Wisata di Uzbekistan Pilihan Atta Halilintar, Ada Makam yang Super Megah

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri
Atta Halilintar di Uzbekistan Atta Halilintar di Uzbekistan

Atta Halilintar ini memang Youtuber yang suka banget traveling. Seperti beberapa waktu lalu, Atta dan keluarganya bertolak ke Uzbekistan. Jalan-jalan menjelajahi kota tua Samarkand, sampai main-main ke gunung bersalju. Berikut adalah destinasi wisata di Uzbekistan pilihan publik figur Indonesia ini.

Shah-i-Zinda

Shah-i-Zinda via Instagram @attahalilintar
Shah-i-Zinda via Instagram @attahalilintar

Atta Halilintar berkunjung ke sebuah makam nekropolis semegah istana, bernama Shah-i-Zinda. Konon, sepupu Nabi Muhammad yang menyebarkan ajaran Islam di kawasan ini, dimakamkan di Shah-i-Zinda. Tempat ini juga berfungsi sebagai makam orang penting di Uzbekistan dan rakyat umum.

Nekropolis satu ini punya gaya arsitektur khas Timurid, dilengkapi ubin bermotif cantik. Sampai saat ini keindahannya masih terjaga, sebab ada kru khusus yang rajin membersihkannya. Wisatawan pun selalu sempatkan berfoto di setiap sudutnya yang memang instagenic. Tidak heran sang Youtuber ini juga tertarik singgah.

Kalyan Minaret

Kalyan Minaret via Instagram @attahalilintar
Kalyan Minaret via Instagram @attahalilintar

Atta Halilintar juga mampir ke Kalyan Minaret di Bukhara. Bangunan setinggi sekitar 48 meter ini, merupakan sebuah menara yang dulu dipakai untuk adzan. Lambat laun, juga berfungsi sebagai tempat mengawasi musuh.

Bahkan dipakai juga untuk eksekusi mati, orang dilempar dari atas menara sampai jatuh ke halaman di bawahnya. Kini tempat ini telah menjadi destinasi wisata. Mengenang keindahan dan kengeriannya.

Registan Square

Registan Square via Instagram @attahalilintar
Registan Square via Instagram @attahalilintar

Atta Halilintar pun menjelajahi Registan Square, pusat dari kota tua Samarkand. Di tempat inilah terdapat beberapa bangunan bersejarah, di antaranya Tilla-Kori Madrasah, masjid, dan monumen bangsa Timurid. Tempat-tempat tersebut pun tidak hanya bersejarah, juga punya gaya arsitektur indah.

Tilla-Kori Madrasah

Tilla-Kori Madrasah via Instagram @attahalilintar
Tilla-Kori Madrasah via Instagram @attahalilintar

Masjid di Tilla-Kori Madrasah menjadi jujugan Atta Halilintar, saat liburan di Uzbekistan. Tilla-Kori Madrasah sendiri berfungsi sebagai sekolah asrama. Bangunan ini mempunyai gaya arsitektur khas Registan, dengan motif unik. Sedangkan masjid yang dikunjungi Atta, berada di sebelah barat Tilla-Kori. Punya kubah dalam yang indah, dihiasi emas.

Gunung Chimgan

Gunung Chimgan via Instagram @attahalilintar
Gunung Chimgan via Instagram @attahalilintar

Tidak hanya wisata sejarah, Atta Halilintar pun main-main ke gunung di Uzbekistan, yaitu Chimgan. Gunung ini memang dikenal sebagai destinasi wisata populer, baik bagi pelancong maupun penduduk lokal. Sebab ada ski resort yang biasanya beroperasi bulan Desember sampai Maret. Bisa main snowboarding, skating, ski, maupun sledding.

Kalau liburan ke Uzbekistan, Teman Traveler bisa juga ikut jejak Atta Halilintar. Apakah ada yang berencana jalan-jalan ke negara di Asia Tengah tersebut?