4 Aturan Saat Naik Eskalator, Sudah Terapkan yang Mana?

Eskalator termasuk salah satu teknologi yang memudahkan. Baik di bandara, juga pusat perbelanjaan, tangga berjalan ini mengurangi lelah. Meski begitu, fasilitas satu ini bisa jadi membahayakan jika tak berhati-hati. Kali ini, TravelingYuk akan memberi tahu apa saja aturan saat naik eskalator supaya terhindar dari yang namanya kecelakaan. Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Berdiri di Sisi Kanan 

aturan naik eskalator
Berdiri di sisi kanan via shutterstock

Bagi Teman Traveler yang naik eskalator, wajib sekali berdiri di sebelah kanan. Sisi kiri harus dibiarkan kosong untuk memberi jalan orang lain yang sedang terburu-buru ke tempat tujuan.

Kalau kalian berdiri di tengah-tengah atau sisi kiri tangga, bisa menghambat orang yang sedang terburu-buru. Parahnya lagi, orang tersebut bisa secara tidak sengaja menabrak kalian karena dalam kondisi berlari di tangga. 

Dilarang Injak Garis Kuning 

aturan naik eskalator
Dilarang injak garis kuning via shutterstock

Pasti kalian pernah melihat tulisan di eskalator kalau dilarang menginjak garis kuning. Hal ini tidak boleh kalian acuhkan, karena garis kuning merupakan penanda bahwa ada bahaya di dalamnya. Jadi, jangan sampai kalian menginjak penanda tersebut, karena sepatu atau sandal bisa terjepit dan akan sulit untuk dilepaskan. 

Dilarang Bersandar di Pegangan Eskalator 

Dilarang bersandar di handrail via shutterstock

Siapa di sini yang suka bersandar di pegangan eskalator? Mulai sekarang, kalian jangan pernah melakukannya lagi ya. Hal ini dikarenakan pegangan tersebut bisa membuat tubuh menjadi terseret atau terjungkal lalu jatuh ke bawah eskalator. 

Jadi, handrail hanya berfungsi sebagai pegangan bagi orang-orang yang naik ke tangga berjalan. Cara memegangnya pun tidak boleh sembarangan. Yakni mencengkeram kuat dan disertai juga dengan pandangan yang lurus ke depan.  

Hindari Gunakan Baju Terlalu Panjang 

Baju panjang terseret via instagram/punapi_lombok

Sebenarnya, untuk hal yang satu ini boleh-boleh saja. Melihat kini banyaknya perempuan yang berjilbab sehingga harus mengenakan pakaian tertutup dari ujung kepala hingga kaki. Namun, yang tidak diperbolehkan di sini yaitu membiarkan baju tergerai begitu saja.

Hal ini dikarenakan ujung baju bisa tertarik oleh mesin eskalator yang bersifat menyedot apapun di atasnya. Sehingga bisa berakibat terjatuh atau baju mengalami sobek. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menarik sedikit baju ke atas sebelum naik ke eskalator.  

Bagaimana, sudah tahu kan aturan saat naik eskalator? Jadi, mulai sekarang, bisa dipraktekkan aturan di atas untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Menurut Teman Traveler, apa ada aturan lagi selain yang disebutkan di atas? 

Tags
aturan naik eskalator Indonesia tips dan inspirasi tips traveling
Share