Deretan Aktivitas Seru Untuk Kemping dan Mantai di Karanggongso

Advertisement

Salah satu destinasi keren di Trenggalek yang menjadi tujuan traveling wisatawan di akhir pekan adalah Pantai Karanggongso. Lokasinya cukup strategis berada di kecamatan paling timur kabupaten Trenggalek yang berbatasan langsung dengan Tulungagung membuatnya banyak diminati traveler dari kota-kota sekitar seperti Mojokerto, Kediri, Blitar dan Jombang. Selain itu pantai ini juga berada di dekat Pantai Prigi yang notabene berfungsi sebagai Pelabuhan Penangkapan Ikan terbesar di pantai selatan Jawa, sehingga traveler dapat sekalian berburu oleh-oleh berupa ikan segar.

Pantai Karanggongso dikenal sebagai satu-satunya pantai berpasir putih yang dimiliki Trenggalek. Ditambah dengan ombaknya yang cukup tenang jadilah sebuah kombinasi sempurna sebagai destinasi wisata pantai idaman para wisatawan. Belum lagi akses menuju lokasi yang sangat mudah hingga bus-bus besar sekalipun dapat masuk hingga ke pinggir pantai semakin memanjakan traveler. Lantas apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini? Simak ulasan Travelingyuk berikut ini.

Kemping Adalah Pilihan Terbaik Menikmati Pantai Dengan Puas

Mau menikmati pantai sampai puas? Kemping adalah salah satu cara yang bisa dilakukan, dengan begitu traveler akan dapat menikmati keindahan pantai saat terang hingga malam hari yang gelap dan sunyi. Begitupun di Karanggongso, pantai yang terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watu Limo ini cukup menarik untuk dijadikan lokasi kemping meskipun di sana juga telah tersedia banyak penginapan namun tidur di dalam tenda di tepi pantai akan memberikan pengalaman keren tersendiri.

Kemping Adalah Pilihan Terbaik Menikmati Pantai Dengan Puas, via Instagram
Kemping Adalah Pilihan Terbaik Menikmati Pantai Dengan Puas, via Instagram

Pada akhir pekan pantai Karanggongso cukup ramai dikunjungi wisatawan. Keadaan ini berlangsung hingga malam hari. So, ada dua pilihan waktu untuk kemping di sana, jika suka dengan keramaian lakukan kemping pada akhir pekan. Saat itu akan banyak traveler lain yang juga kemping sehingga suasana malam akan ramai dan meriah. Namun jika ingin mendapatkan privasi, datang pada hari biasa dijamin suasana tenang dan sepi akan kamu dapatkan dan pantai akan menjadi berasa milik pribadi.

Berkeliling Dengan Perahu Mengunjungi Spot-Spot Keren di Sekitar Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang menarik termasuk beberapa pilihan aktivitas bahari yang seru salah satunya adalah berkeliling dengan menggunakan perahu. Banyak operator tur yang menawarkan jasa berkeliling pantai menggunakan perahu, tarif sewanya berkisar antara Rp.100-150 ribu per kapal yang muat untuk 15 orang.

Berkeliling Dengan Perahu Mengunjungi Spot-Spot Keren di Sekitar Pantai Karanggongso, via Instagram
Berkeliling Dengan Perahu Mengunjungi Spot-Spot Keren di Sekitar Pantai Karanggongso, via Instagram

Dengan menggunakan perahu ini traveler akan diajak berkeliling dari tengah laut dan mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar Pantai Karanggongso. Beberapa lokasi yang disinggahi dengan menggunakan perahu adalah Watu Dukun, Watu Bentis, Pantai Asmara, Vila Karanggongso, Watu Manuk, Pantai Karanggoso, Pantai Kecil, Rembeng, dan Pulau Rembeng/Mutiara. Beberapa tempat tersebut memang hanya bisa dikunjungi menggunakan perahu jadi dengan naik perahu kamu akan mendapatkan pemandangan cantik yang lebih banyak.

