Terungkap Alasan Kenapa Turis Asing Senang Liburan ke Indonesia, Kita Harus Bangga!

Kalian tahu kenapa para bule menjadikan Indonesia sebagai tujuan favorit mereka untuk berlibur? Bahkan tak sedikit dari mereka yang akhirnya menetap tinggal di negara tercinta ini. Ada berbagai alasan yang membuat mereka betah tinggal di Indonesia selama menjalani liburan mereka. Indahnya alam yang dimiliki negeri ini dan ramahnya penduduk pribumi adalah beberapa hal kecil yang melatar belakangi mereka kerasan.

Baca Juga :Gila, 4 Gunung Cantik Ini Digunakan Sebagai Tempat Mencari Pesugihan!

Namun ada juga beberapa alasan yang sangat unik yang dilontarkan para bule yang memilih berlibur di Indonesia. Mulai dari bisa mendapatkan pasangan yang lebih muda hingga karena di negara kita ini terkenal karena ketidak teraturannya. Nah berikut ulasan lengkap alasan para bule memilih Indonesia sebagai tujuan wisata sekaligus tempat tinggal mereka.

1. Keindahan Alam yang Alami Tak Tertandingi

Alasan paling mendasar dari para bule yang memutuskan untuk memilih Indonesia sebagai destinasi wisata mereka adalah karena keindahan alam negeri ini yang alami di bandingkan negara-negara lain. Hal ini benar adanya, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan terbagi dalam ribuan pulau yang memiliki keindahan alam yang tak tertandingi bahkan dunia pun mengakuinya.

Pantai Ora, Maluku (c) ajak-jalan.com
Pantai Ora, Maluku (c) ajak-jalan.com

Para bule umumnya suka traveling menantang, nah Indonesia punya banyak gunung, gua, hutan, sungai, air terjun, pantai dan dasar laut semua tersedia di sini. Yang lebih membanggakan hampir semua spot wisata di Indonesia alami terbentuk oleh alam dan kondisinya pun masih asri terjaga.

Jika ingin surfing para bule tinggal memilih pantai yang mereka sukai, ada sanur, kute atau berselancar di sungai juga ada, yaitu di sungai Kampar. Bandingkan dengan Singapura, untuk surfing saja bule harus ke pualu Sentosa, itupun ombak buatan yang pasti kurang menantang.

2. Cuacanya yang Bersahabat, Matahari Bersinar Sepanjang Tahun!

Ini fakta sangat unik, ternyata para bule yang sejak lahir sudah hidup di negara yang memiliki musim dingin tidak suka dengan hawa dingin. Lho? Yap, ini bukan suatu kebohongan jika para bule juga membenci musim dingin. Alasannya sepele, musim dingin membatasi aktifitas mereka dan membuat mereka kesulitan untuk memakai pakaian sesuka hati.

Cuaca di Indonesia sangat bersahabat (c) klik-galamedia.com
Cuaca di Indonesia sangat bersahabat (c) klik-galamedia.com

Lain halnya jika di Indonesia, matahari akan bersinar sepanjang tahun. Hanya ada musim kemarau dan penghujan dan jikalau tiba musim hujan dinginnya pun masih dalam ambang batas wajar. Dengan keadaan ini para bule bisa sesuka hati memakai pakaian apapun tanpa takut kedinginan. Aktifitas mereka pun akan bisa berjalan lancar tanpa gangguan badai salju.

3. Orang Indonesia Ramah dan Murah Senyum

Alasan berikutnya dari para bule yang memilih berlibur di Indonesia adalah karena orang Indonesia itu ramah dan murah senyum. Ini memang benar jika sifat ramah dan murah senyum ini sudah diwarisi masyarakat Indonesia secara turun-temurun. Hal inilah yang membuat bule betah berlibur di negeri kita, mereka akan merasa lebih dihargai ketimbang di negara lain yang masyarakatnya cuek.

Orang Indonesia Ramah dan Murah Senyum (c) lintas me
Orang Indonesia Ramah dan Murah Senyum (c) lintas me

Ada perumpamaan yang mengatakan sejutek-juteknya orang Indonesia, pasti akan tersenyum jika di ajak ngobrol. Orang bulepun beranggapan demikian bahwa orang Indonesia selalu tersenyum, menyapa dan juga bersalaman pada setiap orang yang ditemuinya. Kalian setuju?

4. Indonesia Adalah Surga Bagi Penikmat Kuliner

Indonesia kaya akan wisata kulinernya. Hal tersebut dapat dibuktikan dari setiap daerah di negeri ini pasti memiliki makanan khas tersendiri. Uniknya meskipun bernaung dalam negara maupun wilayah yang sama, cita rasa makanan masing-masing daerah sangatlah berbeda. Maka tak heran jika Indonesia memiliki aneka macam masakan yang menggugah selera.

Indonesia kaya akan kulinernya (c) presindo-news.blogspot.com
Indonesia kaya akan kulinernya (c) presindo-news.blogspot.com

Para bulepun demikian, banyak dari mereka yang jatuh cinta dengan kuliner Indonesia sehingga mereka suka berlibur ke sini hingga ada yang memutuskan untuk menetap dalam waktu yang lama. Mulai dari rendang, gudeg hingga ayam betutu adalah beberapa makanan khas Indonesia yang menjadi favorit para bule.

5. Orang Indonesia Paling Toleran Terhadap Perbedaan

Jangan harap sikap toleransi ini akan didapatkan di negara lain. Jika kebanyakan negara masih dirundung permasalahan seputar aksi rasis maka di Indonesia hal semacam itu sangat sulit ditemukan. Orang Indonesia terkenal paling toleran terhadap perbedaan yang ada. Entah itu warna kulit, ras, agama atau pun kasta tidak akan menjadi bahan ejekan di sini.

