4 Aturan Baru Arab Saudi untuk Tarik Wisatawan, Ada yang Perbolehkan Lawan Jenis Sewa 1 Kamar

Arab Saudi kini tengah menjadi perbincangan seluruh kalangan di penjuru dunia. Alasannya karena banyak aturan terbarunya yang dianggap mengundang kontra untuk menarik wisatawan. Kira-kira, apa saja aturan baru Arab Saudi yang kini sedang diterapkan? Simak ulasan di bawah ini. 

Perbolehkan Turis Lawan Jenis Menyewa Satu Kamar  

aturan baru arab saudi
Ilustrasi lawan jenis dalam satu kamar via shutterstock

Aturan yang baru-baru ini diterapkan oleh pemerintah setempat adalah memperbolehkan pasangan turis lawan jenis belum menikah menginap dalam satu kamar yang sama. Hal ini ternyata mengundang protes dari beberapa pihak, lantaran aturan tersebut seperti bertolak belakang dengan kondisi Arab Saudi.

Padahal sebelumnya, setiap pasangan turis yang datang diharuskan memperlihatkan bukti nikah ketika ingin bermalam di hotel. Mendengar banyaknya kontra, pemerintah setempat mengatakan kalau peraturan ini digunakan untuk menggeliatkan pariwisata. 

Mengadakan Konser Musik 

aturan baru arab saudi
Ilustrasi konser musik via shutterstock

Aturan lain yang diadakan oleh Arab Saudi yaitu mengadakan konser musik. Acara besar ini sudah mulai digelar dari tahun 2017 lalu dan dilanjutkan beberapa konser lain yang terakhir dilaksanakan 18 Juli kemarin.

Tak sampai di sana saja, boyband kenamaan asal Korea yakni BTS juga akan mengadakan konser di Riyadh, Arab Saudi. Hal ini sangat berbeda dengan dulu yang Arab Saudi sangat mengharamkan konser musik, karena laki-laki dan perempuan bukan muhrim berkumpul menjadi satu. 

Membangun Bioskop 

Ilustrasi bioskop via shutterstock

Bioskop kini mulai diperbolehkan dibangun di seluruh sudut negara tersebut. Bahkan, di dalamnya tidak ada pemisahan tempat duduk antara pria dan wanita. Jadi, sama seperti bioskop pada umumnya, masyarakat setempat bebas memilih tempat duduk di mana saja. Aturan ini sudah berlaku mulai tanggal 18 April 2018 yang diumumkan oleh Kementerian Penerangan Arab Saudi. 

Wanita Boleh Bebas Bepergian Tanpa Wali 

Ilustrasi perempuan bepergian sendiri via shutterstock

Dulu, wanita tidak boleh bepergian sendiri tanpa ada wali di Arab Saudi. Namun kini, aturan tersebut dihapus, karena banyaknya perempuan Arab Saudi yang merasa terkekang dan berakibat melarikan diri. Oleh karenanya, pemerintah setempat memperbolehkan wanita untuk bepergian ke mana pun tanpa ditemani wali. Tapi dengan catatan, para wanita harus sudah berusia minimal 21 tahun. 

Jadi, itulah deretan aturan baru Arab Saudi yang bisa menarik wisatawan. Mungkin ada yang pro dan kontra melihat aturan-aturan ini. Dengan berbagai kemudahan baru ini, apakah Teman Traveler semakin tertarik untuk berkunjung ke Arab Saudi? Share sama kita yuk!

Tags
Arab Saudi aturan baru Arab Saudi info terbaru Luar negeri
Share