Ragam Asinan Milik Indonesia, Kuliner Segar-segar Jadi Primadona

Asinan merupakan jenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran atau melalui pengasinan dengan menggunakan garam ataupun juga cuka. Bahan-bahan yang digunakan sebagai acar ini sangat banyak. Mulai dari buah-buahan sampai sayuran semuanya bisa dijadikan asinan. Tapi untuk asinan yang khas Indonesia hanya ada beberapa saja. Inilah asinan khas Indonesia dari beberapa daerah Nusantara.

Asinan Betawi

Asinan Betawi, Via Instagram asinanibumelly
Asinan Betawi, Via Instagram asinanibumelly

Salah satu jenis asinan yang begitu populer datang dari orang Betawi, Jakarta. Asinan milik orang Betawi ini menggunakan sayur mayur sebagai bahan utamanya. Yakni seperti halnya sawi, taoge, kubis, selada, tahu yang nantinya disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan juga cabai. Ditambah taburan kacang goreng dan kerupuk mie di atasanya makin nikmat.

Asinan Bogor

Asinan Bogor, Via Instagram faraleyama
Asinan Bogor, Via Instagram faraleyama

Tidak kalah populer dari asinan Betawi ada asinan Bogor yang berbahan dasar buah-buahan. Berbagai buah-buahan tropis seperti halnya mangga muda, jambu air, pepaya, bengkoang, kedongdong, dan juga nanas disajikan dalam kuah yang memiliki cuka asam manis. Tak lupa ditambahkan kacang goreng sebagai pelengkap. Jenis kuliner ini menawarkan citarasa manis, asam, dan gurih secara bersamaan.

Asinan Rambutan, Sumatera

Asinan Rambutan, Via Instagram doyanmasak
Asinan Rambutan, Via Instagram doyanmasak

Di Pulau Sumatera ada asinan rambutan yang banyak digemari. Citarasanya adalah pedas asam. Rasa tersebut merupakan perpaduan dari cabai, jeruk nipis, gula, garam dan rasa buah rambutan sendiri. Sangat nikmat disantap kala cuaca sedang panas. Karena bahan pembuatannya yang sangat gampang ditemukan, bisa dibuat di rumah.

Asinan Gohu, Manado

Asinan Manado, Via Instagram dosigrace
Asinan Manado, Via Instagram dosigrace

Dari Manado ada asinan yang berbahan dasar pepaya muda. Kuahnya asam peda dan sangat cocok untuk menangkal udara panas. Gohu ini merupakan asinan pepaya muda dengan rasa segar. Bumbu gohu ini antara lain cabai rawit, jahe, terasi Manado dan juga garam. Di Ternate juga ada nama serupa tapi bukan asinaan melainkan ikan mentah yang mirip dengan sashimi di Jepang.

Asinan Jagung Bakar, Bogor

Asinan jagung bakar, Via Instagram makannnterus
Asinan jagung bakar, Via Instagram makannnterus

Selain asinan Bogor, Kota Hujan juga memiliki jenis asinan lainnya yang patut untuk dicicipi. Nama asinan ini adalah asinan jagung bakar. Dalam seporsi asinan unik ini akan ada potongan mentimun, kacang tanah goreng, gula dan juga garam. Rasanya campur aduk tapi sangat menyegarkan.

Itulah tadi asinan khas Nusantara yang mungkin bisa menjadi menu saat cuaca panas sedang mendera. Ngomong-ngomong, sudah pernah mencoba jenis asinan yang mana saja?

Tags
asinan khas Nusantara Indonesia
Share