Argo Parahyangan Prioritas, Kereta dengan Fasilitas ViP Tujuan Gambir-Bandung

muthia anindita

muthia anindita

On Akomodasi
Argo Parahyangan Prioritas Argo Parahyangan Prioritas

Transportasi Indonesia makin berbenah. Tanggal 9 Maret 2018 lalu, telah diluncurkan Argo Parahyangan Prioritas. Kelas prioritas ini biasanya diperuntukkan untuk rombongan yang memesan satu gerbong. Namun spesial untuk Argo Parahyangan, kelas prioritas dibuka untuk penumpang perorangan. Seperti istimewanya menaiki kereta VIP ini? Yuk, simak ulasannya dari Kontributor Travelingyuk, Muthia Anindita berikut.

Gerbong Kereta yang Mewah

kopi dan Teh
kopi dan Teh di Kereta VIP (c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Gerbong kereta Argo Parahyangan Prioritas berbeda dengan gerbong lain di rangkaian kereta. Seperti kereta wisata, gerbong ini dirancang dengan interior bernuansa kayu yang mewah. Lantai gerbong dilapisi karpet tebal yang empuk. Kursi penumpang didesain sangat nyaman dengan dilengkapi sandaran kaki dan layar monitor. Setiap penumpang dapat menikmati entertainment berupa musik dan film dari kursi masing-masing.

Snack Dan Coffee Break

Snack
Snack yang manjakan lidah (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Di Argo Parahyangan Prioritas, setiap penumpang akan diberikan snack gratis, tanpa biaya tambahan. Penumpang juga difasilitasi dengan minuman berupa kopi dan teh yang dapat dinikmati dengan bebas, selama berada di dalam kereta. Sesaat setelah kereta berangkat, petugas gerbong akan menawarkan pilihan minuman kepada penumpang. Selama berada di dalam kereta, mereka dapat mengambil sendiri minuman yang diinginkan di area lounge.

Area Lounge yang Nyaman

Lounge
Lounge di kereta VIP (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Berbeda dengan lainnya, gerbong kereta Argo Parahyangan Prioritas dilengkapi dengan area lounge yang cukup luas dan nyaman. Teman Traveler dapat duduk dan bercengkerama dengan penumpang lain di area ini, sambal menikmati suguhan kopi dan teh yang hangat. Di area lounge juga disediakan tempat penyimpanan koper di bawah meja. Bagi yang kesulitan meletakkan koper di kompartemen atas kursi, bisa nih menaruhnya di sini.

Toilet Bersih dan Mewah Bak Hotel Bintang Lima

toilet
toilet kereta (c) Muthia Anindita/Travelingyuk

Hal paling penting ketika Teman Traveler sedang melakukan perjalanan jauh adalah tersedianya toilet yang bersih dan nyaman di dalam gerbong kereta. Di Argo Parahyangan Prioritas, toilet penumpang dirancang dengan desain mewah, bak toilet di hotel bintang lima. Wastafel dengan sabun pencuci tangan dan alat pengering tersedia. Kebersihan juga sangat dijaga, sehingga penumpang akan merasa sangat nyaman ketika menggunakan toilet.

Wastafel
Wastafel (c) Muthia Anindita /Travelingyuk

Petugas Gerbong yang Ramah

Interior
Interior Kerata via kai.id

Ada satu petugas khusus yang ditugaskan untuk melayani penumpang di gerbong Argo Parahyangan Prioritas. Petugas gerbong sangat ramah dan tidak segan membantu ketika penumpang mengalami kesulitan dengan pengaturan kursi, barang bawaan atau penggunaan layar monitor. Mereka juga tidak sungkan menjawab setiap pertanyaan penumpang di dalam kereta.

Nah, untuk Teman Traveler yang tertarik dengan kenyamanan Argo Parahyangan Prioritas, dapat memesan tiketnya dengan harga sebesar Rp250.000. Sayangnya, kelas prioritas hanya dijadwalkan empat kali sehari, yaitu pada pukul 08.45, 10.30, 18.45 dan 20.00 untuk rute Gambir-Bandung dan pada pukul 05.00, 06.30, 14.45 dan 16.10 untuk rute Bandung-Gambir. Jadi, kapan nih coba transportasi VIP satu ini?