Indonesia Raih Penghargaan di ASEAN Tourism Forum 2019, Ikutan Bangga!

Indonesia memang tidak pernah henti membuat bangga. Tanah Air kita ini baru mendapat penghargaan pada event ASEAN Tourism Forum 2019. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya 11 destinasi wisata Indonesia diapresiasi terbagi menjadi 4 kategori. Teman Traveler penasaran mana saja yang dapat penghargaan? Informasi selengkapnya dapat dibaca pada ulasan berikut.

Daftar Destinasi Wisata Indonesia yang Diapresiasi

Bhava Spa Mendapat Apresiasi pada Kategori Spa via Instagram @amnayaresorts
Bhava Spa Mendapat Apresiasi pada Kategori Spa via Instagram @amnayaresorts

Dalam ASEAN Tourism Forum 2019 yang melombakan destinasi wisata di negara-negara anggotanya ke dalam 4 kategori. Community Based Tourism, Homestay, Spa, dan Public Toilet. Menurut laman tempo.co, setidaknya 11 destinasi wisata di Indonesia mendapat apresiasi di 4 kategori tersebut. Pasar Karetan, Semarang dan Bangsring Underwater, Banyuwangi pada Community Based Tourism. Tembi Village Guest House, Bantul, Jogja dalam Homestay.

Bhava Spa, Heaven Spa by Westin, Martha Tilaar Spa, Taman Sari Royal Heritage Spa, dan Ubud Traditional Spa meraih penghargaan kategori Spa. Public Toilet didapatkan oleh The Mulia Bali Public Toilet, The Bali Safari and Marine Park Public Toilet, dan Tunjungan Plaza Public Toilet.

ASEAN Tourism Forum 2019

ASEAN Tourism Forum 2019 via Instagram @ianraygarcia
ASEAN Tourism Forum 2019 via Instagram @ianraygarcia

Penghargaan oleh ASEAN Tourism Forum (ATF) 2019, yang regional mempromosikan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pariwisata. ATF 2019 diselenggarakan di Ha Long Bay, Vietnam pada 14 hingga 18 Januari. Event tersebut mengusung tema “The Power of One”,  diikuti oleh 10 negara anggota ASEAN. Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pemerintah Kejar Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Ilustrasi Upaya Kemenpar Tingkatkan Kunjungan Wisman via Instagram @russian.travel.digest
Ilustrasi Upaya Kemenpar Tingkatkan Kunjungan Wisman via Instagram @russian.travel.digest

Seperti dikutip dari inews.id, pemerintah terutama Kementrian Pariwisata pun memiliki misi ketika mengikuti ASEAN Tourism Forum 2019. Pemerintah berharap adanya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Setidaknya sekitar 20 juta pelancong asing liburan pada tahun 2019.

ASEANTA Awards for Excellence 2019

Peserta ASEAN Tourism Forum 2019 via Instagram @eventpointportugal
Peserta ASEAN Tourism Forum 2019 via Instagram @eventpointportugal

Biasanya ATF diselenggarakan dibawah naungan The ASEAN Tourism Association (ASEANTA), asosiasi pariwisata non-profit baik sektor publik maupun privat. Namun menurut tempo.co, pemberian penghargaan kali ini dipisah dengan ASEANTA. Untuk awarding dari asosiasi ini sendiri akan diselenggarakan antara bulan Maret atau April, bertajuk ASEANTA Awards for Excellence 2019. Indonesia pun sudah mengajukan kandidatnya.

Begitulah gambaran bagaimana Indonesia dapat meraih penghargaan di ASEAN Tourism Forum 2019. Semoga pada ajang ASEANTA Awards for Excellence 2019, Indonesia pun berhasil mendapatkan awards. Supaya makin bangga dengan negara kita, ya.

Tags
ASEAN Tourism Forum 2019 Indonesia Informasi news
Share