Artjog MMXIX, Event Jogja yang Artsy Banget

Teman Traveler sedang keliling wisata Jogja? Jika ya, sempatkan mampir ke Artjog MMXIX. Pameran seni kontemporer ini hadirkan banyak karya seni kualitas tinggi. Tak cuma indah, namun juga estetis dan sangat keren untuk diabadikan. Yuk, simak pengalaman saya saat berkunjung beberapa saat lalu.

Usung Tema ‘Common in Space’

_dsc7590_0fU.JPG
Karya Andrita Yunizar berjudul ‘Whirlwind of Time’ (c) Suci Indah Sari/Travelingyuk

Artjog MMXIX resmi dibuka pada 25 Juli silam di Jogja National Museum. Tahun ini tema yang diusung adalah ‘Common In Space’, konsep yang menganggap ekspresi artistik pada dasarnya adalah manifestasi dari kreativitas manusia dan sumber daya. Kapasitas tersebut diharapkan bisa menjadi pengetahuan bersama untuk semua orang.

Total ada 39 seniman, individu dan kelompok, memamerkan karya mereka di ajang ini. Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri lho Teman Traveler. Tak hanya asyik dipandang, karya-karya tersebut juga bisa dipakai foto-foto. Eits, tapi ingat, pengunjung dilarang menyentuh semua karya yang dipamerkan ya.

Tiket Masuk Artjog

_dsc7466_rCJ.JPG
Loket penjualan tiket masuk (c) Suci Indah Sari/Travelingyuk

Teman Traveler perlu merogoh kocek sebesar Rp50.000 untuk membeli tiket masuk Artjog MMXIX. Untuk pengunjung anak-anak (usia 3-11 tahun), hanya dikenakan biaya Rp25.000. Pembelian bisa dilakukan di loket masuk, menggunakan uang tunai, kartu kredit, maupun debit. Sayangnya, panitia belum menyediakan alur pemesanan khusus lewat platform digital.

Jam Buka dan Pertunjukan Seni Lain

_dsc7753_uDc.JPG
Tumpuk Lapis karya Fika Ria Satika (c) Suci Indah Sari/Travelingyuk

Gelaran seni kontemporer ini bisa Teman Traveler saksikan mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Puaskan hasrat menikmati beragam karya seni berkualitas tinggi yang memenuhi tiga lantai gedung Museum Nasional Jogja. Dijamin mata kalian bakal sulit berkedip saking mengagumkannya.

Selain pameran, acara ini juga dimeriahkan dengan beberapa aktivitas menarik seperti daily performance dan aneka workshop. Buat yang sudah mulai keroncongan, jangan khawatir. Di sekitar Artjog juga gerai khusus yang menjual makanan dan minuman kok.

Akses Menuju Artjog

Dunia Khatulistiwa
Dunia Khatulistiwa karya Teguh Ostentrik (c) Suci Indah Sari/Travelingyuk

Artjog digelar di gedung Jogja National Museum (JNM) yang beralamat Jalan Prof. Ki Amri Yahya No. 1 Pakuncen, Wirobrajan. Jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Adisutjipto atau 20 menit jika berangkat dari Stasiun Tugu.

Teman Traveler bisa mampir ke sini dengan menumpang bus Trans Jogja jurusan 2B, 1B, 3B, atau 8. Jika ingin lebih praktis, kalian juga bisa pesan layanan ojek daring yang sudah tersedia di Jogjakarta.

Artjog MMXIX akan digelar hingga 25 Agustus 2019 mendatang Teman Traveler, masih ada banyak waktu untuk menyaksikannya. Jika kalian sedang berada di Jogja, yuk segera agendakan mampir ke sini bersama teman maupun keluarga.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share