Hal Menarik Seputar Asian Para Games, Jadi Trending Topic Dunia!

Advertisement

Sabtu 6 Oktober 2018, menjadi hari bersejarah bagi Indonesia karena Asian Para Games resmi dimulai. Upacara pembukaan tersebut diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) Jakarta. Pembukaan Asian Para Games ini sempat menjadi trending topic dunia di Twitter. Travelingyuk akan memberikan hal-hal menarik seputar Asian Para Games. Mau tau? Yuk, kita telusuri lebih dalam!

Digelar Pertama Kali di Indonesia

Diadakan pertama di Indonesia
Diadakan pertama di Indonesia via Instagram/plaza_indonesia

Upacara pembukaan ini digarap oleh Jay Subiyakto selaku Associate Creative Director & Set Designer, Chitra Subiyakto sebagai Costume Designer, dan Andy Rianto sebagi Music Director. Ketua Inapgoc mengatakan bahwa upacara pembukaan ini mengusung tema keberagaman Indonesia, baik budaya, suku, ataupun agama. Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga bagi penyandang disabilitas tingkat Asia. Upacara ini sudah disiapkan sejak satu tahun lalu.

Penampilan Memanah Jokowi yang Jadi Pusat Perhatian

Penampilan memanah oleh Presiden Jokowi
Penampilan memanah oleh Presiden Jokowi via Instagram/jokowi

Pada upacara pembukaan kemarin, Jokowi memamerkan keahlian memanahnya. Aksi ini dilakukan setelah Jokowi turun dari tribun kehormatan menuju lapangan untuk mendatangi penyandang disabilitas bernama Karunia Rudianti. Karunia kemudian memberikan sebuah kotak dengan tulisan ability. Setelah itu jokowi membuka jas serta menggulungkan lengan kemejanya untuk menerima busur dan anak panah. Kemudian, Jokowi melakukan aksi memanah sebuah papan yang bertuliskan disability. Hal tersebut membuat penonton bertepuk tangan dengan sangat meriah dan berteriak riuh.

Trending Topic di Twitter

Trending topic dunia di Twitter
Trending topic dunia di Twitter via Instagram/kppjktkembangan

Asian Para Games berhasil mencuri perhatian warga di Twitter dan sempat menjadi trending topic. Di Indonesia sendiri, sudah menjadi trending topic sejak pukul 19.30 Sabtu kemarin dan berada di peringkat ke tujuh trending topic dunia. Hal ini menarik perhatian dari masyarakat karena acara berlangsung sangat meriah dan penuh makna, sekaligus untuk mendukung para atlet penyandang disabilitas. Asian Para Games sendiri melibatkan 3000 jumlah atlet dari 43 negara.

Diajarkan Bahasa Isyarat

Upacara pembukaan Asian Para Games
Upacara pembukaan Asian Para Games via Instagram/kppjktkembangan

Hal menarik lainnya adalah para penonton yang hadir diajarkan untuk menggunakan bahasa isyarat lewat layar rasaksa yang dipasang di stadion. Pemandu acara mengajarkan cara untuk memberikan tepuk tangan dan berterima kasih kepada para atlet. Cara berterimakasih yaitu penonton diminta untuk meletakkan tangan di bawah dagu dan kemudian di arahkan ke depan. Sedangkan untuk bertepuk tangan, para penonton diminta untuk mengangkat tangan kanan ke atas sambil melambai dan tangan kiri menepuk-nepuk tangan kanan.

Itulah sekian hal menarik yang terjadi selama upacara pembukaan Asian Para Games di Stadion Gelora Bung Karno. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 16 Oktober mendatang. Jangan lupa untuk datang dan dukung atlet Indonesia ya!

 

Advertisement
Tags
asian para games Indonesia info terbaru
Share