Familiar Dengan Gastronomi? Arisan Rasa Akan Membuatmu Mengenal Kuliner Dengan Kearifan Lokal

Indonesia memiliki banyak menu khas dari berbagai daerah. Resep rahasia dengan penggunaan rempah-rempah menjadi rahasia di balik rasa nikmat yang tersaji hingga membuatnya banyak diburu. Tak berlebihan, karena berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif, kuliner Indonesia menyumbangkan 41,4 persen dari total kontribusi perekonomian kreatif sebesar 922 triliun di tahun 2016.

Tim Travelingyuk menjadi pembicara di event Koper dan Ransel (c) Travelingyuk.com

Salah satu ilmu yang masih membahas seputar makanan adalah gastronomi. Peran gastronomi sendiri merupakan landasan untuk memahami bagaimana makanan digunakan dalam situasi tertentu. “Gastronomi merupakan sebuah gambaran dari persamaan, pendekatan, dan perilaku terhadap makanan serta minuman yang digunakan di berbagai negara dan budaya,” jelas Traveling Chef Wira Hardiyansyah.

Salah satu kuliner lokal yang ada di Solo (c) Travelingyuk.com

Kuliner dan Budaya Indonesia

Menariknya, resep makanan nusantara memiliki keterikatan yang kuat dengan budaya Indonesia. Dalam Serat Centhini yang ditulis oleh Sunan Pakubuwana, menjelaskan bahwa makanan tak hanya disantap untuk memenuhi kebutuhan perut. Tapi juga peristiwa penting serta ritual adat yang lain. “Pada hakekatnya, makan adalah bagian dari budaya yang mengalami proses adaptasi, akulturasi dan asimilasi dari waktu ke waktu,” tambah Chef Wira kepada Travelingyuk.com

Makanan tradisional yang mudah ditemukan di Solo (c) Travelingyuk.com

Keterikatan kuliner dan budaya di Indonesia menjadi perhatian Kementerian Pariwisata. Potensi ini yang coba dimaksimalkan dengan menetapkan 5 destinasi wisata gastronomi, dengan Solo menjadi salah satunya. Hal tersebut tak dapat dipisahkan dengan adanya dapur khusus yang terbagi dalam tiga bagian dan dibangun bersama dengan kelahiran Keraton Surakarta. Dapur tersebut berada di bawah naungan lembaga Keraton yang bernama Keputren.

Kegiatan komunitas Travelingyuk saat berada di Solo (c) Travelingyuk.com

Kalau masih penasaran dengan apa gastronomi, Sabtu (22/9), terdapat event berjudul Arisan Rasa yang akan mengupas hal tersebut. Tak hanya berisi diskusi tentang gastronomi bersama Traveling Chef Wira Hardiyansyah di El Samara Coffee Space, tapi peserta nantinya juga akan diajak untuk hunting makanan tradisional yang ada di Pasar Gede Solo. Kalau Teman Traveler berdomisili atau sedang berada di Kota Solo, pendaftaran dapat dilakukan melalui bit.ly/arisanrasasolo. Penasaran dengan bagaimana kaitan budaya dengan kuliner yang ada di Solo? Jangan sampai ketinggalan, ya!

Tags
Arisan Rasa Jawa Tengah kuliner Solo
Share