Orang Indonesia sangat menghargai perbedaan (c) inginpunyarumah
Orang Indonesia sangat menghargai perbedaan (c) inginpunyarumah

Hal inilah yang menurut orang bule membuat Indonesia sangat eksotis. Dengan beragamnya suku dan budaya, masyarakat Indonesia malah bisa bersatu, memperkaya, saling melengkapi dan menampilkan kekhasan tersendiri buat negara ini. Hebat kan negara kita.

6. Biaya Hidup di Indonesia Murah

Mungkin biaya berwisata di Indonesia masih kalah murah di banding dengan negara di ASEAN yang lain seperti Malaysia, Singapura maupun Thailand. Namun para bule tetap memilih Indonesia sebagai destinasi wisata mereka dengan pertimbangan biaya hidupnya yang murah. Harga tiket masuk kawasan wisata boleh mahal tapi urusan biaya hidup Indonesia juaranya yang murah.

Biaya hidup di Indonesia murah (c) asset-7.soup
Biaya hidup di Indonesia murah (c) asset-7.soup

Harga barang-barang, makanan dan keperluan lain seperti sewa tempat tinggal dan harga kendaraan di Indonesia lebih murah dibanding negara lain bahkan paling murah di Asia Tenggara lho. Apalagi bagi bule yang bergaji dollar, makin sumringah mereka berlibur di Indonesia sebab nilai tukar mata uang kita jauh di bawah mereka.

7. Sambil Berlibur Sekalian Cari Pasangan yang Lebih Muda

Ini alasan yang unik dan terkesan konyol, para bule selain berlibur juga memiliki tujuan lain yaitu mencari jodoh. Kita tahu bahwa negara-negara Eropa dan Amerika sangat kurang peduli terhadap kehidupan berumah tangga. Mereka lebih senang mengejar karir hingga lupa bahwa mereka terus menua dan belum memiliki keturunan. Maka tak mengherankan jika jumlah penduduk usia tua lebih banyak di banding dengan usia produktifnya.

Salah satu artis muda yang menikahi bule (c) 3.bp_.blogspot
Salah satu artis muda yang menikahi bule (c) 3.bp_.blogspot

Lain halnya di Indonesia, negeri ini dipenuhi darah muda yang enerjik. Para bule tua yang kesulitan mendapatkan pasangan yang lebih muda akan dengan mudah mendapatkannya di sini. Karena hanya di Indonesia bule tua tetap bisa mendapatkan wanita muda yang cantik. Lucu bukan?

8. Indonesia Negara yang Tidak Teratur

Di negara asalnya kebanyakan bule hidup dengan aturan yang ketat. Mulai dari melakukan segala hal tepat waktu, bahkan urusan naik bus, naik kereta, antri untuk beli tiket nonton bola, semua itu dilakukan dengan disiplin.

Berdesak-desakan di dalam angkutan umum (c) suarapemred
Berdesak-desakan di dalam angkutan umum (c) suarapemred

Beda dengan di Indonesia yang kurang teratur dalam segala aspek kehidupan. Masyarakat Indonesia nampaknya masih jauh dibilang disiplin jika dibandingkan dengan orang-orang bule. Namun hal ini ternyata malah disukai para bule, mereka bilang bahwa keteraturan membuat mereka terbelenggu dan bosan.

9. Banyak Hal Konyol yang Hanya Dapat Mereka Jumpai di Indonesia

Beberapa hal konyol berikut ini sebenarnya sangat menyebalkan dimata kita namun malah membuat para bule terkesan dengan Indonesia karena mereka tidak pernah menjumpai hal ini di negara mereka. Misalnya saja jika liburan di Indonesia para bule akan dapat melihat orang naik motor sambil sms, belum lagi melihat satu motor diisi empat orang.

Pertunjukan topeng monyet (c) wikimedia
Pertunjukan topeng monyet (c) wikimedia

Hal konyol lain yang membuat bule tertarik adalah ada topeng monyet, pengemis, ojek, hingga tukang jahit keliling. Hal-hal tak terduga lainnya seperti seringnya mati listrik dan jadwal keberangkatan pesawat yang tiba-tiba delay juga menarik perhatian para bule. Inilah hal-hal yang hanya mereka temukan di Indonesia dan membuat hidup mereka tidak lagi monoton.

10. Pelayanan Umum di Indonesia Lebih Efisien Dibandingkan Negara Lain

Ada uang urusan lancar, itulah yang melatar belakangi alasan bule suka berlibur dan tinggal di Indonesia. Jika di negara lain untuk mengurus dokumen penting membutuhkan waktu yang lama karena harus antri dan sebagainya maka itu tidak perlu dilakukan di Indonesia.

Kantor pelayanan imigrasi (c) panel.mustangcorps
Kantor pelayanan imigrasi (c) panel.mustangcorps

Beberapa bule mengaku pelayanan umum di Indonesia lebih efisien dibanding negara lain pasalnya dengan “membayar” sedikit lebih banyak maka pengurusan sebuah dokumen bisa selesai lebih cepat. Mungkin ini alasan yang konyol dan sedikit menyindir terhadap palayanan birokrasi di negara kita yang masih mempan dengan suap.

Itulah berbagai alasan para bule lebih memilih Indonesia sebagai destinasi wisata sekaligus tempat tinggal mereka. Adakah bule di sekitarmu? Jika ada coba tanyakan alasan mereka memilih Indonesia kemudian share pengalamanmu dengan menulisnya di kolom komentar.

Baca Juga :6 Bangunan Megah Ini Hasil Gagasan Presiden Soekarno

Tags
Alasan bule liburan di Indonesia traveling
Share