7 Alasan Wanita Harus Solo Traveling Minimal Sekali, Tertarik?

Advertisement

Melakukan perjalanan liburan bersama teman atau kerabat tentunya lebih menyenangkan. Namun ternyata, berwisata seorang diri juga punya banyak manfaat positif lho. Itulah mengapa ada beberapa alasan mengapa wanita harus solo traveling minimal sekali.

Selain memberikan atmosfer yang lebih tenang, berwisata sendirian juga akan mengajarkan banyak nilai plus seperti tanggung jawab, mengatur jadwal, dan juga mengenal diri sendiri. Berikut adalah sederet penjelasan logis terkait alasan wanita harus solo traveling untuk menambah value dalam dirinya.

1. Menambah Kepercayaan Diri

Ilustrasi seorang turis wanita di BaliIlustrasi seorang turis wanita di Bali
Ilustrasi seorang turis wanita di Bali via Instagram utopica_lopez

Solo traveling sangat cocok bagi kamu yang merasa kurang percaya diri atau terlalu introvert. Tanpa teman perjalanan, kamu bakal dipaksa untuk berinteraksi dengan orang yang sepenuhnya asing.

Dari sini kamu bisa belajar bagaimana caranya membuka percakapan, menyapa, dan melakukan obrolan ringan sebelum bertanya hal-hal yang sifatnya personal. Siapa tahu kamu nantinya justru akan menemukan sahabat baru.

2. Belajar Mengambil Resiko

Ilustrasi turis wanita mendaki gunung
Ilustrasi turis wanita mendaki gunung via Instagram malawarszawa

Kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan rekan sesama solo traveler sepanjang perjalanan. Hal ini akan jadi kesempatan bagus untuk mempelajari beberapa kebiasaan, salah satunya mencoba hal baru tanpa banyak berpikir.

Kadang hal semacam ini juga bisa menjadi sesuatu yang positif. Tanpa disadari, kamu mungkin akan dengan sukarela mencoba hal ekstrem, seperti bungee jumping misalnya.

3. Fleksibel Mengatur Jadwal

Ilustrasi seorang turis wanita di Thailand
Ilustrasi seorang turis wanita di Thailand via Instagram serenella85

Terlepas dari stereotip, wanita biasanya cukup labil soal waktu. Namun hal ini tak jadi masalah untuk seorang solo traveler. Kamu bisa dengan bebas mengatur jadwal, lakukan apapun yang kamu inginkan tanpa harus mempertimbangkan keinginan orang lain.

4. Kebebasan Total

Ilustrasi turis wanita menjelajahi hutan
Ilustrasi turis wanita menjelajahi hutan via Instagram serenella85

Ada kepuasan tersendiri ketika melakukan perjalanan sendiri. Kamu tidak perlu repot-repot mengikuti jadwal atau panduan tertentu.

Ini artinya kamu akan benar-benar bebas. Setiap hari akan menawarkan kejutan baru dan terasa begitu unik. Jalan-jalan di pasar tradisional atau berinteraksi dengan warga lokal, semua terserah kamu.

5. Lebih Mudah Mengatur Uang

Ilustrasi perbekalan untuk solo traveling
Ilustrasi perbekalan untuk solo traveling via Pixabay

Selain lebih fleksibel dalam menyusun itinerary, melakukan solo traveling juga memberikan kebebasan dalam mengatur keuangan. Kamu tak perlu repot-repot membagi semua pengeluaran dengan teman seperjalanan.

Bujet sepenuhnya kamu yang mengatur. Semuanya jadi lebih praktis dan tidak usah khawatir harus menyiapkan dana talangan untuk partner yang kantongnya sudah kempes duluan.

6. Mengenal diri sendiri

Ilustrasi seorang turis wanita di Pantai
Ilustrasi seorang turis wanita di Pantai via Instagram atlas.mundi

Tanpa adanya teman perjalanan, akan ada banyak waktu dan ruang untuk memikirkan hal-hal yang tak pernah melintas di benakmu sebelumnya. Jadi semakin mengenal diri sendiri, sekaligus mendapatkan kesempatan untuk sedikit merefleksikan perjalanan hidup selama ini. Ini juga jadi salah satu alasan wanita harus solo traveling minimal sekali.

7. Belajar bertanggung jawab

Seorang turis wanita menikmati sinar mentari senja
Seorang turis wanita menikmati sinar mentari senja via Instagram nidhisinghshreenet

Kamu wajib mencoba solo traveling untuk belajar lebih bertanggung jawab. Hidup sendirian, meski hanya selama beberapa hari, mengajarkanmu lebih efisien dalam mengatur waktu maupun uang. Dalam jangka panjang, hal ini akan membuatmu bisa membuat keputusan tepat dalam waktu singkat.

Itulah tadi beberapa alasan wanita harus solo traveling, setidaknya sekali seumur hidup. Meski awalnya terkesan menakutkan, melakukan perjalanan wisata tanpa ditemani siapapun bisa menjadi pengalaman unik untuk lebih mengenal diri sendiri.

Advertisement
Tags
solo traveler tips Wisata
Share