5 Angkutan Ini Bisa Kamu Temukan di Jakarta, Sebelum Ojek Online

Jauh sebelum keberadaan Trans Jakarta serta ojek online, ibukota memiliki banyak alat transportasi kota yang lahir dan tenggelam. Dari masa ke masa, evolusi alat transportasi umum ini selalu terjadi. Seperti becak yang saat ini telah berevolusi menjadi bentor (becak motor). Nasib yang sama juga dialami oleh lima angkutan kota di Jakarta yang telah punah ini.

1. Helicak

Bentuk dan spek Helicak yang keren via
Bentuk dan spek Helicak yang keren via awansan.com

Jika saat ini kamu dapat menemukan becak motor, kendaraan serupa dapat kamu temukan pada tahun 1971. Namun tampilan serta spesifikasinya lebih keren. Desain bodynya unik dan dilengkapi mesin vespa. Secara garis besar bentuknya seperti becak pada umumnya, pengemudi berada di belakang dan penumpang di depan. Namun karena desainnya, helicak dianggap kurang aman dan dilarang beredar di Jakarta mulai tahun 1987.

2. Trem

Trem listrik saat masih beroperasi via
Trem listrik saat masih beroperasi via nusantara.news

Alat transportasi yang memiliki bentuk menyerupai kereta api ini dulu juga beroperasi di Jakarta. Kendaraan yang hadir pada tahun 1869 ini juga mengalami beberapa kali evolusi. Pertama kali beroperasi, trem ditarik dengan kuda. Kemudian pada tahun 1899 lahir trem uap, sebelum lahir trem listrik pada tahun 1933. Namun sayangnya pada tahun 1960, trem dihapuskan oleh Presiden Soekarno.

3. Oplet

Oplet yang juga pernah muncul dalam serial Si Doel Anak Sekolahan via
Oplet yang juga pernah muncul dalam serial Si Doel Anak Sekolahan via jakartalama.wordpress.com

Oplet sudah dikenal masyarakat Jakarta sejak tahun 1930. Karena jangkauan oplet yang mampu mengakses daerah pinggiran, tahun 1960-1970 oplet menjadi alat transportasi yang paling populer. Kendaraan ini juga muncul dalam serial televisi berjudul Si Doel Anak Sekolahan. Sayangnya di tahun 1980, dibawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Tjokropranolo, oplet digantikan dengan mikrolet.

4. Bemo

Bemo yang masih dirawat hingga saat ini via
Bemo yang masih dirawat hingga saat ini via id.pinterest.com

Bemo lahir di Jakarta pada 1962, tak jauh sebelum perhelatan olimpiade negara non-blok yang bernama Ganefo digelar. Alat transportasi umum ini tak lama beroperasi di Jakarta. Pada tahun 1970, keberadaan bemo mulai dibatasi. Perlahan-lahan izin operasi bemo dicabut. Perda DKI Nomor 5 Tahun 2004 menyebutkan bahwa kendaraan beroda tiga ini bukan lagi transportasi umum yang resmi.

5. Double Decker Bus

Bus tingkat yang dulu pernah beroperasi di Jakarta via
Bus tingkat yang dulu pernah beroperasi di Jakarta via club.iyaa.com

Tak hanya Inggris, beberapa kota di Indonesia juga pernah menggunakan bus tingkat sebagai alat transportasi. Begitu pun dengan ibukota Jakarta. Kendaraan ini menggilas jalanan ibukota sejak tahun 1969, dengan armada bus tingkat bermerk Leyland Titan yang dibeli dari Inggris. Karena perawatan dan suku cadangnya yang cukup mahal, pada tahun 1990 kendaraan ini tinggal kenangan.

Beberapa alat transportasi yang pernah menjadi bagian dari perjalanan DKI Jakarta tersebut sekarang telah semakin langka. Beberapa orang yang masih memiliki kendaraan tersebut, menjadikannya sebagai barang koleksi. Kalau kamu, pernah menjumpai salah satu alat transportasi di atas?

Tags
alat transportasi Bemo bus tingkat DKI Jakarta Helicak Indonesia Klasik Oplet Trem
Share