Cantik dan Elegan, Anne Avantie Rancang Kebaya Pertiwi untuk Seragam Garuda Indonesia

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Anne Avantie Anne Avantie

Kebaya merupakan busana tradisional Indonesia. Awalnya sekitar tahun 1500-1600, kebaya adalah pakaian yang digunakan keluarga kerajaan Jawa. Namun, kini busana tradisional ini sudah digunakan dalam berbagai kesempatan. Bahkan terpiliha sebagai seragam maskapai penerbangan. Salah satu designer terkenal, Anne Avantie, berkesempatan merancang Kebaya Pertiwi untuk maskapai Garuda Indonesia. Lihat yuk secantik apa.

Kebaya Pertiwi Pertama Kali mengudara

Kebaya Pertiwi, via Instagram/anneavantieheart
Kebaya Pertiwi, via Instagram/anneavantieheart

Penggunakan kebaya sebagai seragam pramugari bukan serta merta muncul. Hal tersebut berawal dari peringatan Hari Kartini dan maskapai milik Indonesia ingin mengenakan kebaya sebagai pengganti seragam. Ternyata, hal tersebut sejalan dengan mimpi desainer asal Semarang, Jawa Tengah tersebut.

Kebaya yang cantik, via Instagram/anneavantieheart
Kebaya yang cantik, via Instagram/anneavantieheart

Seragam pramugari terbaru ini diberi nama Kebaya Pertiwi sudah mengudara pertama kali dengan penerbangan GA 238 dengan tujuan Jakarta-Semarang, pada pukul 13:25-14:45 WIB, Rabu (03/07/2019).

Bukan Pertama Kali Mengenakan Kebaya

Busana yang sangat anggun, via Instagram/anneavantieheart
Busana yang sangat anggun, via Instagram/anneavantieheart

Memang benar jika ini bukan pertama kali maskapai berpelat merah tersebut mengenakan kebaya sebagai seragamnya. Sekitar tahun 1980-an, Garuda Indonesia terakhir kali mengenakan kebaya sebagai seragam pramugari. Kala itu, model yang digunakan adalah Kebaya Kartini berwana salem yang dipadukan dengan batik sebagai bawahannya.

Makin bangga dengan kebaya, via Instagram/anneavantieheart
Makin bangga dengan kebaya, via Instagram/anneavantieheart

Sementara yang baru diluncurkan ini merupakan kebaya dengan brokat. Ada bordir kembang setaman yang bermakna filosofis. Ternyata, karya Anne Avantie ini juga merupakan wujud doa spiritual supaya nama maskapai Garuda tetap bisa mengharumkan nama bangsa di mata dunia. Warnanya sendiri adalah ungu muda dengan motif ceplok sekar wangi.

Seragam Pramugari Cantik Lainnya

Penerangan Hainan Airlines, via Instagram/hainanairlines
Penerangan Hainan Airlines, via Instagram/hainanairlines

Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki seragam cantik, maskapai penerbangan dunia lainnya juga tidak ketinggalan. Misalnya saja ada maskapai penerbangan Tiongkok, Hainan Airlines dengan seragam cantiknya. Mereka menggabungkan model tradisional dengan modern, dan tak tanggung-tanggung, mereka menggandeng Laurence Xu untuk membuat seragamnya.

Kemudian, ada juga Vietnam Airlines yang memanfaatkan bentuk pakaian tradisional untuk seragam krunya. Seragamnya cantik dan menutup seluruh tubuh. Atasannya panjang sampai lutut, dan tak ketinggalan adalah belahan khasnya.

Hadirnya seragam baru untuk maskapai penerbangan Garuda ini semoga memberi semangat yang lebih berkobar, dan makin maju ke depannya. Bagaimana menurutmu, apakah seragmanya cantik jelita?