4 Tempat Berburu Aurora Borealis, Mau Berkunjung ke Mana?

Pada Bulan September umumnya terjadi fenomena langit menarik yang tak boleh Teman Traveler lewatkan yaitu aurora borealis. Sayangnya tidak bisa disaksikan di Indonesia, hanya bisa dilihat di belahan bumi utara. Bagi kalian yang ingin melihatnya, yuk segera ke negara-negara di bawah ini. Jangan lupa dicatat, ya.

Fairbanks, Alaska 

aurora borealis
Fairbanks via instagram/mikepolofoto

Tempat yang cocok untuk melihat fenomena unik ini adalah Fairbanks, Alaska. Teman Traveler bisa melihat aurora borealis dengan warna hijau cerah di langit.

Menurut Biro Pengunjung Alaska, disarankan untuk tinggal tiga hari di Fairbanks antara Bulan September hingga Maret supaya bisa melihat keindahan tersebut secara utuh. Tak perlu khawatir sia-sia, karena pihak dari University of Alaska akan meng-update terus kapan aurora muncul. 

Churcill, Kanada 

aurora borealis
Churcill via instagram/discover_churchill

Kemudian di Churcill, Kanada juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora borealis. Hal ini dikarenakan Kanada merupakan negara yang memiliki polusi cahaya yang rendah. Jadi, cahaya hijau tersebut dapat terlihat dengan jelas di sana. Teman Traveler bisa menyaksikannya saat jelajah wisata Kanada di pertengahan Agustus sampai akhir April. 

Abisko National Park, Swedia 

Abisko National Park via instagram/elisechristou 

Swedia juga punya tempat menarik untuk menyaksikan aurora borealis. Namanya adalah Abisko National Park yang telah eksis sejak tahun 1909an dan punya pemandangan sangat menawan. Wilayah satu ini sangat direkomendasikan, karena jarang terdapat lampu-lampu jalanan.

Alhasil, cahaya dari aurora bisa berpendar dengan indahnya di langit. Supaya kalian lebih nyaman saat menyaksikan fenomena langka ini, bisa sambil menikmati Kopi Swedia yang banyak dicari oleh wisatawan. 

Jokulsarlon, Islandia 

Jokulsarlon via instagram/alessandro_crosato

Terakhir adalah Jokulsarlon yang merupakan danau glasial terkenal dan terbesar di Islandia. Di sini, Teman Traveler bisa menemukan penampakan aurora dengan jelas, karena kondisi langitnya gelap. Apabila kalian berada di tempat yang pas, cahaya aurora borealis seakan-akan tampak berada di ujung gunung es.

Ada tempat lain lagi di Islandia yang bisa digunakan untuk menikmati aurora borealis yakni Reykjavik, ibu kota negara ini. Namun, cahaya yang dihasilkan kemungkinan tidak sejelas di Jokulsarlon.

Itulah tempat-tempat terbaik untuk berburu cahaya aurora borealis di belahan bumi utara. Semuanya menghasilkan cahaya yang jelas, jadi pilihan ada di Teman Traveler sendiri kalau ingin menyaksikannya. Bagaimana, sudah tahu ingin berkunjung ke mana?

Tags
Abisko National Park Aurora Borealis Islandia Luar negeri Swedia Wisata
Share