Ayam Lodho Kaliurang, Cita Rasa Tulungagung di Malang

Teman Traveler termasuk penggemar pedas? Jika begitu, kalian wajib mencicipi ayam lodho khas Tulungagung yang pedasnya lumayan nampol. Nah, kabar baik buat yang sedang liburan di Malang, kalian tak perlu jauh-jauh pergi ke Kota Marmer. Cukup meluncur ke Ayam Lodho Kaliurang, kalian sudah bisa merasakan olahan otentik yang manjakan lidah.

Cita Rasa Tulungagung di Kota Bunga

Ayam Lodho Kaliurang (c) Natalia /Travelingyuk

Teman Traveler yang tinggal di Jawa Timur boleh merasa bangga. Sebab untuk mencicipi kuliner khas daerah lain, kalian tak perlu pergi terlalu jauh. Ingin menyantap nikmatnya Gudeg Jogja? Tinggal pergi ke Surabaya. Sekarang, jika ingin menyantap cita rasa khas Tulungagung, bisa langsung mampir ke Ayam Lodho Kaliurang di Malang.

Kedainya mudah ditemukan (c) Natalia /Travelingyuk

Sesuai namanya, Ayam Lodho Kaliurang berlokasi di Jalan Kaliurang no. 36, Lowokwaru. Tempatnya sudah buka sejak pukul 07.00. Namun demikian, sensasi pedas yang ditawarkan membuat sajian andalan resto ini juga sangat nikmat disantap untuk menu makan siang. 

Menggunakan Ayam Kampung

Ayam Kampung Lodho (c) Natalia /Travelingyuk

Dalam Bahasa Jawa, lodho berarti sangat empuk. Nah, untuk olahan Ayam Lodho sendiri memang dagingnya benar-benar empuk, sampai-sampai bisa lepas begitu mudah dari tulangnya. Meski makan menggunakan sendok, Teman Traveler dijamin takkan kesulitan.

Lodho sendiri memanfaatkan ayam panggang atau bakar, yang kemudian dimasak kembali dengan santan. Sebelumnya, cairan sari kelapa tersebut lebih dulu diramu dengan rempah-rempah khusus. Inilah mengapa sajian satu ini memiliki rasa gurih yang benar-benar menggigit.

Nasi Ayam Lodho (c) Natalia /Travelingyuk

Bentuknya sekilas memang mirip kari atau opor, namun dengan kuah santan lebih kental. Umumnya masakan ini disajikan bersama nasi uduk atau nasi gurih. Rasanya makin nikmat karena bahan utama yang digunakan adalah daging ayam kampung. Soal rasa, tentu tidak perlu dipertanyakan lagi ya.

Ditemani Urapan

Ditemani urapan (c) Natalia/Travelingyuk

Cita rasa ayam lodho bakal makin mantap ketika disantap bersama urap-urap. Saat singgah di resto Ayam Lodho Kaliurang, saya memesan menu nasi lengkap. Begitu semua disajikan di atas meja, selera makan serasa langsung memuncak usai melihat ayam kampung bakar bermandikan santan gurih, lengkap dengan cabe rawit utuh menggoda. Selain itu masih ada sayuran urap dan kering kentang. Hmm, benar-benar menu makan siang yang menggoda.

Sambal Ayam Lodho (c) Natalia /Travelingyuk

Jika merasa masih kurang pedas, Teman Traveler tak perlu khawatir. Kalian bisa mencocolkan ayam ke dalam semangkuk sambal segar khas Tulungagung. Pedasanya dijamin bakal semakin nampol. Oh ya, sebagai penawar pedas, jangan lupa pesan teh hangat ya.

Murah dan Ramah Keluarga

Suasana di dalam resto (c) Natalia /Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang sedang bepergian bersama keluarga, resto Ayam Lodho Kaliurang bisa jadi alternatif yang bagus. Tempatnya tidak terlalu luas, namun sangat bersih. Di beberapa sudut tampak perabotan klasik yang makin mempercantik ruangan.

Ditambah lagi, menu-menu yang ditawarkan rasanya enak. Sangat rumahan, dengan harga murah meriah. Nasi Ayam Lodho yang saya pesan bisa ditebus dengan bermodal Rp21.000 saja lho.

Menu yang ditawarkan (c) Natalia /Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Restoran Ayam Lodho Kaliurang. Buat Teman Traveler yang penasaran dengan cita rasa nampol ala Tulungagung dan sedang jalan-jalan di sekitaran Malang, jangan lupa mampir ke sini ya. Dijamin takkan menyesal deh.

Tags
Ayam Lodho Kaliurang Indonesia kontributor kuliner kuliner malang Malang Travelingyuk
Share