Asinan Bogor Paling Enak Untuk Oleh-oleh

Ada oleh-oleh kuliner Bogor,  yang tak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang yaitu asinan. Makanan itu merupakan buah atau sayuran yang dibuat melalui proses pengacaran dengan garam atau cuka. Ini dia 5 asinan Bogor  yang terkenal.

Asinan Ny. Yenny

Asinan Ny. Yenny
Asinan Ny. Yenny (image source)

Asinan yang dijual di kedai Nyonya Yenny dibagi menjadi dua macam, yaitu buah dan sayuran. Seperti nanas, jambu air, pala, juga potongan-potongan mangga yang seger abiss. Makin nikmat dengan siraman kuah asam pedas khas asinan. Sedangkan asinan sayurnya terdiri dari sawi, wortel, toge, hingga irisan kol. Seperti asinan buah, untuk sayur pun akan disajikan dengan siraman kuah asam pedas.

Asinan Nyonya Yenny
Asinan Nyonya Yenny (image source)

Asinan Asli Bogor

Asinan Asli Bogor
Asinan Asli Bogor (image source)

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang sangat dikenal. Kalau sudah berkunjung ke sana, rasanya ada yang kurang kalau tak menyempatkan menikmati sendiri kesegaran suasana di Kebun Raya Bogor. Di dekat pintu masuk Kebun Raya Bogor juga ada asinan yang dikenal sangat segar dan nikmat. Cocok dinikmati dengan suasana yang asri yaitu Asinan Asli Bogor.

Asinan Asli Bogor bungkus
Asinan Asli Bogor bungkus (image source)

Asinan Sedap Gedung Dalem

Asinan Sedap Gedung Dalem Bogor
Asinan Sedap Gedung Dalem Bogor (image source)

Nama Asinan Sedap Gedung Dalem pasti sudah tak asing di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Bogor. Buah dan sayuran yang dibuat asinan di sini melalui perendaman dengan air gula dan tanpa bahan pengawet. Buah-buahannya pun segar. Pantas saja Asinan Bogor Gedung Dalem yang ada di daerah Sukasari ini nikmatnya sudah melegenda.

Asinan Bogor Sedap Gedung Dalam
Asinan Bogor Sedap Gedung Dalam (image source)

Asinan Dewi Sri

Asinan Bogor
Asinan Bogor [image source]
Di Terminal Baranangsiang juga ada asinan bogor yang sudah melegenda kesegerannya. Dikenal sebagai Asinan Dewi Sri, menyuguhkan menu buah dan sayur super segar setiap hari dengan siraman kuah asam pedas. Sayangnya, di depot Dewi Sri kita tak bisa menikmati asinan langsung di tempat. Asinan yang dibeli harus dibawa pulang. Mungkin hal ini menghindari kerumunan para pelanggan di warung yang tak begitu luas. Tapi jangan khawatir, meski dibawa pulang, dijamin asinanmu tak akan berkurang kesegerannya. Buah dan sayur yang digunakan pun baru setiap harinya. Yap, karena asinan yang disediakan selalu habis.

Asinan Bogor Dewi Sri
Asinan Bogor Dewi Sri (image source)

Asinan Ahau

Asinan Ahau
Asinan Ahau (image source)

Yang terakhir, tapi tak boleh terlewatkan adalah Asinan Hau. Yang menjual kini sudah generasi ke-3. Asinan yang disuguhkan di tempat ini berisi buah-buahan yang cukup lengkap. Yaitu pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, salak, dan yang paling penting adalah mangga. Pun asinan sayur yang juga cukup lengkap dengan isi berupa potongan mentimun, oncom, tahu, sayur asin, toge, kol, hingga lobak. Yang berbeda dari yang lain, di Asinan Hau ini juga ditawarkan campuran, yaitu mix dari asinan buah dan sayuran. Segernya dobel!

Segarnya Asinan Ahau
Segarnya Asinan Ahau (image source)

Nah, itu tadi sederetan Asinan Bogor yang seger banget dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Bagaimana, sudah mencoba kesegaran dari asinan Bogor di atas?

Tags
Asinan Bogor Indonesia Jawa Barat Oleh-oleh
Share