Melihat Keindahan Alam Kabupaten Sambas, Secuil Surga di Ekor Kalimantan

Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, mungkin tak pernah terpikir sebagai destinasi wisata. Bukan karena tidak memiliki keindahan alam, tapi karena aspek ini sebelumnya tidak dimaksimalkan sehubungan dengan prioritas utama  yang masih berkutat di bidang pertanian dan perkebunan. Namun dengan semakin mudahnya akses, pembukaan jalan baru, sektor wisata Sambas kini mulai bergeliat dinamis. Ini dia beberapa wisata alam di Kabupaten Sambas yang pasti menawan hatimu.

Temajuk, Si Mini Belitung

Temajuk, Smabas.
Temajuk, Smabas. via Instagram/onlylie31

Pantai-pantai di Belitung terkenal unik karena perpaduan pasir putih halus dan batu-batu granit yang membentuk aneka rupa. Di Temajuk, Kecamatan Paloh juga hampir sama. Pantai-pantai di pesisir Sambas ini dihiasi pasir merah dengan banyak batu-batu granit. Bukan Cuma itu, pantai-pantai Temajuk juga merupakan tempat bertelurnya penyu laut. Hewan ini dilindungi dan wisatawan harus meminta izin untuk melihatnya. Dari Maret sampai April, masyarakat nelayan Temajuk biasanya juga panen ubur-ubur.

Danau Sebedang, Bening di Kaki Bukit

Danau Sebedang.
Danau Sebedang. via Instagram/hendrathiendy

Tak jauh dari kota Sambas, terdapat danau yang masih alami, namanya Danau Sebedang. Danau ini sebenarnya tidak terlalu luas dan bentuknya cenderung memanjang. Namun yang membuat danau ini istimewa adalah karena kondisinya yang masih bening dan pemandangan sekitarnya yang indah. Danau Sebedang dikelilingi oleh perbukitan hijau, membuat sekitarnya nampak asri dan membuat tentram.

Pantai Polaria, Lokasi Favorit Syuting Film

Pantai Polaria.
Pantai Polaria. via Instagram/usahakayaraya

Pantai Polaria terletak di Desa Sungai Rusa, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas. Pantai ini memiliki pasir putih dengan banyak batu granit besar yang seperti tercecer di sepanjang bibir pantai. Tempat ini kerap dipilih menjadi lokasi film lokal Kalimantan Barat dan popularitasnya terus naik. Aktivitas wisata di pantai Polaria semakin meningkat seiring semakin mudahnya akses ke sini.

Selimpai, Camping Ground dan Rumah Penyu

Pantai Selimpai
Pantai Selimpai via Instagram/@liadinayunita

Pantai Selimpai sebenarnya merupakan kawasan konservasi yang bernama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Hamparan pasir putih sepanjang Selimpai merupakan salah satu tempat bertelur penyu laut. Saat penyu tengah memasuki masa bertelur, maka kepentingan mereka yang didulukan. Di luar periode itu, Teman Traveler bisa bebas menikmati kawasan wisata ini. Tak sedikit yang memanfaatkan Selimpai sebagai camping ground, baik di pasir putihnya maupun di hutan pinus lautnya.

Gunung Selindung, Pendakian Singkat Berhadiah Air Terjun

Gunung Selindung.
Gunung Selindung. via Instagram/fitriani.lestarii

Gunung Selindung terletak di Desa Parit Baru, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Obyek wisata satu ini benar-benar tidak cocok bagi mereka yang mager. Untuk mencapai area Gunung Selindung, kita bisa naik motor atau mobil. Tapi kemudian kita harus menyusuri kaki bukit dengan berjalan kaki sebelum kemudian mendaki Gunung Selindung sepanjang sekitar 400 meter. Lelah mungkin tak akan terlalu terasa karena pemandangan di sepanjang perjalanan memang indah. Setelah mendaki, kita akan mendapatkan hadiah berupa air terjun yang airnya cukup jernih.

Nah, percaya kan kalau Kabupaten Sambas memiliki sederetan wisata alam yang sangat memanjakan mata. Bagaimana, Teman Traveler mau mencoba berkunjung ke yang mana dulu, nih?

Tags
Indonesia kalimantan sambas Wisata
Share