayangan, Bogor

Villa Khayangan
Wahana Ayunan di Villa Khayangan via instagram @sopiah216

Salah satu villa di Bogor juga memiliki wahana ayunan yaitu Villa Khayangan. Villa ini menjadi destinasi keluarga yang sangat terkenal di Bogor. Kalau Teman Traveler berencana menghabiskan waktu liburan di villa ini, bisa coba wahana ayunan yang cukup ekstrem. Tapi tak perlu khawatir karena wahana ini sangat aman. Berani coba??

Buttu Macca, Kabupaten Enrekang

Buttu Macca via Instagram @hasnawatiarfah
Buttu Macca via Instagram @hasnawatiarfah

Ayunan di Buttu Macca, sebuah bukit yang berlokasi di Jalan Poros Enrekang-Makale, Bamba Puang, kecamatan Anggeraja. Ayunan ekstrem di Indonesia ini berbentuk seperti ketapel, dengan latar gunung Buttu Kabobong. Rasakan sensasi berayun di atas bukit dengan biaya Rp15 ribuan saja.

Bukit Bulu di Coban Rais, Kota Batu

Bukit Bulu Coban Rais via Instagram @samrotulimanii
Bukit Bulu Coban Rais via Instagram @samrotulimanii

Bukit Bulu merupakan salah satu wahana yang ada di kawasan wisata Coban Rais, di dusun Dresel desa Oro-oro Ombo, kecamatan Batu, kota Batu. Nah kalau sudah berada di Bukit Bulu, Teman Traveler bisa mencoba berayun di atas ketinggian hingga ribuan meter. Ayunan ini disertai pengaman, Teman Traveler akan dipasangkan safety belt. Untuk dapat mencoba salah satu ayunan ekstrem di Indonesia ini cukup siapkan budget Rp25 ribuan.

Bukit Terbang di Coban Parang Tejo, Kabupaten Malang

Bukit Terbang Coban Parang Tejo via Instagram @tariersa
Bukit Terbang Coban Parang Tejo via Instagram @tariersa

Masih berada di kawasan Malang Raya, tepatnya di dusun Princi desa Gading Kulon, kecamatan Dau, terdapat sebuah ayunan ekstrem di bibir tebing. Berada di atas Bukit Terbang kawasan Coban Parang Tejo, siapkan biaya Rp15 ribuan kalau ingin berayun di atas ketinggian. Kalau sudah puas berayun, coba juga berfoto di spot lain seperti bunga dan kupu-kupu raksasa, dan lainnya.

Coban Bidadari, Kabupaten Malang

Coban Bidadari via Instagram @istripinarti
Coban Bidadari via Instagram @istripinarti

Ayunan ekstrem di Indonesia ini merupakan salah satu wahana di Coban Bidadari berlokasi di desa Gubugklakah, kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang. Tiket masuk ke kawasan ini Rp10 ribuan per orang. Sembari berayun, lihatlah pemandangan hijau area ini. Dijamin akan ketagihan untuk berayun lagi. Keamanan cukup terjaga, akan dipakaikan safety belt di pinggang Teman Traveler.

10 wahana ayunan ekstrem di Indonesia tersebut sepertinya layak nih dicoba, walaupun menegangkan tapi seru loh. Dilengkapi pula dengan peralatan keselamatan seperti safety belt. Teman Traveler sudah pernah coba yang mana?

Tags
Ayunan Angkasa Ayunan Ekstrem Indonesia unik Wisata wisata unik
Share