Alun-alun Surya Kencana, Pecahan ‘Surga’ di Gunung Gede yang Memesona

Advertisement
Advertisement

Alun-alun Surya Kencana adalah padang savana yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Hamparan luas Surya Kencana seperti di dunia imajinasi. Siapapun yang menginjakkan kaki di tempat tersebut, pasti akan terasa berada di ‘surga’ yang nyata. Lalu seperti apa potret keindahan tempat yang berada di ketinggian 2750 mdpl ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Taman Edelweiss dengan Lanskap Menakjubkan

Siapa yang tidak mengenal bunga Edelweiss atau biasa disebut bunga abadi. Tumbuhan yang hanya hidup di atas ketinggian 2000 mdpl tumbuh subur mengelilingi luasnya hamparan Alun-alun Surya Kencana. Sejauh mata memandang akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Luasnya sendiri mencapai 50 hektar dan diapit 2 gunung sekaligus. Gunung Gede di sebelah barat dan Gunung Gemuruh di bagian timur.

Alun-Alun Surya Kencana (IG)@ritawijaya01
Alun-Alun Surya Kencana (IG)@ritawijaya01

Musim terbaik untuk melihat taman Edelweiss seluas ini adalah periode September hingga Desember. Di bulan tersebut bisa melihat pesona keindahan bunga Edelweiss yang bermekaran dengan cara alami. Namun, harus diingat lagi untuk tidak memetik atau pun merusaknya. Hal ini karena tanaman bunga Edelweiss yang dilindungi.

Cerita Misteri Alun-alun Surya Kencana

Pada umumnya Gunung yang ada di Indonesia menyimpan cerita misteri tersendiri. Begitu pula dengan tempat wisata ini. Di kalangan pendaki sudah tidak asing lagi jika mendengar cerita suara atau bunyi langkah kaki kuda yang berlari.

Sejauh Mata Memandang (Dokumen : Pribadi)
Sejauh Mata Memandang (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Namun, wujud dari suara langkah kaki kuda tersebut tidak terlihat. Bagi kalangan pendaki, cerita tersebut pertanda jika Pangeran Surya Kencana datang yang dikawal oleh para prajuritnya. Meskipun menyimpan cerita mistis, terbukti tempat ini punya magnet tersendiri.

Pos Favorit Para Pendaki

Kawasan ini memiliki sebuah mata air yang jernih. Mata air tersebut dimanfaatkan para pendaki untuk keperluan masak memasak. Tak heran jika Alun-alun Surya Kencana ramai menjadi tempat tempat berkumpulnya para pendaki. Pun demikian, di sini ada aturan ketat yang wajib dipatuhi.

Punya Cerita Lagi,Tambah Cerita Lagi (IG)@astiliacahyani
Punya Cerita Lagi,Tambah Cerita Lagi (IG)@astiliacahyani

Salah satunya dilarang membawa berbagai macam barang yang ada kaitannya dengan zat kimia berbahaya. Seperti odol, sabun, shampo dan lain-lain yang membahayakan lingkungan. Barang-barang tersebut diharamkan dibawa ataupun digunakan di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango termasuk di alun-alun Surya Kencana.

Alun-alun Surya Kencana
Alun-alun Surya Kencana (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Spot Cantik untuk Berburu Milky Way

Bermalam di alun-alun Surya Kencana adalah pilihan tepat. Jika beruntung dan cuaca cerah, bisa melihat Milky Way serta gugusan bintang di angkasa yang menakjubkan. Bagi pecinta fotografi, pasti tak akan pernah melewatkan satu momen pun untuk menikmati keindahan tersebut.

Great Experience (IG)@ritawijaya01
Great Experience (IG)@ritawijaya01

Taman bunga di lereng gunung ini juga tak kalah menakjubkan kala fajar datang. Suasana pagi sangat dramatis dengan embusan kabut tipis yang mengelilingi tempat ini. Pemandangan perbukitan yang hijau juga tak kalah menawan.

Nah, itulah pesona dari taman Edelweiss di Alun-alun Surya Kencana. Siapapun bakalan terperangah melihat keindahannya. Bagaimana dengan Teman Traveler, kapan berencana untuk liburan ke sini?

Advertisement
Tags
Bogor Cianjur Gunung Gede Indonesia Jawa Barat Sukabumi wisata jawa barat
Share