5 Ayam Goreng Populer di Jogja, Pilihan Santapan Legendaris yang Sulit Ditampik Enaknya

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Sepertinya semua orang gemar menikmati lauk satu ini. Bisa disantap langsung tanpa nasi ataupun menjadi lauk. Tidak susah menemukan makanan ini, termasuk di Kota Gudeg. Ada beberapa lokasi ayam goreng legendaris dan populer di Jogja yang jadi santapan kala lapar mendera. Di mana saja tempatnya?

1. Ayam Goreng Tojoyo

Ayam Goreng Tojolo, via Instagram/jajanan.indo
Ayam Goreng Tojolo, via Instagram/jajanan.indo

Ayam Goreng Tojoyo merupakan salah satu yang populer di Jogja. Tempat makan ini menyuguhkan olahan daging ayam dengan cita rasa yang begitu nendang. Bagaimana tidak, sebelum digoreng, ayam terlebih dahulu diungkep dengan bumbu selama kurang lebih 2 jam lamanya. Begitu harum saat digoreng dan memiliki tekstur yang empuk.

Jika kamu ingin mencicipi menu ayam yang enak ini, silahkan berkunjung ke Jl. Urip Sumoharjo No. 133 atau di Jl. Brigjen Sutoyo No. 60. Harganya? Satu potong ayam dibanderol Rp16.000 saja.

2. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung, via Instagram/kyirfano
Ayam Goreng Mbah Cemplung, via Instagram/kyirfano

Ayam goreng populer di Jogja selanjutnya ada Ayam Goreng Mbah Cemplung yang selama ini menjadi salah satu favorit pilihan banyak orang. Tempat makan ini sudah dirintis sejak tahun 1970-an yang mendapatkan banyak pujian. Ayam gorengnya memiliki rasa asin gurih yang enak. Untuk harganya, mulai dari Rp30.000 sampai dengan Rp100.000.

Meskipun lokasinya ‘mblusuk’ atau tersembunyi, Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung masih saja diburu dan dicari. Datang saja ke Sendang Semanggi, Sembungan, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Ayam Goreng Mbok Sabar

Ayam Goreng Mbok Sabar, via Instagram/icip_yuk
Ayam Goreng Mbok Sabar, via Instagram/icip_yuk

Tidak kalah enak dari sebelumnya, ada Ayam Goreng Mbok Sabar yang diolah dengan bumbu baceman, khas Jogja sekali. Karena olahan tersebut, cita rasanya cenderung manis dengan warna yang sedikt menghitam. Tempat makan ayam goreng populer di Jogja satu ini ini telah ada sejak tahun 1970-an.

Lokasinya berada di tengah kota Jogja. Tepatnya berada di Jl. Jagalan No. 20, Beji, Kecamatan Pakualam, tak jauh dari titik nol kilometer atau memiliki jarak kurang lebih 1,5 km. Harganya mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp85.000. Salah satu lokasi rekomended buat dikunjungi saat jelajah Jogja dan sekitarnya.

4. Ayam Goreng Mbok Berek

Ayam Goreng Mbok Berek, via Instagram/jogjafoodinfo
Ayam Goreng Mbok Berek, via Instagram/jogjafoodinfo

Ayam Goreng Mbok Berek atau ada pula yang menyebutnya sebagai Ayam Goreng Kalasan juga tempat lain yang bisa dikunjungi jika ingin mendapatkan cita rasa yang mantap. Tempat ini telah dirintis sejak tahun 1980-an.

\Ayam goreng di sini cenderung diolah dalam bentuk kering. Lokasinya berada di Jl. Raya Solo, Tirtomani, Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Untuk harganya, setengah porsi ayam dengan kremesan dibanderol Rp45.000.

5. Ayam Goreng Bu Tini

Ayam Goreng Bu Tini, via Instagram/cesiliaindri
Ayam Goreng Bu Tini, via Instagram/cesiliaindri

Kemudian ada Ayam Goreng Bu Tini yang rasanya mak nyus. Kombinasi antara manis, asin, juga gurih. Merupakan salah satu yang cukup populer di Jogja. Lokasinya berada di Jl. Sultan Agung No. 17, Gunungketur, Pakualam, Jogja, DIY.

Selain ayam goreng, di sini juga menyediakan menu lainnya yang tak kalah nikmat. Ada sayur-sayuran, oseng-oseng, dan lain sebagaianya. Buka dari Senin-Minggu, mulai jam 08:30 hingga pukul 21:30. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 sampai dengan Rp20.000-an.

Banyak juga kan tempat makan ayam goreng populer di Jogja? Kurang lengkap jalan-jalan ke Kota Gudeg tanpa mencicipi salah satunya. Bagaimana, apakah tertarik untuk mencoba?

Tags
ayam goreng populer di Jogja Indonesia Jogja kuliner
Share