Sejarah Berdirinya Kota di Indonesia, Mengagumkan Sejak Dahulu Kala

Beberapa kota di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari kisah legenda mengenai awal mula berdirinya. Sebut saja Surabaya yang konon bermula dari pertikaian dua makhluk. Atau kisah terpisahnya Bali dari Pulau Jawa. Semua itu termasuk kekayaan budaya yang mengagumkan. Namun bagaimana jika dilihat dari sudut pandang sejarah? Travelingyuk merangkumkan beberapa informasi tentang asal-usul kota di Indonesia, mungkin salah satunya adalah tempat kamu tinggal.

1. Ponorogo

Kesenian Reog dari Ponorogo
Kesenian Reog dari Ponorogo via Busy

Dilansir dari situs resmi Kabupaten Ponorogo, diketahui bahwa beberapa tokoh pada akhir abad ke-15 berhasil mendirikan sebuah kadipaten. Sebelumnya pemukiman pertama yang didirikan di kawasan ini adalah Kelurahan Sentono, Kecamatan Jenangan, dengan tanggal berdirinya 11 Agustus 1496. Nama Ponorogo sendiri berasal dari nama awal kota tersebut yaitu Pramana Raga yang lama-kelamaan berubah menjadi Ponorogo.

Kesenian Reog dari Ponorogo
Kesenian Reog dari Ponorogo via Berita Daerah

2. Surabaya

Kota Surabaya
Kota Surabaya via SkyscraperCity

Ada banyak versi sejarah yang menceritakan mengenai asal-usul Surabaya. Salah satunya adalah hipotesis Von Faber, yaitu pendiri Museum Mpu Tantular, yang mengatakan jika Surabaya didirikan pada tahun 1275 M dengan nama Ujung Galuh oleh Raja Kertanegara dari Singasari. Daerah tersebut diperuntukkan untuk prajuritnya yang berhasil menumpas sebuah pemberontakan. Hari jadi Surabaya sendiri ditetapkan pada 31 Mei 1293. Bertepatan dengan kemenangan Raden Wijaya mengalahkan pasukan mongol.

Kota Surabaya
Kota Surabaya Via Bacadulusini

Pada saat itu Surabaya adalah kota pelabuhan yang menjadi gerbang menuju kerajaan-kerajaan di Jawa Timur. Nama Surabaya diberikan oleh seorang penguasa Ujung Galuh setelah terjadi adu tanding antara Joyonegoro, yang menguasai ilmu baya, dan Sawunggaling dengan kekuatan sura. Tempat keduanya meninggal kemudian disebut sebagai Surabaya.

3. Jakarta

Tugu Monas Jakarta
Tugu Monas Jakarta Via blog.panpacific.com

Sama seperti Surabaya, dulunya jakarta adalah pelabuhan yang ramai dan menjadi kota penting. Semula namanya adalah Sunda Kelapa yang muncul sejak abad ke-12 di era Pajajaran. Setelah ditaklukkan oleh Fatahillah dengan bantuan gabungan pasukan Demak dan Cirebon pada 22 Juni 1527, Sunda Kelapa dikenal sebagai Jayakarta. Tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai hari jadi Jakarta hingga saat ini. Setelah Belanda berkuasa, sebutan populernya berubah menjadi Batavia. Baru saat Jepang menjajah dan Indonesia merdeka, julukannya diubah kembali menjadi Jakarta.

Jakarta
Jakarta Via iStock

4. Semarang

Kota Tua Semarang
Kota Tua Semarang Via Kabar Wisata

Diketahui jika Semarang ternyata sudah ada sejak era Mataram Kuno sekitar abad ke-6. Saat itu namanya adalah Pragota. Tahun 1435, Laksamana Cheng Ho berlabuh di Semarang dan mendirikan sebuah bangunan yang sekarang dikenal sebagai Klenteng Sam Po Kong. Nama Semarang disematkan setelah Demak menempatkan seorang penyebar agama Islam di Pragota.

Sam Po Kong
Sam Po Kong Via TripTrus

Setalah itu Pragota semakin Subur dan ditumbuhi pohon asem yang jarang, atau dalam bahasa Jawa disebut arang. Sehingga kawasan tersebut dikenal juga sebagai Semarang.  2 Mei 1547 menjadi peristiwa disahkannya Semarang sebagai daerah setingkat Kabupaten oleh Kesultanan Pajang. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari ulang tahun Semarang.

Itulah beberapa sejarah berdirinya beberapa kota di Indonesia. Tentu saja daerah lainnya juga memiliki kisah-kisah yang tidak kalah mengagumkan. Nantikan informasi mengenai kota lainnya ya. Jadi tetap baca Travelingyuk, ya!

Tags
Indonesia Jakarta Ponorogo semarang Surabaya Wisata
Share