Alun-Alun Bawah Tanah Pertama di Indonesia Ada di Kota Ini

Advertisement

Setelah kurang lebih dua tahun, akhirnya Alun-Alun Surabaya telah kembali dibuka untuk umum. Kali ini ada yang berbeda dan sangat menarik perhatian yaitu pindahnya lokasi alun-alun. Yup, Alun-Alun Surabaya kini berada di bawah tanah. Kok bisa? Begini ceritanya.

Suatu ketika, Walikota Risma jalan-jalan ke New York dan memperhatikan Rockfeller Center dan Central Park Manhattan. Beliau kemudian terinspirasi agar Surabaya bisa memiliki yang serupa dan kemudian menerapkannya pada Alun-Alun Surabaya.

Foto via Instagram @realsugi28

Pembangunan kemudian dilakukan mulai bulan Juni 2019. Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun, Alun-Alun Surabaya akhirnya dibuka lagi untuk umum. Namun yang paling ditunggu-tunggu justru yang ada di bulan Desember 2021 ini. Alun-Alun Surabaya punya basement atau bagian bawah tanah! Ini dia tampilannya.

Foto via Instagram @udin_an_fathoni

Jadi sekarang ini Gedung Balai Pemuda dan Jalan Yos Sudarso sudah memiliki melalui jalur bawah tanah. Ini adalah bagian Alun-Alun Surabaya yang sekarang dimanfaatkan sebagai ruang untuk event atau pameran. Seperti pada 19 Desember kemarin, event Creative Community Day diselenggarakan dalam rangka pembukaan kembali Alun-Alun Surabaya.

Foto via Instagram @greencitysuroboyo

Tak hanya itu, di Alun-Alun bawah tanah ini juga disediakan space untuk bermain skateboard. Ingin berfoto? Banyak spot dengan latar desain yang menarik juga loh. Beberapa spot favorit terkini adalah area Balai Pemuda dan eskalator dengan latar atap kaca seperti ini.

Foto via Instagram @alya.rsyd

Teman Traveler cukup masuk melalui eskalator yang lokasinya ada di area Gedung Balai Pemuda. Gratis dan tidak dipungut biaya kok. Hanya saja, Teman Traveler mesti datang mulai 10:00 sampai 22:00 setiap harinya. Tapi Surabaya kan panas, bagaimana dengan di dalam alun-alunnya ya?

Tak perlu khawatir, di alun-alun bawah tanah ini sudah disediakan AC yang menyala 24 jam. Sehingga kamu yang ingin jalan-jalan di alun-alun tidak perlu takut gerah dan tidak betah. Nah, jadi kapan kamu akan berkunjung kesini?

Advertisement
Tags
Surabaya
Share