Amplang Kuku Macan, Kuliner Nama Unik dari Balikpapan

Advertisement
Advertisement

Selesai traveling dari Balikpapan rasanya akan kurang lengkap tanpa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, tapi ada satu yang memiliki nama yang cukup unik dan cukup seram yakni amplang kuku macan. Nama yang cukup seram untuk camilan ya? Buat kamu yang penasaran dengan oleh-oleh dari Balikpapan satu ini, yuk terus ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Asal Usul Penyebutan Nama

Bentuknya menyerupai kuku macan, Via Instagram hanhanny
Bentuknya menyerupai kuku macan, Via Instagram hanhanny

Buat kamu yang bertanya-tanya kenapa kuliner satu ini disebut kuku macan, karena memang jika diperhatikan bentuknya mirip sekali dengan kuku macan. Ukurannya juga tidak terlalu besar, sehingga sekali suap saja akan masuk ke dalam mulut. Bentuknya memang begitu unik dan lain dari amplang yang berasal dari daerah lainnya di Indonesia.

Memiliki Citarasa yang Sangat Khas

Citarasa gurih dan nagih, Via Instagram cholifahcho2
Citarasa gurih dan nagih, Via Instagram cholifahcho2

Amplang kuku macan ini memiliki citarasa yang sangat khas. Jadi, tidak mengherankan jika sekali kamu melahap amplang ini, gigi ingin terus mengunyah sampai tak sadar akan habis beberapa toples dalam sekali duduk. Enak dimakan langsung ataupun dijadikan sebagai lauk. Citarasa dari amplang kuku macan ini sangat khas lantaran terbuat dari bumbu-bumbu dapur yang masih segar serta bahan utamanya adalah ikan tenggiri.

Cara Membuat Ampang Kuku Macan

Bisa dipadukan dengan berbagai minuman, Via Instagram hanhanny
Bisa dipadukan dengan berbagai minuman, Via Instagram hanhanny

Jika tidak ingin jauh-jauh ke Balikpapan, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahannya adalah tepung tapioka, ikan tenggiri, gula, telur, bawang, merica, jeruk, dan bumbu-bumbu lainnya. Langkah pembuatannya,

  1. Ikan yang sudah dibersihkan digiling, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu.
  2. Ikan yang sudah berbumbu lalu dicampur tepung tapioka sedikit demi sedikit.
  3. Aduk-aduk hingga merata dan sampai teksturnya bisa pas untuk dicetak.
  4. Cetak sesuai selera, bisa kuku macan, bulat, lonjong, dan lain-lain.
  5. Goreng dengan minyak yang panas, aduk terus jangan sampai gosong.
  6. Setelah warnananya kecokelatan, angkat dan sajikan.

Biasa Dijadikan Oleh-oleh

Sekali suap tidak akan puas, Via Instagram purwaningsih_erna
Sekali suap tidak akan puas, Via Instagram purwaningsih_erna

Amplang kuku macan ini biasa dijadikan sebagai buah tangan para pengunjung yang datang ke Balikpapan. Namanya yang unik dan rasanya yang enak, membuatnya banyak diburu. Satu hal lagi, amplang kuku macan tidak sulit di dapatkan di Balikpapan. Jadi, di berbagai toko oleh-oleh biasanya menawarkan kudapan satu ini.

Namanya memang seram, tapi rasanya akan membuat kamu ketagihan. Maka dari itulah jangan lupa untuk memborong oleh-oleh satu ini selepas berjelahan berbagai wisata yang terdapat di Balikpapan.

Advertisement
Tags
ampang kuku macan Balikpapan Indonesia oleh oleh balikpapan
Share