Avenue of Comic Stars, Destinasi Wajib Pecinta Komik di Hong Kong

Berkunjung ke Hong Kong, banyak aktivitas wisata bisa dilakukan. Mulai dari mencicipi kuliner setempat, berburu barang murah, hingga mencermati budaya setempat. Hong Kong juga dikenal punya industri perfilman yang cukup maju. Teman Traveler bisa melihat sederet buktinya di Avenue of Stars, Hall of Fame ala Hollywood di dekat Victoria Harbour.

Salah satu sudut di Avenue of Comic Stars (c) Helga Christina/Travelingyuk

Nah, bagi Teman Traveler penggemar karakter kartun, ada wahana serupa bernama Avenue of Comic Stars. Alih-alih bintang film terkenal, di sini kalian akan menjumpai beberapa tokoh komik. Baru dibuka pada 2012 silam, tempat ini berlokasi di Tshim Sha Tsui dan bisa dikunjungi tanpa biaya masuk.

Perjalanan Menuju Avenue of Comic Stars

Patung berbentuk karakter babi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saat itu kami tinggal di daerah Tsim Sha Tsui, hingga hanya perlu berjalan kaki untuk bisa sampai ke Avenue of Comic Stars. Bagi Teman Traveler yang berencana menumpang MTR, silahkan berhenti di Stasiun Tsim Sha Tsui dan ambil Pintu Keluar A. Berikutnya, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar lima menit.

Teman Traveler juga bisa menumpang bis untuk menuju lokasi. Ada lumayan banyak bus yang melewati Avenue of Comic Stars.  

Patung Karakter Komik Lokal

Berfoto dengan beberapa patung lucu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tempat ini sangat mudah ditemukan karena dari pinggir jalan saja Teman Traveler sudah bisa melihat beberapa patung karakter komik. Dijamin tidak akan terlewat meski kalian tidak familiar dengan jalanan Hong Kong.

Avenue of Comic Stars sendiri merupakan jalan sepanjang 100 meter berhiaskan 30 patung karakter kartun. Masing-masing tingginya bervariasi, mulai 1,8 hingga 3 meter.  

Dihasi patung karakter komik lokal (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa berfoto sepuasnya dengan sederet karakter kartun lokal. Beberapa di antaranya adalah Ding Ding Penguin, On On and Guy Guy, Q boy, Pig Mc Dull, dan Master Q yang komiknya sempat populer di Indonesia. Kalian juga akan menemukan patung Bruce Lee versi kartun, serta karakter superhero lokal seperti Nan Gong Wen Tian.

Sama seperti Hall of Fame di Amerika Serikat, tempat ini juga memiliki cap tangan sosok-sosok terkenal dari industri komik dan kartun Hong Kong. Pengunjung bisa melihat sendiri cetakan tangan seniman komik lokal kenamaan seperti Dr. Tony Wong, Mr. Ma Wing Shing, dan Siuhak.

Aktivitas Lain

Jalan-jalan di sekitar Avenue (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain berfoto-foto bersama patung karakter komik, Teman Traveler juga bisa mempelajari sejarah komik Hong Kong di Gallery of Comic Education. Setiap Hari Minggu dan Libur Nasional, akan diadakan Arts Fun Fair Stall. Pengunjung akan mendapat kesempatan mengikuti workshop fotografi, melukis, membuat komik, hingga melukis sketsa.

Avenue of Comic Star letaknya juga berdekatan dengan Kowloon Park. Setelah puas melihat-lihat deretan patung karakter komik, Teman Traveler bisa bersantai sembari menikmati pemandangan taman di tengah kota.

Itulah ulasan singkat mengenai hal-hal menarik yang bisa Teman Traveler lakukan di Avenue of Comic Stars Hong Kong. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tak sabar bertemu dengan karakter-karakter di atas?

Tags
Hong Kong kontributor Travelingyuk wisata hong kong
Share