Aktivitas yang Bisa Membakar Lemak Setelah Kulineran Pas Lebaran

Advertisement

Lebaran selalu identik dengan kuliner yang menggiurkan, sebut saja opor ayam, sambel goreng ati sampai berbagai jenis kue kering. Walau tidak hanya keluar saat hari raya lebaran, tapi enaknya sungguh sayang untuk dilewatkan. Apalagi kalau dimakan bareng keluarga besar sambil ngobrol dan melepas kangen. Dilemanya, makanan-makanan lebaran ini juga bikin badan jadi lebaran (makin lebar, –red). Waduh, kira-kira apa yang bisa kita lakukan biar lemak karena kulineran lebaran bisa berkurang? Ini sedikit tipsnya :

Silaturahmi ke Tetangga dengan Jalan Kaki

Ilustrasi Silaturahmi Jalan Kaki [Image Source]
Teknologi sekarang memang makin canggih, kirim ucapan lebaran bisa tinggal ketik saja lalu kirim. Tapi esensi silaturahmi jadi hilang dong? Lebih baik kamu jalan kaki saja ke tetangga-tetangga, selain lebih bisa puas ngobrol, hitung-hitung olahraga kecil juga. Jadi silaturahmi lebih berasa, kelebihan lemak karena makan masakan lebaran juga jadi agak berkurang deh. Anggap saja keliling-keliling ke tetangga sama dengan 1 km-an, wah kamu sudah bisa membakar 100 kalori tuh.

Puasa Sunnah Syawal / Membayar Hutang Puasa

Ilustrasi Puasa [Image Source]
Cocok nih untuk wanita, umumnya yang punya hari bolong puasa karena halangan. Jangan tunggu lama-lama deh, langsung bayar hutang puasa setelah lebaran saja. Dengan begitu kamu tidak akan makan ini-itu berlebihan, badan jadi nggak melebar deh. Atau jika puasamu penuh, kamu bisa melakukan puasa sunnah Syawal yaitu puasa enam hari boleh berurutan boleh juga tidak. Tak cuma berat badan saja yang teratur, tapi pahala puasa sunnah Syawal juga bagaikan puasa satu tahun loh.

Jalan-Jalan, Nggak Cuma Have Fun Tapi Juga Mengurangi Lemak di Badan

Ilustrasi Jalan-jalan [Image Source]
Yang tak boleh ketinggalan ketika libur lebaran adalah jalan-jalan. Jadikan kesempatan kumpul keluarga sebagai waktu untuk traveling bersama. Mau yang lebih menguntungkan? Cari tempat liburan yang asyik buat keluarga besar, mengundang banyak aktivitas seperti main ke air terjun, jalan-jalan di kebun atau nyantai di pantai. Kamu tak cuma bisa have fun tapi juga bikin lemak karena kulineran lebaran jadi terhempas dari badan.

Olahraga, Jangan Ditunda Nanti Menyesal

Olahraga Ringan [Image Source]
Cara paling ampuh buat membakar lemak saat lebaran (dan tidak lebaran) sih sudah jelas olahraga. Pilih saja yang ringan seperti lari pagi, bersepeda atau senam jadi badan tidak kaget tapi tetap dapat efek sehatnya. Malas melakukannya? Ajak saja orang rumah buat olahraga bareng, biar nggak bosan. Dalam sehari paling tidak luangkan 30 menit, 3 kali seminggu. Makan enak lanjut tapi jarum timbangan nggak ke kanan terus.

Kuliner saat lebaran memang menyenangkan dan mengenyangkan, tapi kalau dilakukan berlebihan malah bisa berbahaya buat badan. Tak perlu khawatir, tetap ada cara menyenangkan kok untuk membakar lemak dan membuat badan jadi tetap sehat setelah lebaran. 3 cara di atas salah satunya boleh kamu praktekkan segera, ya! Selamat lebaran!

Advertisement
Tags
Lebaran
Share