Medeu, Arena Ski Es Tertinggi di Dunia

Alfri

Alfri

On Mancanegara

Selama ini kita tahu arena ski berada di dalam mall atau pun stadium yang memang digunakan sebagai arena olahraga seperti hoki. Tapi tahukah kamu bahwa Medeu adalah arena ski yang ada di pegunungan dan diklaim sebagai yang tertinggi di dunia. Lokasinya berada di ketinggian lebih dari 1 km di atas permukaan air laut.

Untuk traveler yang tinggal di daerah tropis bisa bermain ski es di arena yang biasanya berada di dalam pusat perbelanjaan dengan es buatan. Sedangkan daerah Eropa arena ski bisa ditemukan di tempat terbuka seperti taman atau di dalam stadium olahraga ski semisal hoki. Namun kebanyakan arena ski es tidak dibangun pada ketinggian lebih dari 1000 mdpl.

Area Ice Skating Medeu di Kazakhstan, via instagram
Area Ice Skating Medeu di Kazakhstan, via instagram

Arena ski es atau bahasa gaulnya dikenal dengan ice skating yang ada di Kazakhstan ini cukup unik. Sebab tempat ini dibangun pada sebuah lembah pegunungan di kawasan Almaty yang memiliki ketinggian 1.691 mdpl. Hebatnya arena ice skating ini bisa dikunjungi sepanjang tahun alias tidak mengenal musim.

Seperti dilansir Travelingyuk dari laman resminya, Medeu dibangun pada tahun 1949 dan mengalami renovasi 23 tahun kemudian atau pada tahun 1972. Arena ice skating ini disebut-sebut sebagai yang tertinggi di dunia. Arena seluas 10.500 meter persegi ini mampu menampung banyak wisatawan yang ingin bermain ski es.

Arena Ski Es Tertinggi di Dunia, via instagram
Arena Ski Es Tertinggi di Dunia, via instagram

Bahkan saking luasnya, tak jarang Medeu digunakan untuk berbagai ajang olahraga internasional di bidang skating dan hoki. Keberadaan es di arena ini dibuat sedemikian rupa agar tidak mencair meski lepas musim dingin. Oleh sebab itu pengunjung pun bisa datang kapan saja sepanjang tahun ke tempat keren ini. Penampakan arena ski es tertinggi di dunia di Kazakhstan dapat kalian lihat dalam tayangan video singkat di bawah ini.

Meski Medeu sering digunakan untuk ajang olahraga ski es namun wisatawan tetap bisa menikmati main ski di arena ini. Mereka bisa membawa perlengkapan sepatu skate sendiri atau menyewanya. Banyak persewaan sepatu skate di sekitar lokasi dan para petugas pun siap melayani wisatawan dengan senang hati.

Wisatawan yang datang ke Medeu bukan hanya mau main ice skating. Karena arena ini berada di ketinggian maka mereka yang berkunjung akan disuguhi pula dengan pemandangan alam dan pegunungan yang indah. Apalagi di sekeliling arena ini terdapat hutan cemara yang mempesona. Makin banyak traveler dari berbagai negara yang kepincut ingin pergi ke sana. Bagaimana denganmu?