Mencicipi Banana Boat Yang Ngeri-Ngeri Sedap

Traveler pasti tidak asik dengan wahana banana boat, sebuah permainan menunggangi perahu berbentuk pisang yang ditarik oleh kapal motor atau speed boat dengan kecepatan tinggi. Permainan ini banyak dijumpai di kawasan Tannung Benoa, Bali. Tapi sekarang traveler tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk mencicipi permainan seru ini, cukup datang ke Pantai Karanggongso di Trenggalek.

Mencicipi Banana Boat Yang Ngeri-Ngeri Sedap, via Instagram
Mencicipi Banana Boat Yang Ngeri-Ngeri Sedap, via Instagram

Untuk menikmati permainan ini dalam satu banana boat dikenakan tarif Rp. 50-100 ribu. Semakin banyak yang ikut maka biaya tersebut bisa ditanggung bareng-bareng alias dengan cara patungan sehingga uang yang dikeluarkan lebih murah. Selama kurang lebih 15 menit, kamu akan diajak berkeliling ke tengah laut dengan kecepatan tinggi, setelah itu menjelang mendekati pantai yang dangkal pengemudi speed boat akan melakukan manuver yang membuat banana boat terbalik dan penumpangnya jatuh ke laut semua. Permainan ini sangat menyenangkan dan keren.

Ombaknya Yang Tenang Menggoda Traveler Untuk Berenang

Pantai Karanggongso cukup menarik, meski letaknya ada di pesisir selatan Jawa namun memiliki ombak yang tenang. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang menjorok ke dalam teluk dan ditutupi oleh bukit-bukit besar yang membuat perairan di sekitarnya menjadi lebih tenang. Apa yang akan traveler lakukan jika piknik ke pantai yang memiliki air jernih dan ombak yang tenang? Tentu kaki tidak sabar untuk melangkah masuk ke dalam air.

Bermain air dan berenang di Karanggongo bikin ketagihan, via Instagram
Bermain air dan berenang di Karanggongo bikin ketagihan, via Instagram

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan dan cukup aman dilakukan di pantai ini. Lokasi yang pas adalah di sisi ujung barat dimana lanskapnya berupa pasir hingga ke tengah. Bagian timur pantai ini terdiri dari batuan karang, meski relatif dangkal namun terasa sakit di kaki jika menginjaknya. Travelingyuk sempat bermain-main air hingga magrib saat berkunjung ke pantai ini. Saking senangnya traveler yang berenang di sana pasti akan lupa waktu.

Lengkapi Liburan di Pantai Karanggongso Dengan Berkuliner Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Setempat

Tidak jauh dari pantai Karanggongso terdapat Pelabuhan Penangkapan Ikan Prigi. Oleh sebab itu, banyak sekali warung makan yang menjual aneka olahan ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Ikannya pun beragam, mulai dari cumi-cumi, salmon, tuna dan lain-lain. Warung-warung ini bisa traveler jumpai sejak satu kilometer sebelum memasuki area pantai.

Lengkapi Liburan di Pantai Karanggongso Dengan Berkuliner Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Setempat, via Instagram
Lengkapi Liburan di Pantai Karanggongso Dengan Berkuliner Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Setempat, via Instagram

Setelah melewati pos tiketing, aroma ikan bakar langsung menusuk hidung dan bikin perut keroncongan. Rata-rata ikan-ikan tersebut berupa ikan asap, jadi teknik memasaknya bukan di bakar tapi diasapi. Harganya cukup terjangkau, satu tusuk tuna ukuran sedang dihargai mulai Rp. 12 ribu sedangkan ukuran jumbo sekitar Rp. 35 ribu. Tidak lengkap jika berkunjung ke Pantai Karanggongso tapi tidak mencicipi ikan asap yang dijual pedagang di sana.

Itulah pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Karanggongso. So, segera rencanakan liburanmu ke Pantai ini.

Advertisement
Tags
Banana Boat Pantai Karanggongso Trenggalek
Share