Ancaman Bom Dalam Pesawat, Penumpang Lion Air Berhamburan di Bandara Supadio

no image available

no image available

Advertisement

Penumpang maskapai Lion Air dengan rute Pontianak-Jakarta dihebohkan oleh penumpang yang mengaku membawa bom, Senin (28/5/2018). Akibat ancaman bom Lion Air tersebut, penerbangan dengan rute Pontianak-Jakarta dibatalkan. Sejumlah penumpang juga ditemukan luka-luka akibat ulah penumpang berinisial FN, yang mengaku membawa bom saat menaruh barang di kabin.

“Dia mengutarakan adanya bom kepada pramugari Lion Air pada saat menaruh bagasi di cabin pesawat,” ujar Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Komisaris Besar Nanang Purnomo, seperti dilansir dari Republika. Sedangkan District Manager Lion Air Group Pontianak Lukman Nurjaman mengatakan, di dalam pesawat tersebut seorang penumpang bercanda dengan temannya bahwa dia membawa bom, seperti dilansir dari Tempo.co.

Penumpang Berhamburan dari Pintu Darurat

Pukul 18.40, penumpang berhamburan melalui pintu darurat. Bahkan beberapa penumpang nekat melompat dari sayap pesawat karena panik. Bersamaan dengan kejadian tersebut petugas Aviation Security mendapat laporan adanya ancaman bom.

Banyak Penumpang Terluka Karena Panik

Karena panik dan berusaha menyelamatkan diri, tak sedikit penumpang yang nekat melompat dari sayap pesawat. Akibatnya tercatat sebanyak 10 penumpang luka-luka. Irjen Pol Didi Haryono menjelaskan bahwa delapan orang di antaranya dilarikan ke RS AURI Lanud Supadio dan dua lainnya meneruskan penerbangan, karena hanya menderita luka ringan.

Pelaku akan Ditindak Tegas

Akibat candaan itu, penumpang berinisial FN mendapatkan kecaman tegas dari netizen maupun pihak berwenang. Secara hukum, ia terancam mendapatkan hukuman pidana paling lama delapan tahun terkait penyampaian informasi palsu soal bom yang membahayakan keselamatan penerbangan hingga mengakibatkan kecelakaan atau kerugian harta benda. Sesuai dengan Pasal 437 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Pesawat Tetap Melanjutkan Perjalanan

Setelah melalui pengecekan dan dipastikan steril dari bom atau hal sejenisnya, pesawat dengan nomor penerbangan JT687 tersebut melanjutkan perjalanan. Pesawat dengan rute Pontianak-Jakarta tersebut dikatakan tidak mengalami kerusakan atau masalah apapun di dalamnya, sehingga penerbangan dapat dilanjutkan. Sedangkan penumpang dengan inisial FN diamankan dan dibawa ke Polresta Pontianak.

Bercandaan terkait isu bom bukan hal yang sembarangan, baik dalam bandara atau di mana pun. Karena hal tersebut akan membuat massa panik dan menganggapnya sebagai ancaman. Hati-hati deh kalau bercanda.

Advertisement
Tags
Ancaman Bom Indonesia Kalimantan Barat Lion Air Pontianak
Share