Cerita Dibalik Hitam Legamnya Ayam Cemani, Penasaran?

Indonesia memang tidak hanya kaya akan makanan khas, namun juga budayanya. Bahkan dibalik setiap hidangan, selalu ada cerita menarik. Sehingga bisa dikatakan kuliner khas Indonesia tidak bisa lepas dari budaya yang menaunginya. Salah satunya adalah ayam cemani. Ternyata, ayam hitam legam ini bisa disulap menjadi masakan yang menggugah selera. Yuk, simak lebih lanjut.

Berasal dari Pulau Jawa

Dibalik Cerita Ayam Cemani yang Hitam Legam via Instagram <a href=@zoo.leipzig" width="1080" height="1350" srcset="https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 1080w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 240w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 819w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 216w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 306w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 364w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 758w, https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/09/[email protected] 608w" sizes="(max-width: 1080px) 100vw, 1080px" />
Dibalik Cerita Ayam Cemani yang Hitam Legam via Instagram @zoo.leipzig

Ayam cemani juga biasa disebut ayam kedu. Karena ayam kedu merupakan ‘nenek moyang’ ayam cemani, berasal dari Temanggung dan Magelang. Sekarang sudah banyak diternakkan di luar Jawa seperti di Sumatera. Ayam ini memang dikenal memiliki warna hitam mulai dari bulu hingga tulangnya, namun sebenarnya ada jenis ayam ini yang berwarna putih.

Dikaitkan dengan Mitos

Sup Ayam Cemani ala Korea via Instagram @fpnight

Di Indonesia, kuliner ini dijadikan sebagai salah satu bahan sesajen atau persembahan. Tidak hanya itu ayam ini pun dianggap mampu mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit. Oleh karena itu ayam jenis ini banyak diburu. Bahkan orang dari luar Indonesia pun mencari ayam ini setelah mengetahui ‘khasiatnya’.

Harganya Menakjubkan

Anak Ayam Hitam pun Harganya Menakjubkan via Instagram @beanerzz

Satu ekor ayam cemani bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah. Selain karena memang mengembangbiakkannya  bukan hal yang mudah, mitos yang beredar mengenai unggas ini juga mempengaruhi harga.

Kisah Ayam Cemani
Kisah Ayam Cemani (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Namun hal tersebut tidak menghalangi ‘pemburu’ ayam ini dalam menemukan hewan yang dicarinya.

Olahan Ayam Cemani

Olahan Ayam Hitam via Instagram @nusagastronomy

Harganya yang terbilang fantastis itu menyebabkan tidak banyak tempat makan yang menyediakan olahan ayam jenis ini. Sekalipun ada, tentu memiliki harga yang tidak murah juga. Kalau Teman Traveler penasaran dengan rasa ayam ini, bisa melipir ke salah satu restoran mewah milik Chef Ragil yaitu Nusa Indonesia Gastronomy. Di restoran ini, ayam hitam legam diolah dengan bumbu khas dan disajikan dengan plating menarik. Sebutan ayam hitam sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia saja, ada beberapa negara di Asia yang juga familiar dengan ayam hitam ini. Biasanya diolah menjadi sup ayam atau hotpot Mongolia.

Memang tidak ada salahnya untuk kita mengetahui cerita dibalik hidangan yang akan kita santap. Teman Traveler adakah yang ingin menjajal olahan ayam cemani?

Tags
Ayam Cemani Budaya Indonesia Jawa Tengah Magelang Sukoharjo
Share