Ayam Betutu Gilimanuk, Rela Kepanasan Saking Lezatnya

Selain deretan pantai indah, sejumlah makanan khas Bali juga bisa bikin kangen lho. Sayang rasanya jika tak meluangkan waktu untuk kulineran kala sedang liburan di Pulau Dewata. Salah satu yang wajib Teman Traveler coba adalah Ayam Betutu Gilimanuk. Percaya deh, lezatnya kuliner satu ini bakal bikin kalian rela antre hingga kepanasan. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Panganan Adat

ayam_betutu_khas_gilimanuk_AwV.jpg
Ayam Betutu khas Gilimanuk (c) Natalia/Travelingyuk

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang berasal dari daerah Desa Melinggih, Gianyar dan Gilimanuk. Bahan dasarnya adalah ayam atau bebek utuh yang kemudian dipanggang dalam sekam, bersama racikan bumbu-bumbu khusus.

Masakan istimewa ini biasanya disajikan dalam acara adat atau upacara keagamaan. Namun seiring perkembangan zaman, ayam betutu kini bisa ditemukan di banyak restoran Bali. Salah satu yang terkenal adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk di Bali.

Tak Harus Pesan Ayam Utuh

ayam betutu gilimanuk
Ayam Betutu setengah porsi (c) Natalia/Travelingyuk
img20180325134818_y8z.jpg
Pedasnya mantap (c) Natalia/Travelingyuk

Meski biasanya disajikan dalam keadaan utuh, Teman Traveler juga bisa kok memesan ayam betutu versi potongan. Buat yang datang bersama rombongan, seporsi ayam utuh bisa jadi pilihan tepat. Namun jika hanya makan sendiri atau berdua, versi potongan yang lebih kecil sudah lebih dari cukup. Jangan khawatir, rasanya nggak berbeda. Sama-sama lezat.

Menu Tambahan Wajib 

sate_lilit_iXa.jpg
Sate Lilit (c) Natalia/Travelingyuk

Menyantap Ayam Betutu Gilimanuk dengan nasi hangat saja sudah terasa sangat istimewa. Bumbunya yang meresap sempurna dan begitu nikmat bikin pengin nambah lagi dan lagi. Namun agar makin sempurna, Teman Traveler bisa pesan beberapa side dish.

img20180325134659_zEY.jpg
Sate Lilit Ayam yang nikmat (c) Natalia/Travelingyuk

Dua yang saya rekomendasikan adalah plecing kangkung dan sate lilit. Setiap mampir ke sini, saya tak pernah absen memesan kedua menu tersebut. Rasanya belum sempurna menyantap ayam betutu tanpa keduanya.

Kacang Pengusir Pedas

ayam betutu gilimanuk
Plecing kangkung dan kacang (c) Natalia/Travelingyuk

Plecing kangkung di sini cukup istimewa lho Teman Traveler. Seporsinya, terdiri dari kangkung, sambal biasa, sambal matah, dan kacang goreng. Komponen yang disebut terakhir memang cukup jarang dipadukan dengan sayur. Namun bukan tanpa alasan disertakan di sana. Kacang tersebut rupanya sanggup mengurangi sensasi pedas yang kalian rasakan saat menyantap plecing. Ajaib, kan?

Harga Sesuai Rasa

menu_di_ayam_betutu_khas_gilimanuk_UpE.jpg
Daftar menu (c) Natalia/Travelingyuk

Ayam Betutu Gilimanuk tidak termasuk kuliner murah. Seporsi ayam utuh di sini dibanderol dengan kisaran harga Rp95.000an, cukup untuk disantap hingga empat orang. Selain ayam, kalian juga bakal mendapat plecing, kacang goreng, serta sambal matah. Jika ingin lebih murah, Teman Traveler tinggal pesan porsi setengah atau seperempat.

img20180325142102_zZ7.jpg
Daftar minuman (c) Natalia/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa pilih tingkat kepedasannya, antara pedas banget atau sedang saja. Buat yang tidak suka masakan berkuah, bisa juga pesan menu ayam betutu goreng. Jangan khawatir, rasanya sama enaknya!

Rela Kepanasan 

Menyantap ayam betutu di sini bakal bikin Teman Traveler banjir keringat. Bukan hanya karena sajiannya yang bercita rasa pedas, namun lantaran tempat makannya memang tak dilengkapi pendingin ruangan. Meski begitu, saya jamin kalian bakal tetap rela meski kepanasan. Sebab sajian ini enaknya memang luar biasa sih.

Kedainya sendiri sudah memiliki beberapa cabang di seluruh Bali. Teman Traveler bisa pilih sesuai domisili atau tempat menginap.

Kalian bisa mampir ke cabang mereka yang ada di Jalan Raya Tuban No. 2X, Tuban, Kuta, Jalan Merdeka No.88, Panjer, Denpasar, atau Jalan Buluh Indah No.51X, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara. Selain itu, masih banyak lagi cabang lainnya. 

Bagaimana, jadi langsung ngiler dan ingin mencicipi bukan? Pastikan Teman Traveler mampir ke salah satu cabang Ayam Betutu Gilimanuk saat liburan di Bali. Jangan sampai menyesal tak mencicipinya.

Tags
ayam betutu gilimanuk Bali Indonesia kontributor Kuilner kuliner kuliner bali Travelingyuk
Share