Astana Giribangun, Kompleks Makam yang Jadi Ikon Wisata Karanganyar

Nama Astana Giribangun masih menggema di telinga. Kompleks pemakaman keluarga Presiden RI ke-2, Soeharto ini masih difavoritkan peziarah dan menjadi salah satu ikon wisata Karanganyar. Teman Traveler yang berkunjung juga mendapatkan suasana yang tenang dan damai. Ingin tahu lebih dekat tentang kompleks makam ini? Yuk, simak ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut.

Berada di Ketinggian 660 mdpl

Suasananya sangat teduh
Suasananya sangat teduh (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

 

Makam Pak Harto atau yang dikenal dengan istilah Astana Giribangun merupakan makam dengan pesona ketenangan luar biasa. Tak ada museum yang memperkenalkan sosok presiden kedua RI, tapi Teman Traveler bakal dimanjakan dengan bangunan kuno yang menjadi peneduh makam beliau.

Kompleks makam ini juga menarik karena berada di atas ketinggian. Tepatnya 660 mdpl dan berada di bawah Astana Mangadeg, komplek pemakaman para penguasa Mangkunegaran.  Tak heran jika suasananya sangat sejuk. Saat pertama kali menginjakkan kaki di area parkir, Teman Traveler sudah bisa merasakan aura yang berbeda. Tenang, damai, dan semua yang berbau positif akan hadir.

Aturan di Komplek Makam

Astana Giribangun
Astana Giribangun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

 

Untuk bisa berziarah ke makam Soeharto, Teman Traveler harus berpakaian sopan. Apabila menggunakan celana pendek, bisa pinjam sebuah kain batik dari petugas. Nah, untuk yang sedang datang bulan, diharapkan tidak masuk ke dalam. Pasalnya, ada mitos yang tidak baik hadir bagi mereka yang melanggarnya. Ingat pula, tempat ini melarang pengunjung untuk mengambil foto. Tenang, ada petugas yang menyediakan jasa foto dengan tarif tertentu. Misteri Astana Giribangun memang menarik bukan?

Bangunan Makam yang Megah

Area makam
Area makam (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Bisa dibilang, makam presiden Soeharto yang bersanding dengan ibu Tien Soeharto sangat megah. Di sini Teman Traveler akan disuguhkan dengan kata-kata fenomenal dari sang mantan presiden. Kata-kata pembangkit semangat yang memang dibutuhkan untuk generasi saat ini.

Di dalam komplek makam ini terdapat sebuah joglo yang cukup besar dengan beberapa kursi. Tempat ini biasanya digunakan sebagai ruang tunggu. Ada pula masjid yang cukup megah dibangun di belakangnya. Di depan masjid, Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan hutan yang sejuk. Area ini akan mengantarkan Teman Traveler menuju ke Astana Mangandeg.

Akses Menuju Area Makam

Harus sopan dan berpakaian rapi
Area Kompleks makam (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

 

Kompleks makam keluarga Soeharto ini terletak di Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar. Jalan menuju Astana Giribangun ini sedikit membingungkan, karena jalannya yang berbelok kesana-kemari. Jangan bersedih, karena sudah banyak papan petunjuk yang siap menjadi pemandu. Untuk harga tiket masuk, Teman Traveler hanya perlu mengisi buku tamu dan memberi uang seikhlasnya saja.

Jam buka Astana Giribangun adalah 24 jam, jadi Teman Traveler dapat berkunjung kapan pun. Namun, jangan kaget ketika menjelang puasa. Kawasan ini bakalan ramai oleh pengunjung. Jadi, kapan nih jalan-jalan ke ikon wisata Karanganyar satu ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Surakarta Travelingyuk Wisata Karanganyar
Share